Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME."— Transcript presentasi:

1 H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME

2 H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM2 Apa itu Java 2 ME ? Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embedded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE. Embedded system adalah produk-produk dengan komputer kecil berada didalammnya, namum aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari peralatan tersebut sangatlah spesifik. Contoh embedded system adalah aplikasi yang memanfaatkan mikroprosesor seperti tv,sistem keamanan gedung, dsb. J2ME sangat berguna untuk membangun sebuah aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpan yang terbatas, serta kemampuan user interface yang terbatas seperti pada perangkat komunikasi bergerak berupa handphone, PDA, dsb. Seperti aplikasi java umumnya yang menggunakan Java Virtual Machine, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine. K Virtual Machine adalah virtual machine yang sangat kecil dalam kebutuhan memorinya. Huruf K singkatan kilobyte, untuk menggambarkan betapa virtual machine ini bekerja pada total memori dari 128 kilobyte sampai maksimal rata- rata 512 kilobyte.

3 H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM3 Apa itu Java 2 ME ? (lanjutan) Saat ini terdapat 2 jenis aplikasi dari J2ME, yaitu :  Walled garden application, yaitu aplikasi yang berdiri sendiri atau stand-alone yang berjalan pada handphone tanpa perlu mengakses sumber data eksternal melalui jaringan pembawa atau carrier network. Contoh dari aplikasi ini adalah kalkulator atau single player games.  Network aware application atau aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan. Tidak seperti aplikasi yang pertama, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses sumber data eksternal. Contoh aplikasi ini adalah yang berada di dalam handphone. J2ME, dibagi dalam configuration dan profile, keduanya dibentuk dari Java Spsecification Request (JSR). Configuration adalah spesifikasi yang secara detil menjelaskan tentang sebuah virtual machine dan kumpulan API (application programming interface) dasar yang dapat digunakan dalam class-class tertentu dari sebuah peralatan. Sebuah profile dibangun dalam sebuah configuration namun menambahkan beberapa API khusus agar dihasilkan sebuah lingkungan yang lengkap untuk membangun aplikasi. Sedangkan sebuah configuration mendeskripsikan sebuah JVM dan sekumpulan API dasar, dan hal ini tidak cukup untuk membangunsebuah aplikasi yang lengkap. Profile-profile biasanya termasuk API untuk aplikasi lifecycle, usre interface dan penyimapan kontinyu.

4 H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM4 Keuntungan Penggunaan J2ME  Berkurangnya batasan-batasan dari aplikasi berbasis browser pada perangkat komunikasi bergerak yang dapat diatasi.  Berkurangya latensi selama koneksi antara komunikasi perangkat keras disisi user dengan server.  Tampilan layar perangkat komunikasi user juga semakin diperkaya dengan animasi-animasi garfis yang menarik.  Interaksi user dengan sistem semakin meningkat

5 H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM5 Proses Loading pada Aplikasi J2ME Ketika sebuah aplikasi telah berahsil dibuat, diperlukan mekanisme khusus agar aplikasi dapat disimpan pada sebuah perangkat komunikasi bergerak. Umumnya, digunakan istilah Application Management Software (AMS). Skenario dalam proses download tersebut adalah :  Seorang pelanggan mengakses sebuah halaman web atau WAP menggunakan perangkat komunikasi bergerak. Di dalam halaman tersebut terdapat daftar aplikasi yang dapat di- download.  Jika pelanggan tertarik, dia dapat memilih aplikasi tersebut yang secara otomatis akan men-download file descriptor-nya file melalui jaringan komunikasi ke dalam handset-nya. Oleh karena ukuran file tersebut kecil, umumnya proses download berlangsung secara cepat dan relatif murah.  File descriptor ini memberitahukan pengguna beberapa hal mendasar tentang aplikasi yang baru saja di-downloadnya mis: versi, ukuran file, dsb. Dengan demikian jika salah satu informasi tersebut ternyata pernah ada dalam handset itu sebelumnya, atau kapasitas memori tidak mencukupi, pengguna dapat diberikan pesan untuk membatalkan proses.  Jika tidak ada permasalahan dengan kondisi handset, AMS akan mulai men-download aplikasi den menyimpannya, untuk kemudian akan muncul dalam pilihan aplikasi.


Download ppt "H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google