Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MIKROORGANISME YANG MENGUNTUNGKAN & YANG MEMBAHAYAKAN DALAM PRODUK PANGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MIKROORGANISME YANG MENGUNTUNGKAN & YANG MEMBAHAYAKAN DALAM PRODUK PANGAN."— Transcript presentasi:

1 MIKROORGANISME YANG MENGUNTUNGKAN & YANG MEMBAHAYAKAN DALAM PRODUK PANGAN

2

3

4

5 JENIS BAKTERI GANAS DALAM MAKANAN

6 Bakteri Ganas /Berbahaya pada Makanan Sering tanpa kita sadari, makanan yg kita makan sehari-hari mengandung mikroorganisme yg dpt mengancam kesehatan bahkan jiwa kita, terutama makanan yg dimasak sembarangan. ↓ Secara alami, semua makanan mengandung sejumlah bakteri. ↓ Jenis bakteri ini akan berkembang biak & menimbulkan penyakit bila makanan yg dikonsumsi tidak diolah & disimpan sebagaimana mestinya.

7 Meskipun penyebaran penyakit yang ditimbulkan bakteri makanan ini tergantung pada usia, jumlah paparan dan tingkat imunitas seseorang, namun tidak ada salahnya bila Anda waspada.....!! Berikut ini beberapa jenis bakteri berbahaya yang perlu diwaspadai dan cara mengatasinya :

8 Campylabacter jejuni Penyebaran : Daging sapi atau ayam yang terkontaminasi tinja/kotoran pada saat pemrosesan, air yang tidak dimasak dan susu yang tidak dipasteurisasi. Gejala : diare yang terkadang disertai darah, kejang perut, sakit kepala dan merasa kedinginan.Gejala ini akan timbul dalam waktu 2-11 hari dan berlangsung selama 1-2 minggu. Gejala : diare yang terkadang disertai darah, kejang perut, sakit kepala dan merasa kedinginan.Gejala ini akan timbul dalam waktu 2-11 hari dan berlangsung selama 1-2 minggu.

9 Pencegahan : Pastikan Anda mengolah daging /ayam hingga matang sebelum dikonsumsi Jangan meminum air mentah atau susu yang tidak dipasteurisasi Cuci bersih pisau, talenan atau wadah yang bersentuhan dengan daging mentah

10 Gambar kiri : Campylabacter jejuni perbesaran melalui mikroskop cahaya Gambar kiri : Campylabacter jejuni perbesaran melalui mikroskop cahaya Gambar kanan:Campylabacter jejuni perbesaran via mikroskopelektron Gambar kanan:Campylabacter jejuni perbesaran via mikroskopelektron

11 Clostridium botulinum Penyebaran : Bakteri ini biasanya terdapat pada daging semur atau masakan yang berkuah kental, makanan kaleng,. terutama bila mangkuk atau piring yang digunakan tidak steril atau bisa juga karena Anda terlalu lama mendinginkan makanan Gejala : Diare, mual-mual dan kram perut biasanya muncul dalam waktu jam dan berlangsung selama 1-2 hari. Penyebaran : Bakteri ini biasanya terdapat pada daging semur atau masakan yang berkuah kental, makanan kaleng,. terutama bila mangkuk atau piring yang digunakan tidak steril atau bisa juga karena Anda terlalu lama mendinginkan makanan Gejala : Diare, mual-mual dan kram perut biasanya muncul dalam waktu jam dan berlangsung selama 1-2 hari.

12 Pencegahan : Pertahankan agar makanan tetap panas Pertahankan agar panas daging yang telah dimasak tetap di atas suhu 60°C dan panaskan sekurang-kurangnya sampai pada 74°C

13 Gambar kiri : Clostridium botulinum, menggunakan Mikroskop Cahaya Gambar kiri : Clostridium botulinum, menggunakan Mikroskop Cahaya Gambar kanan : melalui Mikroskop Elektron, tampak racun diproduksi saat bakteri berada dalam makanan,

14 Kasus Intoksikasi Melalui Makanan Tidak ada kasus yang lebih berbahaya dibandingkan dengan botulisme. Penyebabnya adalah Clostridium botulinum. ↓ Botulisme ini sudah menyebar hampir ke seluruh dunia. Bakteri ini menghasilkan racun yang sangat berbahaya; 1 ons racun yang dihasilkan mampu mebunuh semua penduduk negeri ini ↓ Botulisme biasa terjadi karena mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi Clostridium botulinum. Botulisme dapat dihindari dengan memanaskan makanan sebelum dikonsumsi.

15 Kasus – kasus yang makan korban terjadi selalu berkaitan dengan mengonsumsi makanan dingin. ↓ Contohnya, kasus terbesar di Michigan, Amerika Serikat pada tahun 1977 ketika 58 orang menderita botulisme setelah memakan makanan kaleng di sebuah restoran. ↓ Pada tahun 1982, seorang pria Belgia meninggal karena botulisme setelah makan makanan yang terbuat dari daging salmon kaleng yang telah terkontaminasi Clostridium botulinum.

16 Botulisme juga dapat terjadi pada bayi tapi hal ini jarang terjadi. Hal ini terjadi sejak masa kehamilan enam bulan pertama. Selain itu, terdapat pula botulisme pada luka yang merupakan analog dari tetanus. ↓ Namun, botulisme pada luka ini sangat langka.

17 Gambar Clostridium botulinum ketika tumbuh pada media laboratorium "egg yolk agar", tampak adanya zone presipitasi di sekitar koloni. Gambar Clostridium botulinum ketika tumbuh pada media laboratorium "egg yolk agar", tampak adanya zone presipitasi di sekitar koloni.

18 Sekian dan semoga bermanfaat


Download ppt "MIKROORGANISME YANG MENGUNTUNGKAN & YANG MEMBAHAYAKAN DALAM PRODUK PANGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google