Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Transkripsi dan Translasi adalah dua proses yang menghubungkan gen ke protein Didalam kromosom terdapat gen yang tersusun atas DNA. (gambar gen) Disini.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Transkripsi dan Translasi adalah dua proses yang menghubungkan gen ke protein Didalam kromosom terdapat gen yang tersusun atas DNA. (gambar gen) Disini."— Transcript presentasi:

1 Transkripsi dan Translasi adalah dua proses yang menghubungkan gen ke protein Didalam kromosom terdapat gen yang tersusun atas DNA. (gambar gen) Disini gen berperan seperti direktur yang memprogram dan memerintahkan untuk membuat protein Gen tsb dibantu oleh DNA yang mengarahkan RNA dalam pembentukan mRNA Apa bedanya pak, struktur DVNA dengan RNA? Perbedaannya terletak pada struktur monomernya, coba lihat gambar ini DNA mengandung deoksiribosa, sedangkan RNA mengandung ribosa. Basa nitrogennya pun berbeda. Oh iya, digambar kan dijelasin basa nitrogen yang beda antara timin di DNA dan urasil di RNA Ya, benar, seperti pada gambar, kita lanjutkan yaa.. Hari ini kita membahas gambaran umum transkripsi dan translasi

2 11. Nah, bahan baku sintesis protein ini adalah asam amino, yang merupakan unit terkecil dari protein. 12. Penguraian informasi pada sintesis protein menggunakan istilah linguistik 15. DNA dan RNA (asam nukleat) dan protein tsb, berisi informasi yang ditulis menggunakan bahasa kimiawi yg berbeda. 13. Mononer asam nukleat (DNA atau RNA) adalah 4 jenis nukleotida yg berbeda basa nitrogennya, 14. Sedangkan monomer protein adalah asam amino yang tersusun linear. 16. Pada sintesis protein, dibutuhkan dua tahapan, yaitu transkripsi dan translasi. 17. Transkripsi adalah proses pembentukan mRNA berdasarkan arahan DNA. Ini gambarnya….(gambar) 18. Kemudian mRNA dikirim keluar dari inti sel ke sitoplasma menuju ribosom. 19. Proses selanjutnya yaitu translasi, 20. Pada translasi, terjadi penerjemahan kode genetik yang dimiliki mRNA ke dalam urutan asam amino polipetida oleh tRNA. 21. tRNA itu apa proff? 22. tRNA adalah RNA yang membawa asam amino dari sitoplasma menuju ribosom saat sintesis protein. 23. Hmm gt, terbentuknya dimana proff tRNA itu? 24. tRNA terbentuk dibagian inti sel secara langsung, dan tRNA berada di sitoplasma. 25. Terjadinya proses translasi itu dimana proff? 26. Translasi terjadi di ribosom, sedangkan transkripsi terjadi di inti sel. 27. Pada prokariot dan eukariot, mekanisme dasar transkripsi dan translasi serupa, namun terdapat perbedaan penting dalam aliran informasi genetik didalam sel-sel tersebut, lihat gambar ini..

3

4 Glosarium Asam Nukleat: Senyawa majemuk yang dibuat dari banyak nukleotida. RNA dan DNA adalah asam nukleat Deoksiribosa: Gula pentosa yang membentuk DNA Gen: Unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein, polipeptida, atau seuintai RNA yang memiliki fungsi dan organisme yang memilikinya. Monomer:Struktur molekul yang dapat berikatan secara kimia dengan monomer lainnya untuk menyusun molekul polimer yang panjang dan berulang-ulang. Monomer dapat berupa hidrokarbon, gula, asam amino atau asam lemak. Polipeptida: Polimer yang tersusun dari beberapa peptida hasil pengikatan gugus karboksil (COOH) dengan gugus amino. Satu atau lebih polipeptida dapat membentuk protein. Ribosa: Gula pentosa yang membentuk RNA Timin: Salah satu dari dua basa pirimidin yang menyusun DNA Urasil: Satu dari dua basa pirimidin yang dijumpai pada RNA.


Download ppt "Transkripsi dan Translasi adalah dua proses yang menghubungkan gen ke protein Didalam kromosom terdapat gen yang tersusun atas DNA. (gambar gen) Disini."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google