Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 4 JARKOM LANJUT DESAIN KAMPUS NETWORK. ANGGOTA Annisa Rizqi Nurlaliyah (5302412005) Mustika Andini (5302412007) Diah Erviani (5302412038) Ana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 4 JARKOM LANJUT DESAIN KAMPUS NETWORK. ANGGOTA Annisa Rizqi Nurlaliyah (5302412005) Mustika Andini (5302412007) Diah Erviani (5302412038) Ana."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 4 JARKOM LANJUT DESAIN KAMPUS NETWORK

2 ANGGOTA Annisa Rizqi Nurlaliyah ( ) Mustika Andini ( ) Diah Erviani ( ) Ana Qurrota A’yun ( ) Maulana Miftahul Faizin ( )

3 Pengertian Desain Jaringan Komputer Desain Jaringan Komputer adalah melakukan perencanaan dan perancangan dengan menganalisis sistem jaringan yang akan dibangun yang meliputi seluruh aspeknya mulai dari komponen hardware dan software, layanan dan sebagainya

4 Klasifikasi Jaringan Komputer Local Area Network Metropolitan Area Network Wide Area Network

5 Perencanaan Jaringan Komputer Karakteristik Jaringan Arsitektur Jaringan Perangkat Keras Perangkat Lunak Pengembangan Jaringannya

6 Karakteristik LAN dapat dibedakan berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya. Teknologi transmisi yang bisa digunakan adalah transmisi kabel tunggal. Pada LAN biasa, kecepatan transmisi sekitar 10 – 100 Mbps (Megabit/second). Topologi yang digunakan biasanya topologi Bus, Star dan Ring.

7 Perangkat Keras Komputer Network Interface Card dan Ethernet Card Hub Dan Switch Repeater BridgeRouter Kabel UTP

8 Perangkat Lunak Operating Sistem Bandwith

9 Arsitektur Jaringan Merupakan sebuah himpunan layer (lapisan) dan protokol. Dimana layer bertujuan memberi layanan ke layer yang ada diatasnya. LAYER LAYER Physical Data link Network Transport Session Presentation Application

10 Protocol Merupakan serangkaian aturan yang mengatur unit fungsional agar komunikasi bisa terlaksana. Misalnya mengirim pesan, data, dan informasi Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer mem-perhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya.

11 Model Desain Hierarki Untuk Mendesain Suatu Jaringan Yang Kompleks Lapisan Inti (Core) Lapisan ini merupakan tulang punggung (backbone) jaringan. Lapisan Distribusi (Distribution) Dalam lapisan ini diadakan pembagian atau pembuatan segmen-segmen Lapisan Akses (Access) Dalam lapisan akses ini komputer pemakai dihubungkan untuk melakukan akses jaringan. merupakan tipe model yang dapat digunakan untuk desain perancangan jaringan komputer, dimana jaringan dibagi dalam tiga lapisan yang berdiri sendiri-sendiri dan mempunyai fungsi sendiri.

12 Pengembangan Jaringannya Beberapa Kebutuhan Sebuah Kampus Terkait Dengan Jaringan : Kebutuhan transmisi dengan kecepatan tinggi untuk mendukung komunikasi maupun resource sharing (internal) yang berformat multimedia. Kebutuhan keamanan yang lebih tinggi atas data dan informasi yang private. Kebutuhan pengguna untuk memiliki akses off-site ke jaringan universitas, dengan berbagai tipe peranti komunikasi (komputer, handphone, dll.) Kebutuhan bandwidth untuk lalu lintas komunikasi, pencarian informasi, resource& knowledge sharing, kerja-sama dengan dunia luar. Kebutuhan ketersediaan akses jaringan (internal dan eksternal).

13 Skema Jaringan Tipikal (Layer Fisik) Jaringan antar kampus dan koneksi ke jaringan luar topologi yang digunakan adalah ring, menggunakan media fiber optic (FO) dan dengan koneksi wireless point-to-point ke node terdekat.

14 Jaringan Internal Kampus jaringan backbone dengan topologi gabungan star dan mess, yang menjamin ketersediaan jaringan internal kampus. Router-router pada gedung dapat dihubungkan ke Access Point (AP) untuk menyediakan hotspot Wi-Fi di dalam dan sekitar gedung dan/atau ke switch jaringan kabel yang dapat dikelompokkan dalam subnet-subnet.

15 Jaringan Internal (Dan Hotspot) Gedung membagi subnet server di pusat data, ruang dosen, lab, dll. Topologi jaringan yang disarankan pada gedung adalah star (extended star) agar mudah untuk dikembangkan. jaringan internal gedung dengan ruang pusat data, teleconference dan pimpinan jaringan internal gedung dengan lab-lab dan ruang dosen


Download ppt "KELOMPOK 4 JARKOM LANJUT DESAIN KAMPUS NETWORK. ANGGOTA Annisa Rizqi Nurlaliyah (5302412005) Mustika Andini (5302412007) Diah Erviani (5302412038) Ana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google