Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB IX Lisensi PL Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB IX Lisensi PL Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 BAB IX Lisensi PL Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom

2 Lisensi Perangkat Lunak Komputer Lisensi erat kaitanya dengan hak cipta Lisensi adalah pemberian izin tentang pemakaian sesuatu (dalam hal ini perangkat lunak komputer) yang diberikan oleh pemilik atau pemegang hak cipta atas sesuatu tersebut. Latar belakang pemberian lisensi, tentu tergantung dari masing-masing pihak pemegang hak cipta. –Ada pihak yang memberikan lisensi tanpa pamrih –Namun ada juga yang mengharuskan penerima lisensi untuk melaksanakan kewajiban tertentu. Lisensi tidak harus dituangkan dalam bentuk tertulis dan bersifat formal karena pada dasarnya hanya sebagai pemberian izin.

3 Jenis-Jenis Lisensi Lisensi commercial –Jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti microsoft dengan windows dan officenya, oracle dsb. –Tujuannya: untuk kepentingan komersial sehingga pemakai yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta. Lisensi Trial Software –Jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak untuk keperluan demo dari sebuah perangkat lunak sebelum diluncurkan ke masyarakat. –Lisensi ini mengijinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin ata menggandakan perangkat lunak tersebut secara bebas. Lisensi non-commercial Use –Biasanya diperuntukan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. –Sifatnya : gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu. –Contohnya: OS Linux

4 Lisensi Shareware –Mengijinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin, atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. –Berbeda dengan trial software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu dan memiliki feature yang lengkap. –Contoh: winzip Lisensi Freeware –Biasanya ditemui pada perangkat lunak yang bersifat mendukung atau memberikan fasilitas tambahan. –Contohnya: plug in yang biasa menempel pada eye candy pada adobe photoshop Lisensi Royalty-free Binaries –Sama dengan lisensi freeware –hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi perangkat lunak yang sudah ada dan bukan merupakan suatu perangkat lunak yang berdiri sendiri. Lisensi Open Source –Lisensi yang membebaskan penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja PL. –Misalnya: Linux, GNU/GPL, dll

5 Perangkat Lunak Bebas Perangkat lunak bebas mengacu pada kebebasan pada penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, memperlajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. 4 macam kebebasan bagi para pengguna PL : –Kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja. –Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. –Kebebasan untuk menyebarkan kembali hasil salinan PL tersebut sehingga dapat membantu orang lain yang ingin menggunakannya. –Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarkannya ke kalangan umum sehingga semua menikmati keuntungannya.

6 Perangkat lunak bebas bukan berarti perangkat tersebut tanpa pemiliki atau pemegang hak cipta. 4 hal tentang ketentuan (hak) meyalin, mendistribusikan, dan memodifikasi PL bebas adalah: –Pemegang lisensi boleh memodifikasi satu atau lebih salinan program atau bagian dari program yang ia miliki sehingga membentuk suatu karya baru –Harus membuat berkas-berkas yang termodifikasi membawa pemberitahuan yang jelas bahwa ia telah mengubah berkas- berkas disertai dengan tanggal perubahan. –Karya yang disebar atau diedarkan, baik seluruhnya atau sebagian dihasilkan dari suatu program dilisensikan tanpa biayakepada seluruh partai ketiga dibawah lisensi. –Jika yang dimodifikasi saat dijalankan dapat membaca perintah- perintah secara interaktif maka pemegang lisensi harus menampilkan suatu pengumuman termasuk pemberitahuan hak cipta dan tidak adanya garansi.

7 Studi Kasus: Komunitas Pengguna Linux Linux merupakan salah satu sistem operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis dibawah lisensi GNU General Pubic License (GPL). Yang berarti juga source code linux tersedia, itulah yang membuat linux menjadi sistem operasi yang istimewa. Linux masih dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar,yang banyak dijumpai diinternet. Linux juga adalah suatu OS yang bersifat multiuser, freesource, yang dapat berjalan diberbagai platform. Jadi kesimpulan: orang-orang mempelajari pemrograman dalam OS linux : –Linux gratis dan bebas –Linux dapat berjalan pada berbagai platform –Linux memiliki tingkat kestabilan dan keamanan yang tinggi. –Linux mendukung berbagai jenis bahasa pemrograman

8 Tugas 3 Cari artikel mengenai bug pada software dan akibat yang ditimbulkannya, serta softcopy/ fotocopy artikel tsb. Berikan uraian / pendapat anda atas artikel yang anda angkat tsb. Buat dengan MS Word Presentasikan dikelas pada pertemuan mendatang. Buat dengan MS Power Point Kumpulkan file Ms.Word, Ms. Power Point dan artikel anda itu.

9 Tugas 4 Cari artikel mengenai ISO standart untuk pengembangan software serta softcopy/ fotocopy artikel tsb. Berikan uraian / pendapat anda atas artikel yang anda angkat tsb. Buat dengan MS Word Presentasikan dikelas pada pertemuan mendatang. Buat dengan MS Power Point Kumpulkan file Ms.Word, Ms. Power Point dan artikel anda itu.


Download ppt "BAB IX Lisensi PL Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google