Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME"— Transcript presentasi:

1 MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
Oleh : Oman Somantri S.Kom Poltek Harber Tegal Teknik Komputer

2 MIDP ( Mobile Information Device Profile)
CLDC diperuntukan untuk beberapa perangkat memiliki kesulitan mengeksploitasi kemampuan lebih yang dimiliki, antara lain yaitu HP / telepon genggam. Untuk memberikan kemampuan mengeksploitasi kemampuan terpendam dari perangkat tersebut akhirnya Sun Microsystems mengeluarkan satu standard lagi yang diberi nama Mobile Information Device Profile (MIDP).

3 Saat ini terdapat tiga versi MIDP, yaitu versi 1.0, 2.0, dan versi 2.1
MIDP Cont… MIDP memungkinkan eksploitasi kemampuan pada perangkat – perangkat CLDC yang berbeda –beda, misalnya HP. Saat ini terdapat tiga versi MIDP, yaitu versi 1.0, 2.0, dan versi 2.1 Upgrade MIDP 2.0 antara lain Advance networking, form enhancement, Game API (Aplication Program Interface), RGB Images, Code signing dan Permission.

4 MIDP Cont… Mobile Information Device Profile (MIDP) berada di atas dari CLDC. Kita tidak bisa menulis aplikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API, tapi harus tetap memanfaatkan MIDP untuk mendefinisikan UI. Spesifikasi MIDP, kebanyakan seperti CLDC dan API lainnya sudah digambarkan melalui Java Community Process (JCP). MIDP menggambarkan model aplikasi, UI API, penyimpanan dan jaringan yang kuat, permainan dan media API, kebijakan keamanan, penyebaran aplikasi dan ketetapan over-the-air.

5 Karakteristik MIDP Tampilan: Ukuran Layar: 96x54
kedalaman tampilan: 1-bit Ketajaman pixel: sekitar 1:1 2. Masukan: Satu atau lebih mekanisme user-input: satu keybboard, dua keyboard, atau touch screen. 3. Memory: 256 kilobytes of non-volatile memory untuk implementasi MIDP. 8 kilobytes of non-volatile memory for application-created persistent data 128 kilobytes of volatile memory for the Java runtime (e.g., the Java heap) 4. Jaringan: dua jalur, wireless, bandwidth terbatas 5. Sound: Kemampuan untuk memainkan nada-nada

6 VOLATILE & NON-VOLATILE MEMORY
Memory yang datanya dapat ditulis dan dihapus, tetapi hilang saat kehilangan power (kondisi off) dan membutuhkan catu daya dalam mempertahankan memory. Contoh: RAM Non-volatile memory Memory yang datanya datanya dapat ditulis dan dihapus, tetapi data tetap ada walaupun dalam kondisi off dan tidak membutuhkan catu daya. Dikenal dengan temporary memory. Contoh: ROM

7 MIDlet Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet. Perangkat Application Management Software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet Create, Start, Pause, dan Destroy. MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD).

8 Siklus Hidup (Life Cycle) MIDlet

9 Siklus MIDlet Cont … MIDlet pada awalnya masuk status “Pause” setelah perintah baru dibuat. AMS memanggil constructor public tanpa argumen dari MIDlet. Jika sebuah exception terjadi dalam constructor, MIDlet memasuki status “Destroyed” dan membuangnya segera. MIDlet masuk ke dalam status “Active” atas pemanggilan method startUp() oleh AMS. MIDlet masuk ke dalam status “Destroyed” ketika AMS memanggil method destroyApp(). Status ini juga kembali diakses ketika method notifyDestroyed() kembali dengan sukses kepada aplikasi. Dengan catatan bahwa MIDlet hanya bisa memasuki status “Destroyed” sekali dalam masa hidupnya.

10 Contoh Program “HelloMidlet”

11 Antar Muka J2ME J2mE dalam MIDP, seperti halnya kategori lain (J2SE) mendefinisikan serangkaian library untuk membuat tampilan antarmuka penguna / user interface. Pada MIDP terdapat dua jenis library antarmuka pengguna, yaitu : Antarmuka tingkat Atas / High level User Interface Antarmuka tingkat Bawah / Low level Interface

12 Antar muka cont.. High Level UI terdiri dari komponen – komponen yang telah terdefinisi / well defined dan siap langsung digunakan dalam MIDlet. Komponen ini mampu merespon input dari pengguna langsung tanpa penambahan kode,merupakan turunan dari Screen Low Level UI menyediakan kendali lebih dalam pembentukan komponen baik tampilan maupun interaksinya. Antarmuka ini biasanya digunakan untuk pembuatan antarmuka pengguna grafis / graphical user interface pada aplikasi game maupun aplikasi – aplikasi lain yang memerlukan komponen antarmuka yang tidak terdapat pada antarmuka pengguna tingkat atas. Antarmuka ini di representasikan oleh Canvas dan turunannya yaitu GameCanvas.

13 Gbr. Hirarki antar muka J2ME

14 Display adalah refresentasi dari layar sebuah tampilan perangkat bergerak. Untuk emdapatkan Display object dengan menggunakan static method : static Display.getDisplay() Objek yang dapat ditampilkan melalui objek display ini adalah objek Displayable dan turunannya serta obyek Alert. Objek displayable adalah sebuah objek yang dapat tampil pada objek display sendirian tanpa kehadiran objek lain. Turunan displayable ini ada dua yaitu Screen dan Canvas. Ticker adalah sebuah objek yang unik dan dapat tampil baik diantarmuka tingkat atas maupun tingkat bawah yangmenampilkan teks bergerak pada sebuah objek turunan Displayable baik itu Screen maupun Canvas.

15 Gbr: Ticker, Title dan Commands

16 TERIMA KASIH


Download ppt "MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google