Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB V HAMBATAN EKIVALEN RANGKAIAN SEDERHANA. Hubungan Seri Resistor Hubungan seri suatu hambatan didapati jika arus dapat mengikuti satu jalan mengaliri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB V HAMBATAN EKIVALEN RANGKAIAN SEDERHANA. Hubungan Seri Resistor Hubungan seri suatu hambatan didapati jika arus dapat mengikuti satu jalan mengaliri."— Transcript presentasi:

1 BAB V HAMBATAN EKIVALEN RANGKAIAN SEDERHANA

2 Hubungan Seri Resistor Hubungan seri suatu hambatan didapati jika arus dapat mengikuti satu jalan mengaliri dua atau lebih resistor ( hambatan ), seperti terlihat pada gambar. Untuk hubungan seri, nilai hambatan subtitusi ( ekivalen ) adalah : R ek = R 1 + R 2 + R 3 + …

3 Dalam hubungan seri arus yang mengaliri tiap hambatan adalah sama. Beda potensial ( tegangan ) antara kedua ujung susunan adalah sama dengan jumlah beda potensial antara masing-masing hambatan.

4 Hubungan Paralel Resistor Hubungan paralel suatu hambatan didapati jika susunan beberapa hambatan dua atau lebih dihubungkan secara sejajar antara satu dengan yang lain, seperti terlihat pada gambar.

5 Untuk hubungan paralel, nilai hambatan subtitusi atau hambatan ekivalennya adalah : Untuk hubungan paralel beda potensial ( V ) pada setiap hambatan adalah sama, sedangkan arus yang melalui hambatan ke-n adalah : I n = V/R n

6 Jembatan Wheatstone Jembatan Wheatsone digunakan untuk menyederhanakan susunan hambatan yang tidak dapat disederhanakan secara seri maupun paralel.

7 Jembatan Wheatstone

8 Cara menentukan hambatan ekivalennya adalah: 1. Jika perkalian silang antara R 1 dan R 3 sama dengan R 2 dan R 4 ( R 1 x R 3 = R 2 x R 4 ), maka hambatan R5 tidak berfungsi, sehingga rangkaiannya menjadi lebih sederhana. Selanjutnya kita gunakan prinsip seri dan paralel untuk menyederhanakannya.

9 2. Jika perkalian silang antara R 1 dan R 3 tidak sama dengan R 2 dan R 4 ( R 1 x R 3 ≠ R 2 x R 4 ), maka susunan hambatan yang sebelumnya harus diganti dengan hambatan yang baru, seperti pada gambar.

10 R 1, R 2, dan R 5 diganti dengan R a, R b dan R c. Sehingga susunan rangkaian hambatannya menjadi : Selanjutnya gunakan prinsip seri-paralael untuk menyederhanakannya.

11 Perhitungan mencari hambatan yang baru pada Jembatan Wheatstone

12 Latihan Soal 1.Dua buah resistor dihubung seri dan dihubungkan dengan baterai dengan tahanan dalam 1 Ω. Tentukan : a. Arus dalam rangkaian; b. Beda potensial pada tiap-tiap hambatan; c. Beda potensial pada kedua ujung baterai.

13 2. Dalam rumah ( jaringan bertegangan 220 V ) tiga buah lampu dinyalakan : 10 W, 20 W, dan 40 W. Tentukan R ek lampu-lampu ini !

14 3. Tentukan I yang melalui baterai pada rangkaian di bawah ini !

15 4. Tentukan I yang melalui baterai pada rangkaian di bawah ini !

16 5. Tentukan hambatan ekivalen dari gambar di bawah ini !

17 6. Tentukan arus yang melaui setiap hambatan maupun baterai !

18 7. Tentukan arus yang mengalir dalam setiap hambatan dan tentukan pula beda potensial pada kedua ujung hambatan-hambatan itu !

19 8. Dari gambar, tentukan : a. Hambatan ekivalen; b. Arus yang diambil dari sumber; c. Tegangan antara titik-titik a-b, c-d, d-e; d. Arus dalam setiap hambatan.

20 9. Dari gambar, tentukan: a. Hambatan ekivalen; b. Arus yang melaui hambatan 5 Ω, 7 Ω, dan 3 Ω; c. Tegangan antara kedua ujung baterai; d. Daya yang dikeluarkan baterai.

21 10. Tentukan hambatan ekivalennya !


Download ppt "BAB V HAMBATAN EKIVALEN RANGKAIAN SEDERHANA. Hubungan Seri Resistor Hubungan seri suatu hambatan didapati jika arus dapat mengikuti satu jalan mengaliri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google