Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HEREDITAS Judul SINTESIS PROTEIN Part 1 Oleh SUPARMUJI, S.Pd

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HEREDITAS Judul SINTESIS PROTEIN Part 1 Oleh SUPARMUJI, S.Pd"— Transcript presentasi:

1 HEREDITAS Judul SINTESIS PROTEIN Part 1 Oleh SUPARMUJI, S.Pd

2 TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian dari gen, kromosom dan DNA. 2.Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara gen, kromosom dan DNA. 3.Peserta didik dapat mendeskripsikan struktur, sifat dan fungsi DNA. 4.Peserta didik dapat mendeskripsikan struktur, sifat dan fungsi RNA.

3 DEFINISI Hereditas didefinisikan sebagai kemampuan makhluk hidup untuk mewariskan sifat-sifat (karakter) atau ciri-ciri tubuhnya kepada keturunannya. Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menurunkan sifatnya melalui proses reproduksi. Keturunan akan mewarisi sifat dari kedua induknya, yang masing-masing akan memberikan setengah sifatnya secara acak.

4 Pewarisan sifat tersebut dilaksanakan oleh Gen (Si Pembawa Sifat). Gen adalah struktur yang terdapat kromosom, kromosom merupakan struktur seperti pita yang terdapat pada inti sel. Didalam gen terdapat DNA dan RNA (Asam Nukleat), merupakan materi genetik yang bertanggung jawab dalam pekerjaan pewarisan sifat makhluk hidup. DEFINISI

5 DNA Atau Deoxiribo Nucleat Acid, merupakan salah satu asam nukleat yang berperan dalam sintesa protein dan pewarisan sifat (Informasi Genetik). DNA sebagai informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup saat ini sering kali digunakan dalam Identifikasi Makhluk Hidup. Saat ini, manusia hampir menyelesaikan HUMAN GENOM PROJECT, yang diharapkan mampu menyelesai pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab mengenai masalah kemanusiaan.

6 CIRI-CIRI DNA Rantai Panjang Rantai Panjang Double Helix (berpilin ganda) Double Helix (berpilin ganda) Tersusun atas nukleotida dan nukleosida Tersusun atas nukleotida dan nukleosida Terdapat 2 jenis basa : Terdapat 2 jenis basa : – Basa Purin: Adenin (A) dan Cytocin (C) – Basa Pirimidin: Timin (T) dan Guanin (G) Berikatan dengan atom hidrogen, untuk ikatan antara A dan T berikatan dengan 2 atom Hidrogen, sedangkan C dan G berikatan dengan 3 atom Hidrogen. Berikatan dengan atom hidrogen, untuk ikatan antara A dan T berikatan dengan 2 atom Hidrogen, sedangkan C dan G berikatan dengan 3 atom Hidrogen.

7 STRUKTUR DNA

8 RNA Merupakan struktur hasil dari proses yang terjadi pada DNA. Merupakan singkatan dari Ribosa Nucleat Acid. Dari RNA, asam amino yang menyusun protein dibentuk dalam ribosom dihasilkan melalui kode-kode genetik yang dibawanya dalam bentuk kodon triplet.

9 CIRI-CIRI RNA Rantai Pendek Rantai Pendek Rantai Tunggal Rantai Tunggal Terdapat 2 jenis basa : Terdapat 2 jenis basa : – Basa Purin: Adenin (A) dan Cytocin (C) – Basa Pirimidin: Urasil (U) dan Guanin (G) Terdapat 3 jenis RNA, yaitu : Terdapat 3 jenis RNA, yaitu : – RNA messenger atau RNA duta – RNA transfer – RNA ribosom

10


Download ppt "HEREDITAS Judul SINTESIS PROTEIN Part 1 Oleh SUPARMUJI, S.Pd"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google