Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi GERBANG LOGIKA. Gerbang logika adalah piranti dua-keadaan, yaitu mempunyai keluaran dua keadaan: keluaran dengan nol volt yang menyatakan logika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi GERBANG LOGIKA. Gerbang logika adalah piranti dua-keadaan, yaitu mempunyai keluaran dua keadaan: keluaran dengan nol volt yang menyatakan logika."— Transcript presentasi:

1 Materi GERBANG LOGIKA

2 Gerbang logika adalah piranti dua-keadaan, yaitu mempunyai keluaran dua keadaan: keluaran dengan nol volt yang menyatakan logika 0 (atau rendah) dan keluaran dengan tegangan tetap yang menyatakan logika 1 (atau tinggi). Gerbang logika dapat mempunyai beberapa masukan yang masing-masing mempunyai salah satu dari dua keadaan logika, yaitu 0 atau 1. Gerbang logika dapat digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi khusus, misalnya AND, OR, NAND, NOR, NOT, XOR atau XNOR.

3 GERBANG AND Gerbang AND (And Gate) adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai beberapa jalan masuk (Input) dan hanya mempunyai satu jalan keluar (Output). Simbol atau tanda gambarnya ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

4 Tabel Kebenaran Gerbang AND AB A. B

5 GERBANG OR Gerbang OR (OR Gate) adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai beberapa jalan masuk (Input) dan hanya mempunyai satu jalan keluar (Output). Simbol atau tanda gambarnya ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

6 Tabel Kebenaran Gerbang OR AB A + B

7 GERBANG NOT Gerbang NOT (NOT GATE) atau sering disebut “Inverter” adalah suatu rangkain logika yang berfungsi sebagai “Pembalik”. Bila pada rangkain ini dimasukkan konstante “1” (Input) maka keluarannya (Output) adalah konstante “0”. Atau bila dimasukkan variabel A, maka keluarannya adalah A’, demikian juga sebaliknya. Simbol atau tanda gambar gerbang NOT ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

8 GERBANG NAND Gerbang NAND (NAND Gate) adalah gabungan gerbang AND yang mempunyai inverter pada outputnya. Oleh karena itu perngaruhnya terhadap hasil output adalah merupakan fungsi NOT dari gerbang AND. Simbol gerbang NAND dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

9 Tabel Kebenaran Gerbang NAND AB Sesuai gambar dan tabel kebenaran diatas output gerbang NAND akan bernilai “1” bila salah satu atau kedua variabel inputnya adalah “0”. Bila semua variabel input bernilai “1” maka outputnya “0”.

10 GERBANG NOR Gerbang NOR (NOR Gate) adalah gabungan dari gerbang OR dengan gerbang NOT, atau gerbang OR yang mempunyai Inverter pada Outputnya. Sehingga outputnya merupakan fungsi NOT dari hasil output pada gerbang OR. Simbol gerbang OR dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

11 Tabel Kebenaran Gerbang NOR Output gerbang NOR akan bernilai 1 bila semua variabel inputnya adalah “0” (A = “0” dan B = “0”, lihat tabel kebenaran diatas). Bila salah satu atau kedua variabel input adalah “1” maka outputnya adalah “0”. AB

12 GERBANG EXCLUSIVE–OR (XOR GATE) Gerbang Exclusive-OR atau disingkat Gerbang XOR adalah suatu rangkaian logika yang meruapakan kombinasi dari gerbang NOT, AND dan OR. Gerbang ini mempunyai beberapa jalan masuk (Input) dan hanya satu jalan keluar (Output). Output akan bernilai “1” hanya bila salah satu inputnya “1”.

13 Tabel Kebenaran Gerbang XOR AB


Download ppt "Materi GERBANG LOGIKA. Gerbang logika adalah piranti dua-keadaan, yaitu mempunyai keluaran dua keadaan: keluaran dengan nol volt yang menyatakan logika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google