Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika Bisnis dan Profesi 1 MODEL, SUMBER DAN FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG BERETIKA DAN BISNIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika Bisnis dan Profesi 1 MODEL, SUMBER DAN FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG BERETIKA DAN BISNIS."— Transcript presentasi:

1 Etika Bisnis dan Profesi 1 MODEL, SUMBER DAN FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG BERETIKA DAN BISNIS

2 Dilihat dari cara para pelaku bisnis dalam menerapkan etika dalam bisnisnya, Carroll dan Buchollz (2005) membagi 3 tingkat manajemen sebagai berikut :

3 Etika Bisnis dan Profesi 3 1. Immoral Manajemen Immoral manajemen merupakan tingkatan terendah dalam menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis. Contoh-1 : Pembakaran Hutan Motif : a. a. Mendapatkan kayu secara ilegal (Illegal Loging) b. b. Mempercepat pembersihan hutan untuk perkebunan. c. c. Meningkatkan kadar pH tanah.

4 Etika Bisnis dan Profesi 4 Contoh-2 : Perkembangan Teknologi Informasi Perkembangan teknologi membawa perubahan model bisnis menjadi berbasis informasi.

5 Etika Bisnis dan Profesi 5 2. Amoral Manajemen Ada 2 Tipe : a.Tidak sengaja berbuat amoral manajemen (unintentional amoral manager) b.Dengan sengaja berbuat amoral manajemen

6 6 Contoh : Kasus Lapindo Brantas Inc. (LBI). Akibat kecerobohan yang dilakukan pihak manajemen LBI, hingga saat ini semburan lumpur masih berlangsung hingga saat ini sehingga menggenangi ruas jalan dan pemukiman penduduk. Beberapa prosedur yang dilanggar LBI antara lain : 1.LBI tidak mengindahkan Surat Edaran Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 1462/20/DJP/1996, yaitu salah satu syarat pemberian Kuasa Pertambangan (KP) eksplorasi atau eksploitasi, LBI selaku pemegang KP harus melakukan mekanisme Pengumuman Setempat (PS) untuk melindungi kepentingan sosial rakyat setempat dimana usaha pertambangan dilakukan.

7 Etika Bisnis dan Profesi 7 2.LBI tidak mengindahkan PP Nomor 27 Tahun 1999 tentang AMDAL. LBI tidak mengindahkan Pasal 33 ayat 1, Pasal 7 ayat 1. 3.LBI sengaja melanggar prosdur utama sebagai standar operasional pengeboran minyak dan gas. LBI sengaja tidak memasang selubung bor

8 Etika Bisnis dan Profesi 8 3. Moral Management Nilai-nilai etika dan moralitas diletakkan pada level standar tertinggi dari segala bentuk perilaku dan aktivitas bisnisnya. Seandainya Anda menjadi Manajer atau Pebisnis Model yang manakah yang Anda terapkan ?

9 Etika Bisnis dan Profesi 9 II. Sumber-Sumber Nilai Etika Apakah yang harus menjadi acuan dalam melaksanakan etika dalam bisnis ? Sumber-sumber nilai etika, yaitu : Agama Filosofi (Fenomena kehidupan) Pengalaman dan Perkembangan Budaya Hukum

10 Etika Bisnis dan Profesi 10 1.Agama a. Keadilan b. Kejujuran / Kebenaran c. Saling Menghormati d. Melayani e. Saling mempercayai 2.Filosofi Filosofi adalah tatanan/aturan-aturan dalam hidup yang menjadi aturan tidak tertulis tetapi digunakan sebagai kebijakan-kebijakan hidup & menjadikan kekuatan dan bekal untuk melangkah

11   Socrates (470 SM-399 SM) Dengan pepatahnya yang terkenal yaitu “Kenalilah Dirimu”. Dia yang memperkenalkan ide-ide bahwa hukum moral lebih tinggi dari pada hukum manusia. Socrates percaya bahwa kebaikan berasal dari pengetahuan diri dan manusia pada dasarnya adalah jujur. Etika Bisnis dan Profesi 11

12 Pengalaman & Perkembangan Budaya Setiap transaksi budaya antara generasi ke generasi berikutnya akan mewujudkan nilai-nilai, aturan baru serta standar- standar yang kemudian diterima dalam komunitas tersebut selanjutnya akan terwujud dalam komunitas.

13 Etika Bisnis dan Profesi 13   Pada masa orde baru muncul budaya KKN.   Menjelang abad 21 masuknya model syariah sehingga model baru bagi bisnis Indonesia adalah Model Syariah.   Memasuki era reformasi hingga sekarang semangat untuk membangun demokrasi.

14 Ciri khas budaya yang menonjol di Indonesia: a. Budaya kekeluargaan/gotong royong b. Kerja sama c. Hubungan kewajiban yang erat d. Tenggang rasa (Teposeliro) e. Jalinan persatuan (Bhinneka Tunggal Ika)

15 Etika Bisnis dan Profesi Hukum Para pebisnis pada umumnya lebih banyak menggunakan perangkat hukum sebagai cermin etika mereka dalam melaksanakan aktivitasnya. Karena hukum dipandang suatu perangkat yang memiliki bentuk hukuman yang paling jelas dibandingkan sumber-sumber etika yang lain.

16 Etika Bisnis dan Profesi 16 Boatright (2003) menyatakan bahwa adakalanya hukum berbahaya bagi kelangsungan hidup bisnis dengan alasan sbb: a. a. Hukum tidak cukup untuk mengatur semua aspek aktivitas dalam bisnis. b. b. Hukum dibuat setelah ada pelanggaran. c. c. Hukum atau undang-undang adakalanya sulit didefinisikan. d. d. Hukum sering tidak pasti, karena harus diputuskan lewat pengadilan. e. e. Hukum tidak bisa diandalkan, karena cendrung berpihak pada penguasa.

17 Stainer (2006) menyebutkan ada beberapa faktor- faktor yang mempengaruhi yaitu: Leader ship Strategi & Perfor- mansi Budaya Perusa haan Karak teristik Indivi dual

18 Etika Bisnis dan Profesi Leadership Kepemimpinan yang beretika menggabungkan antara pengambilan keputusan yang beretika dengan perilaku yang beretika. Ada beberapa hal yang dilakukan pemimpin yang beretika (Blanchard & Peale; 1998) : a. Berperilaku sejalan dengan tujuannya dan organisasi. b. Kepercayaan diri c. Berperilaku sabar d. Berperilaku dengan teguh e. Mempunyai ketangguhan untuk tetap pada tujuannya f. Konsisten g. Berpikir positif

19 Etika Bisnis dan Profesi Strategi Tujuan Strategi Cara Yang Jujur

20 Etika Bisnis dan Profesi 20 3.Budaya Perusahaan Budaya perusahaan adalah suatu kumpulan nilai-nilai, norma-norma dan pola tingkah laku manusia yang menjadi karakteristik suatu perusahaan. 4. Karakter Individu Perilaku individu mempengaruhi pada tindakan-tindakan mereka di tempat kerja ada pada saat menjalankan aktivitas bisnis.

21 Etika Bisnis dan Profesi 21 Pengaruh Budaya -Keluarga - Pendidikan - Agama Pengaruh Organisasi -Kode Etik - Budaya Organisasi -Aturan - Kondisi Ekonomi -Politik Indivi dual -Personaliti - Moral Perila ku Etika

22 Etika Bisnis dan Profesi 22 Thank You And Let’s Go Home


Download ppt "Etika Bisnis dan Profesi 1 MODEL, SUMBER DAN FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG BERETIKA DAN BISNIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google