Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN DI INDONESIA Oleh : Dina Kusumawati Wiyono A 210 110 079.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN DI INDONESIA Oleh : Dina Kusumawati Wiyono A 210 110 079."— Transcript presentasi:

1 PERAN KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN DI INDONESIA Oleh : Dina Kusumawati Wiyono A

2 KOPERASI Koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia. Keberhasilan Indonesia untuk dapat bertahan dari dampak krisis keuangan global tidak terlepas dari peran koperasi.

3

4 Istilah koperasi berasal dari bahasa Inggris co-operation yang berarti usaha bersama.

5 Menurut UU No. 25/1992 Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan atas asas kekeluargaan.

6 Koperasi dan Pertumbuhan Ekonomi Koperasi dan demokrasi ekonomi merupakan dua konsep penting dalam ekonomi konstitusi Indonesia dan memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian rakyat.

7 Ada beberapa faktor pendukung pembangunan ekonomi daerah melalui pengembangan koperasi, antara lain : 1.potensi masyarakat, 2.pengusaha, 3.lembaga perkreditan, 4.instansi terkait, 5.koperasi sebagai badan usaha.

8

9 Peranan Koperasi dalam Ekonomi Kerakyatan Koperasi didirikan atas dasar adanya kesamaan kebutuhan diantara para anggotanya. Koperasi didirikan atas dasar kesadaran mengenai keterbatasan kemampuan. Koperasi didirikan atas dasar kesukarelaan dan keterbukaan, tidak boleh ada paksaan

10 Bentuk Eksistensi Koperasi Bagi Masyarakat 1.Koperasi dipandang sebagai lembaga yang menjalankan suatu kegiatan usaha tertentu, dan kegiatan usaha tersebut diperlukan oleh masyarakat. 2.Koperasi telah menjadi alternatif bagi lembaga usaha lain. 3.Koperasi menjadi organisasi yang dimiliki oleh anggotanya.

11

12 Jumlah Koperasi Aktif

13 Volume Usaha Koperasi

14

15 Pada masa ini pembangunan koperasi kurang mendapat perhatian karena koperasi kurang memperlihatkan kinerja dan citra yang lebih baik dari masa sebelumnya.

16 Permasalahan yang Dihadapi dalam Pengembangan Koperasi Saat Ini 1.Berubahnya kriteria keanggotaan koperasi 2.Koperasi hampir selalu menjadi ajang yang diperebutkan oleh partai-partai politik 3.Lemahnya kualitas manajemen sumber daya 4.Kegiatan koperasi tidak sesuai dengan kebutuhan anggota dan berjalan atas kehendak pengurus semata

17 Permasalahan yang Dihadapi dalam Pengembangan Koperasi Saat Ini 5.Koperasi dikendalikan oleh pemilik modal 6.Koperasi masih sebatas penghubung antara anggota dengan mitra kerja 7.Adanya kegiatan koperasi yang memanfaatkan dukungan pemerintah 8.Koperasi lebih banyak bergerak pada bidang usaha simpan pinjam bukan pada usaha produktif

18

19 Masyarakat masih membutuhkan layanan usaha koperasi pada masa mendatang. Alasannya adalah 1.dasar pemikiran ekonomi dalam konsep pendirian koperasi, 2.adanya peluang untuk mengembangkan potensi usaha tertentu, 3.memanfaatkan fasilitas yang disediakan pihak lain (pemerintah) 4.sebagai sumber perkembangan

20

21 Alternatif Pemecahan Masalah 1.Mengembangkan bidang usaha koperasi sesuai dengan kebutuhan mayoritas anggota. 2.Meningkatkan keterampilan pengurus dalam memanfatkan peluang usaha sesuai potensi yang ada. 3.Memanfaatkan akses koperasi sebagai peluang pengembangan usaha. 4.Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung operasional.

22 Terima Kasih


Download ppt "PERAN KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN DI INDONESIA Oleh : Dina Kusumawati Wiyono A 210 110 079."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google