Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Satuan Acara Penyuluhan (SAP) “PERAWATAN PAYUDARA” OLEH : EMILIANA TRI SETIANI INDRA P. 1201030279.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Satuan Acara Penyuluhan (SAP) “PERAWATAN PAYUDARA” OLEH : EMILIANA TRI SETIANI INDRA P. 1201030279."— Transcript presentasi:

1 Satuan Acara Penyuluhan (SAP) “PERAWATAN PAYUDARA” OLEH : EMILIANA TRI SETIANI INDRA P

2 Pengertian Perawatan Payudara Perawatan payudara adalah suatu kegiatan yang di lakukan sacara sadar dan teratur untuk memelihara kesehatan payudara waktu hamil dengan tujuan untuk mempersiapkan laktasi pada waktu post partum.

3 Etiologi Perawatan Payudara Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan air susunya memiliki bentuk paling baik bagi tubuh bayi yang masih muda.

4 Manfaat Perawatan Saat Hamil Perawatan payudara hendaknya dilakukan sedini mungkin selama kehamilan, dalam upaya mempersiapkan bentuk dan fungsi payudara sebelum terjadinya laktas. Jika persiapan kurang dapat terjadi gangguan penghisapan pada bayi akibat ukuran puting yang kecil atau mendelap.

5 Perawatan pada payudara agar tetap indah dan sehat bisa dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu: 1. Pembersihan Payudara / Breast Cleansing, 2. Pemijatan Payudara / Breast Massage, 3. Pemaskeran Payudara / Breast Masking

6 Pembersihan Payudara / Breast Cleansing Pembersihan Payudara / Breast Cleansing ini dilakukan sebelum melakukan pemijatan dan pemaskeran pada payudara, yang merupakan inti dari kegiatan perawatan pada payudara. Pembersihan pada payudara dilakukan agar payudara menjadi bersih dan segar.

7 Pemijatan Payudara / Breast Massage Seperti kita ketahui bentuk tekstur payudara untuk setiap wanita berbeda-beda, maka tekakan pijatan yang dilakukan pada payudara juga harus disesuaikan dengan tekstur payudaranya. Wanita yang memiliki payu dara bertekstur lunak sebaiknya dipijat secara lembut, sedangkan wanita yang memiliki payudara dengan tekstur lebih padat, bisa dipijat dengan tekanan sedang.

8 Pemaskeran Payudara / Breast Masking Sebelumnya, Anda perlu meracik terlebih dahulu bahan-bahan untuk melakukan pemaskeran payudara / breast masking. Bila sudah, oleskan masker pada payudara kecuali pada puting susu. Dan biarkan sejenak, setelah masker kering, angkat masker memakai waslap dan lap sampai bersih.

9 Langkah dalam melakukan pemijatan pada payudara: Lakukan gerakan memijat yang bergerak dari arah puting ke luar. Tekanan jangan lebih keras dari pada tekanan yang bias diterima sama kelopak mata. Tekanan yang keras bisa membuat pembuluh darah limfe tertekan dan menghentikan aliran racun serta cairan lainnya. Pijatan sebaiknya dilakukan secara perlahan agar mencapai hasil yang maksimal. Berikanlah pijatan pada payudara dengan kedua tangan seperti gerakan meremas. Lalu gunakan kedua tangan secara hati-hati dan perlahan dengan gerakan searah jarum jam dan sebaliknya. Lakukan perlahan, jangan memberikan tekanan pada payudara terlalu keras

10 Cara melakukan perawatan payudara ibu menyusui 1.Persiapan alat Alat yang dibutuhkan : Handuk Kapas Minyak kelapa / baby oil Waslap 2 Baskom (masing-masing berisi air hangat dan dingin )

11 2. Prosedur perawatan Buka pakaian ibu Letakkan handuk di atas pangkuan ibu dan tutuplah payudara dengan handuk. Buka handuk pada daerah payudara. Kompres puting susu dengan menggunakan kapas minyak selama 3-5 menit. Bersihkan dan tariklah puting susu keluar terutama untuk puting susu yang datar. Ketuk-ketuk sekeliling puting susu dengan ujung-ujung jari. Kedua telapak tangan dibasahi dengan minyak kelapa/baby oil

12 Kedua telapak tangan diletakkankan di antara kedua payudara Pengurutan dimulai ke arah atas, samping, telapak tangan kiri ke arah sisi kiri, telapak tangan kanan ke arah sisi kanan Pengurutan diteruskan ke bawah, samping, selanjutnya melintang, telapak tangan mengurut ke depan kemudian dilepas dari kedua payudara. Telapak tangan kanan kiri menopang payudara kiri, kemudian jari-jari tangan kanan sisi kelingking mengurut payudara ke arah puting susu. Telapak tangan kanan menopang payudara dan tangan lainnya menggengam dan mengurut payudara dari arah pangkal ke arah puting susu.

13 Payudara disiram dengan air hangat dan dingin secara bergantian kira-kira 5 menit ( air hangat dahulu) Keringkan dengan handuk Pakailah BH khusus untuk ibu menyusui (BH yang menyangga payudara).

14

15

16


Download ppt "Satuan Acara Penyuluhan (SAP) “PERAWATAN PAYUDARA” OLEH : EMILIANA TRI SETIANI INDRA P. 1201030279."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google