Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH : ARIESMA JULIANTO 105100200111051 VAGGA SATRIA RIZKY 105100207111003.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH : ARIESMA JULIANTO 105100200111051 VAGGA SATRIA RIZKY 105100207111003."— Transcript presentasi:

1 OLEH : ARIESMA JULIANTO VAGGA SATRIA RIZKY

2 Pembangkit Listrik Tenaga Uap Batubara adalah salah satu jenis instalasi pembangkit tenaga listrik dimana tenaga listrik didapat dari mesin turbin yang diputar oleh uap yang dihasilkan melalui pembakaran batubara.turbinbatubara PLTU BATUBARA

3 SKEMA PLTU BATUBARA

4 Sistim Kerja PLTU Batu bara :  1. Turbine & Generator  2. Boiler (Steam Generator)  3. Coal Handling System  4. Flue Gas System  5. Balance of Plant

5 1. Turbine & Generator  Turbine & generator bisa dibilang sebagai the heart of the plant, karena dari bagian inilah energi listrik dihasilkan. Generator yang berputar dengan kecepatan tetap, menghasilkan energi listrik yang disalurkan ke jaringan interkoneksi dan selanjutnya didistribusikan ke konsumen.

6 2. Boiler (Steam Generator)  Boiler (steam generator) berfungsi untuk mengubah air menjadi uap. Uap bertekanan sangat tinggi yang dihasilkan boiler dipergunakan untuk memutar turbine. Boiler terbagi menjadi beberapa sub system, yaitu :  - Boiler house steel structure - Pressure parts - Coal system - Air system - Boiler cleaning system

7 Boiler (Steam Generator)

8 3. Coal Handling System  Untuk menghasilkan pembakaran yang efisien, batu bara yang masuk ruang pembakaran harus digiling terlebih dahulu hingga berbentuk serbuk (pulverized coal). Penggilingan batu bara menjadi serbuk.  Udara yang akan disuplai ke ruang pembakaran dipanaskan terlebih dahulu agar tercapai efisiensi pembakaran yang baik. Pemanasan tersebut dilakukan oleh Air Heater dengan cara konduksi dengan memanfaatkan panas dari gas buang sisa pembakaran di dalam furnace.

9  Ada 2 type Air Heater yang banyak dipakai di PLTU. 1. Air heater type tubular 2. Air heater type rotary  Primary Air Fans berfungsi untuk menghasilkan primary air yang diperlukan untuk mendorong batu bara serbuk dari pulverizer ke burner  Forced Draft Fans berfungsi untuk menghasilkan secondary air untuk mensuplai udara ke ruang pembakaran.  Sedangkan Induced Draft Fans berfungsi untuk menyedot gas sisa pembakaran dari combustion chamber untuk dikeluarkan ke cerobong asap.

10 Primary & Secondary Air Duct system (warna biru)

11 4. Flue Gas System  Flue Gas system adalah bagian yang sangat penting untuk menjaga agar PLTU tidak menyebabkan polusi berlebihan kepada lingkungan. Bagian dari flue gas system yang umum terdapat di semua PLTU adalah Electrostatic Precipitator (EP).  Electrostatic Precipitator adalah alat penangkap debu batu bara. Sebelum dilepas ke udara bebas, gas buang sisa pembakaran batu bara terlebih dahulu melewati electrostatic precipitator untuk dikurangi semaksimal mungkin kandungan debunya. Bagian utama dari EP ini adalah housing (casing), internal parts yang terdiri dari discharge electrode, collecting plates dan hammering system, dan ash hoppers yang terletak di bagian bawah untuk menampung abu.

12  Bagian terakhir dari flue gas system adalah stack/chimney/cerobong asap yang berfungsi untuk membuang gas sisa pembakaran.

13 Kesimpulan  DENGAN MEMANFAATKAN PLTU BATUBARA INI, ALTERNATIF SUMBER LISTRIK DI INDONESIA SEMAKIN BERTAMBAH.  PLTU BATUBARA JUGA SEDIKIT RAMAH LINGKUNGAN  KITA SEMUAHARUS MENGHEMAT ENERGI LISTRIK

14 TERIMA KASIH MANFAATKAN ENERGI LISTRIK YANG ADA SALAM “LEMIS”


Download ppt "OLEH : ARIESMA JULIANTO 105100200111051 VAGGA SATRIA RIZKY 105100207111003."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google