Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aplikasi Komputer 1.  Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.  Hardware.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aplikasi Komputer 1.  Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.  Hardware."— Transcript presentasi:

1 Aplikasi Komputer 1

2  Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.  Hardware (Perangkat Keras) : peralatan yang langsung dihubungkan ke komputer  Software (Perangkat Lunak) : kumpulan instruksi yang memerintahkan komputer melakukan sesuatu.  Brainware (Manusia) orang yang menggunakan komputer untuk keperluan tertentu.

3  Motherboard/Mainboard  CPU (Central Processing Unit)  Chasing  Memory  Monitor  Hard disk (Hard Drive)  CD ROM/DVD ROM  VGA  Keyboard  Mouse

4 Motherboard/Mainboard CPU (Central Processing Unit)  Papan sirkuit tempat semua komponen yang mendukung kinerja komputer menempel.  Bagian dari komputer yang memahami dan melaksanakan instruksi dan data yang terdapat dalam perangkat lunak.  Istilah yang lebih umum disebut Prosesor.

5 MemoryChasing  Tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam urutan acak.  Tipe : RAM (Random Access Memory) & ROM (Read Only Memory),  Tempat untuk meletakkan semua komponen (perangkat keras komputer).

6 MonitorHard Disk (Hard Drive)  Untuk menampilkan data atau informasi ke dalam layar.  Komponen yang digunakan untuk menyimpan data.

7 CD/DVD ROM VGA (Video Graphics Adapter)  Berfungsi untuk membaca data/informasi yang terkandung dalam keping CD/DVD.  Berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor.

8 KeyboardMouse  Peralatan magnetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer.  Alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard.  Berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa inggrisnya (mouse)

9  Sound Card : Digunakan untuk mengeluarkan suara  LAN Card : alat untuk menyambungkan 2 buah komputer atau lebih  CD/DVD Writer : Alat untuk melakukan backup data ke dalam CD/DVD  Modem : Alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.  Card Reader  Microphone  Camera

10

11  Digunakan untuk memerintahkan mesin untuk melakukan sesuatu.  Copyright (Hak Cipta) : menjadikan karya cipta sebagai milik pribadi.  Copyleft : plesetan dari copyright, menginginkan agar karya cipta yang berbentuk perangkat lunak tetap bebas (free software).  Lisensi : izin yang diberikan oleh pemilik hak cipta untuk menggunakan beberapa hak yang dimiliki oleh pencipta, bukan pengalihan kepemilikan atas hak cipta.

12  Harus patuh terhadap aturan General Public License (GPL) yang menghendaki setiap pendistribusiannya harus tetap bebas.  Cara termudah untuk membuatnya adalah diletakkan di public domain tanpa hak cipta. ◦ Kelebihan : sarana saling berbagi program serta melakukan perbaikan. ◦ Kelemahan : dengan niat yang tidak baik, ada kemungkinan diubah menjadi perangkat lunak berpemilik dengan sedikit/banyak perubahan dan didistribusikan kembali sebagai sofware berpemilik.

13  Pada tahun 1998, Bruce Perens dan Eric Raymond membentuk Open Source Initiative (OSI) yang mengembangkan konsep Open Source yang lebih lebar dibandingkan Free Software atau GPL.

14

15  Berdasarkan cara mendapatkannya, dikategorikan menjadi 3, yaitu : 1.Freeware : didapatkan secara gratis dan dapat digunakan secara bebas. 2.Shareware : didapatkan secara gratis dan dapat digunakan secara bebas, namun biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi dari penggunanya. 3.Commercial : Biasanya dikemas dalam bentuk CD yang disertai buku panduan dan pengguna harus membelinya.

16  System Software : biasa disebut Operating System (sistem operasi), Software ini berguna mengoperasikan sistem dasar dari perangkat keras atau hardware dan mengatur software aplikasi yang berjalan pada perangkat komputer. Contoh : DOS, Linux, Windows, FreeBSD, Mac OS, Be OS, Windows CE, dll.  Application Software : seperangkat program yang memungkinkan komputer untuk melakukan pekerjaan tertentu pengolahan data untuk pengguna. contoh : Microsoft Office, MYOB, SPSS, Corel Draw, dll.  Programming Software : program perangkat lunak termasuk alat-alat dalam bentuk program atau aplikasi yang digunakan oleh pengembang perangkat lunak untuk membuat, debug, dan dukungan dari aplikasi komputer. Contoh : Visual Basic, Turbo Pascal, Delphi dll


Download ppt "Aplikasi Komputer 1.  Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.  Hardware."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google