Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hukum Perdata Hukum dan Pembangunan FISIP UI Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hukum Perdata Hukum dan Pembangunan FISIP UI Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si."— Transcript presentasi:

1 Hukum Perdata Hukum dan Pembangunan FISIP UI Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si.

2 Hukum Pribadi : kaedah-kaedah hukum tentang pribadi kodrati, hak-hak dan kewajibannya, hubungan hukum, dan seterusnya. Hukum Pribadi : 1.Pribadi kodrati; 2.Pribadi hukum;

3 Consenting adult/ partner Hidup bersama/ samenleven Marriage/ suami istri/ husband-wife FWB : Friends with Benefit

4 Pribadi kodrati : 1.Punya hak/kewajiban sejak lahir sampai mati> kecuali anak yang masih dalam kandungan. 2.Berstatus otonom; dapat bertindak sendiri untuk mengurusi kepentingan-kepentingannya. 3.Punya hak bersikap tindak; yang mempunyai akibat hukum (orang yang sudah dewasa dan akal pikirannya sehat) 4.Tidak setiap pribadi dianggap mampu/cakap untuk melaksanakah hak tersebut/ batas usia dewasa?

5 Batas usia dewasa? Usia berapakah batas usia dewasa? KUHPerdata UU No. 1 tahun 1974 UU Perlindungan Anak Age of consent Minimum age of sexual consent

6 Pribadi Hukum; 1.Ada suatu kebutuhan untuk memenuhi kepentingan- kepentingan tertentu atas dasar kegiatan yang dilakukan bersama. 2.Ada tujuan idiil yang perlu dicapai tanpa tergantung pada pribadi kodrati sebagai perorangan. Pribadi hukum punya hak/ kewajiban, dapat mengadakan hubungan hukum, terlibat peristiwa hukum dan seterusnya (negara, desa, perseroan terbatas, yayasan, dsb)

7

8

9

10

11 Hukum Harta Kekayaan, Hukum Keluarga dan Hukum Waris Adalah kaedah-kaedah hukum yang mengatur kebutuhan-kebutuhan kebendaan ekonomi dari pribadi kodrati, hubungan antara subyek hukum dengan obyek hukum dan hubungan hukum yang timbul.

12 Ruang Lingkup Hukum Harta Kekayaan 1.Benda; segala sesuatu yang jadi bagian alam kebendaan yang dapat dikuasai dan bernilai bagi manusia serta yang oleh hukum dianggap sebagai sesuatu yang utuh. 2.Perikatan; suatu hubungan kebendaan antara dua pihak yang berdasarkan atas suatu pihak berhak atas prestasi dan pihak lain wajib berprestasi dan bertanggungjawab atasnya. 3.Hak immateriil; hak-hak atas hal-hal yang tidak dapat dilihat atau diraba, misal : hak cipta.

13 PRESTASI KONTRAPRESTASI WANPRESTASI

14 Pengertian Prestasi 1.Menyerahkan benda; 2.Melakukan suatu perbuatan; 3.Tidak melakukan suatu perbuatan; Wanprestasi?

15 Hukum Benda Hukum barat : Benda tetap dan benda bergerak Benda yang dapat dikuasai dan yang tidak dapat dikuasai Benda yang dapat dibagi-bagi dan yang utuh Benda yang ada sekarang dan yang akan ada di masa mendatang

16 Hukum Benda Adat Benda tetap > tanah Benda lepas > bukan tanah : hak atas rumah, tumbuh2an, ternak, benda bergerak lainnya. Berlaku asas horisontal > hak tanah terpisah dari hak atas rumah dan tumbuh- tumbuhan di atasnya.

17 Hukum Benda Hukum Agraria : hukum benda tetap/ hukum tanah : 1.Hak milik 2.HGU 3.HGB 4.Hak Pakai 5.Hak Sewa 6.Hak Gadai 7.Hak Usaha Bagi Hasil 8.Hak Menumpang dll

18 Hukum Perikatan Sumber-sumber : 1.Undang-Undang 2.Persetujuan/ perjanjian 3.Hukum tidak tertulis (adat, agama, dll)

19 Ruang Lingkup Hukum Perikatan 1.Hukum perjanjian 2.Hukum penyelewengan perdata 3.Hukum perikatan lain-lain

20 Hukum Perikatan Hukum perikatan (verbintenis) : suatu hubungan antara dua pihak, yang isinya adalah hak dan kewajiban; suatu hak untuk menuntut sesuatu dan di sisi lain adalah suatu kewajiban untuk memenuhi tuntutan tersebut. Perikatan dilahirkan dari suatu perjanjian> perjanjian adalah sumber utama dari perikatan.

21 Asas Perikatan Asas konsensualisme Syarat-syarat sahnya perjanjian : 1.Ada pihak yang cakap membuat perjanjian; 2.Ada kata sepakat; 3.Ada obyek yang diperjanjikan; 4.Ada causa yang halal. (pasal 1320 KUHPerdata)


Download ppt "Hukum Perdata Hukum dan Pembangunan FISIP UI Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google