Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KESETARAAN GENDER DALAM SERIKAT PEKERJA Prihanani FSPMI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KESETARAAN GENDER DALAM SERIKAT PEKERJA Prihanani FSPMI."— Transcript presentasi:

1 KESETARAAN GENDER DALAM SERIKAT PEKERJA Prihanani FSPMI

2

3 DEFINISI GENDER Anggapan masyarakat yang menghubungan peran sosial yang melekat pada perempuan dan laki-laki. Peran tersebut dipelajari, berubah setiap waktu, dan sangat luas, beraneka ragam, dalam setiap budaya.

4 PERAN GENDER Merujuk pada kegiatan-kegiatan nyata yang dilakukan oleh kedua jenis kelamin. contoh: Anak laki-laki membantu ayahnya bekerja di luar rumah dan Anak perempuan membantu ibunya dalam pekerjaan rumahtangga.

5 Peran gender dipengaruhi oleh : Usia, Ras, Etnik, ( suku ), kelas, agama, geografis, ekonomi dan lingkungan politik. Yang memberikan konteks sosial, yang mungkin bisa fleksibel ataupun kaku, sama ataupun berbeda, dan seimbang ataupun tidak.

6 SEKS PENGERTIAN SEKS Merupakan perbedaan antara laki-laki dan perempuan, secara alamiah yang tidak dapat dirubah ataupun ditukar.

7 SEKS Pengertian seks yang dimaksud perbedaan antara laki-laki dan perempuan adalah perbedaan secara fisik. Contoh Data statistik dikelompokkan dalam jenis kelamin. Tidak dpat ditukar. Yaitu pebedaan biologis..

8

9 MENGAPA GENDER DIPERSOALKAN ?

10 Karena dalam kehidupan masyarakat, hubungan laki-laki dan perempuan yang didasarkan pada anggapan tentang identitas peran laki-laki dan perempuan telah menimbulkan ketidak adilan.

11 Pandangan Masyarakat terhadap Perempuan Masih dianggap masyarakat kelas kedua/hanya pelengkap. Tidak layak sebagai pemimpin Sering menjadi korban utama sanksi sosial yang diberlakukan masyarakat Tidak dipriortsakan untuk mendapatkan kesempatan dalam pendidikan Tidak tahu/mengakui bahwa perempuan memiliki hak asasi yang sama dengan laki-laki Di tingkat internal, banyak perempuan yang belum menyadari akan hak-haknya

12

13 Gender dan Serikat Pekerja Posisi Laki-Laki dan Perempuan dalam Serikat Pekerja

14 JAWAB PERNYATAAN BERIKUT 1.Salah satu syarat menjadi pemimpin Organisasi / negara / daerah haruslah seorang laki-laki 2.Perda Banten yang melarang perempuan bekerja dimalam hari adalah benar karena ditetapkan dalam rangka menghormati dan melindungi perempuan 3.Permpuan tahu bagaimana harus menjalankan perintah, mereka telah terbiasa dari suami, kata laki-laki, dan ayah mereka, sehingga di tempat kerja digaji lebih rendah karena bukan pencari nafkah utama, dan sering tidak masuk kerja karena urusan rumahtangga

15 KEBIJAKAN Apakah kebijakan di organisasi SP anda sudah mempertimbangkan adanya masalah kesenjangan antara perempuan dan laki-laki? Apakah kebijakan organisasi SP anda sudah memberikan akses yang sama kepada laki-laki dan perempuan ? Sudah adakah kebijakan yang responsif gender PUK anda? Siapakah yang mengambil keputusan di PUK anda ?

16 PROGRAM Apakah program PUK anda sudah menunjukkan kebutuhan perempuan dan laki-laki ? Apakah program yang dilaksanakan di PUK anda sudah ditargetkan bagi perempuan dan laki-laki? Jika sudah, berikan contohnya Jika belum, upaya apa yang dapat dilakukan agar program tersebut mengakomodir kepentingan laki-laki dan perempuan? Apakah sudah ada program untuk intervensi (karena adanya kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di masyarakat) ?

17 APA YANG DIMAKSUD DENGAN KESETARAAN GENDER? Merujuk pada kesamaan hak, tanggungjawab, kesempatan, perlakuan, dan penilaian bagi kaum lelaki dan perempuan dalam hal pekerjaan, dan hubungan antara kerja dan kehidupan.

18 PENINGKATAN KESETARAAN GENDER Peningkatan kesetaraan gender tidak berarti bahwa laki-laki dan perempuan harus menjadi benar-benar sama. Perempuan dan laki-laki bisa dan memang berbeda, tetapi harus mempunyai hak, tanggung jawab, dan kesempatan yang setara.

19 Terimakasih PRIHANANI Vice President of International Department JL Raya Pondok Gede No 11 KP Dukuh – Kramat Jati Jakarta Timur


Download ppt "KESETARAAN GENDER DALAM SERIKAT PEKERJA Prihanani FSPMI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google