Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK IV MUSFIRA SEPTIANA IRA MEILA ARDILA RUDY EKO SAPUTRA NOVY FITRIANI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK IV MUSFIRA SEPTIANA IRA MEILA ARDILA RUDY EKO SAPUTRA NOVY FITRIANI."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK IV MUSFIRA SEPTIANA IRA MEILA ARDILA RUDY EKO SAPUTRA NOVY FITRIANI

2  Sumber agama islam yaitu al-qur’an dan hadis.kedua sember tersebut membuat komponen agama islam.komponen tersebut menjadi isi kerangka dasar agama islam.  Kerangka agama islam itu terdiri dari atas ; akidah,syari’ah,ahlak.  Akidah menurut ilmu etimologi adalah ikatan,sangkutan.  Akidah menurut ilmu terminologi adalah iman,keyakinan.

3 Yang dimaksud dengan syari’ah menurut etimologi adalah jalan ( ke sumber atau mata air ) yang harus ditempuh oleh setiap umat islam.menurut istilah adalah sistem norma ilahi yang mengatur hubungan manusia dengan allah,dengan sesama manusia,dan dengan alam. Akhlak bersal dari kata khuluk yg berarti perangai,sikap,perilaku,watak,danbudi pekerti. jadi yang dimaksud dengan akhlak adalah sikap yang menimbulkan kelakuan baik dan buruk.

4  Agama islam mempunyai hubungan yg erat dengan ajaran islam yg di kembangkan oleh ilmu-ilmu keislaman.  Ilmu-ilmu keislaman diantranya yaitu: Akidah islam,syari’ah,dan akhlak.  Orang-orang yg berilmu telah berusaha memahami,mendalami,menafsirkan dan membahas akidah islam dengan ilmu kalam  Ilmu kalam adalah ilmu yg membahas akidah untuk mempertahankan iman dengan menggunakan akal fikiran.

5  Hasil pemahan dari pemikiran manusia atau ijtihad manusai,mempunyai kecendrungan yg berbeda-beda yg menimbulkan aliran-aliran dan mazhab-mazhab dengan nama tertentu di kalangan umat islam. Seperti kaum khowarij,murji’ah,syi’ah,jabariah,qadariah,muktazilah, ahlussunnah wal jama’ah,ahmadiah,salafiah. Kesambilan aliran ini dalam ilmu kalam itu,pada waktu ini dapat di kelompokkan menjadi dua kelompok besar yakni Sunni dan syi’i atau syi’ah.  Syari’ah mempunyai dua jalur yaitu jalur : vertikal dan harizontal. Jalur vertikal di tempuh dengan mengikuti kaidah-kaidah ibadah.sedangkan jalur harizontal di tempuh dengan mengukuti akidah-akidah mu’amalah.

6 Kaidah-kaidah ibadah terdapat dalam al-qur’an, di perinci dan di jelaskan dalam hadist. Kaidah-kaidah mu’amalah hanya pokok-pokoknya saja yang di tentukan dalam al-qur’an dan hadist. Dengan demikian kaidah asal mu’amalah adalah kebolehan ( jaiz atau ibahah ).Artinya semua perbuatan yang termasuk dalam katagori mu’amalat, boleh saja dilakukan asal saja tidak ada larangan melakukan perbuatan itu. Kaidah-kaidah mu’amalah dapat di bagi ke dua bagian besar,yakni (1) kaidah yang mengatur hubungan perdata misalnya hukum-hukum;munakahat,mawaris,dll (2)kaidah-kaidah yang mengatur hubungan publik, misalnya hukum-hukum jinayat(hukum pidana),dll.

7 Dilapangan syari’ah,baik ibadah maupu mu’amalah ini pun berkembang ilmu yg khusus memahami,mendalami dan memerinci syari’ah agar dapat menjadi pegangan hidup manusia muslim baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota kehidupan sosial.ilmu tersebut adalah ilmu fikih. Di ahlussunnah wal jam’ah ada empat mazhab,yaitu mazhab(1)hanafi (2)maliki (3)syafi’i (4) hanbali Islam sebagai agama dan ajaran mempunyai sistem sendiri yg bagian-bagiannya saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.intinya adalah tauhid yg berkembang melalui akidah.dari kaidah mengalir syari’at dan akhlak islam.

8  Kata tasawuf berasal dari kata suf artinya bulu domba kasar.di sebut demikian karna orang- orang yg memakai pakain itu,disebut orang- orang sufi atau mutasawwif.  Ilmu tasawuf ilmu yg menjelaskan tatacara pengembangan rohani manusia dalam rangka usaha mencari dan mendekatkan diri pada allah subhanahuwata’alaa.

9 Beberapa aliran-aliran di kalangan tasawuf, yaitu : (1)Qodariyah, aliaran ini memuliakan pendirinya Abdul qadir al jailani, menurut pengikutnya Abdul qodir aljailani ini orang yang suci.aliran ini berpengaruh di Afrika utara,pakistan, (2)Rifa’iyah,didirikan oleh muhammad ar rifa’i.amalannya berupa melukai bagian-bagian badannya dengan senjata tajam diiringi oleh-oleh zikir tertentu. Filsafat berasal dari bahasa arab yaitu falsafah yang diturunkan dari bahasa yunani philosophia, cinta kepada pengetahuan atau cinta kepada kebenaran. Filsafat menurut kamus besar bahasa indonesia adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akalbudi mengenai hakiat segala ada, sebab, asal dan hukumnya.

10 Dari sekian banyak definisi tentang filsafat, yang dapat diterima secara umum adalah batasan yang mengatakan bahwa filasafat adalah pemikiran rasioanal dan sistematis tentang suatu objek. Objek pemikiran kefilsafatan adalah segala sesuatu yang ada, yaitu tuhan, manusia, alam. Al-qur’an sejak semula telah memerintahkan umat manusia untuk menggunakan akalnya, khususnya untuk menyingkap rahasia alam semesta yang akan mengantarkan manusia kepada keyakinan tentang adanya tuhan yang menciptakan dan memeliharanya. Dalam surat Al-imron ayat 190 Allah berfirman yang artinya:”sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang-orang yang berakal”.

11 Politik berasal dari bahasa latin politicus dan bahasa yunani politucos, artinya sesuatu yang berhubungan dengan warga negara atau warga kota. Dalam islam, kekuasaan politik kait mengait dengan al-hukm, perkataan al-hukm dan kata-kata yang di bentuk dari kata tersebut dipergunakan 210 kali dalam al-qur’an.jika kata hukm yang berasal dari kata kerja hakama yang terdapat dalam al-qur’an surat Qalam dan surat almaidah diperhatiakan secara seksama, jelas artinya kata hukm dalam ayat-ayat itu tidak hanya bersandar pada tuhan, tetapi juga pada manusia.ini berarti menurut agama dan ajaran islam ada dua hukum,pertama adalah hukum yang ditetapkan oleh Allah dan hukum buatan manusia.hukum buatan manusia harus standar dan tidak boleh bertentangan dengan hukum yang telah ditetapkan oleh Allah yang terdapat dalam Al-qur’an.

12 Pembaharuan. Kata pembaharuan dalam bahasa indonesia padanannya dalam bahasa arab adalah tajdid. Pelakunya disebut pembaharu atau mujaddid. Pembaharuan dalam islam adalah upaya atau aktivitas baik pemikiran maupun gerakan untuk mengubah keadaan kehidupan umat isalm dari keadaan tidak baik yang sedang berlangsung kepada keadaan ataukehidupan baru yang lebih baik yang hendak diwujudkan Singkat kata tujuan pembaharuan adalah terciptanya umat islam yang maju dan kuat tanpa melanggar, menyimpang, dan meninggalkan Al- qur’an dan Al-hadist yang memuatsunnah rasulullah.

13 Intinya adalah tauhid yang berkembang melalui aqidah, syari’ah dan akhlak melahirkan berbagai aspek ajaran islam yang telah di bicarakan adalah aspek ajaran islam

14  1. kalam  2. fiqih  3. tasawuf  4. filsafat  5. politik  6. pembaharuan  7. pendidikan  8. mastarakat  9. ekonomi

15 1. Pegangan hidup atau aqidah 2. Jalan hidup atau syari’ah 3. Sikap hidup yang mengarahkan perbuatan akhlak

16


Download ppt "KELOMPOK IV MUSFIRA SEPTIANA IRA MEILA ARDILA RUDY EKO SAPUTRA NOVY FITRIANI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google