Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANUITAS Anuitas adalah jumlah pembayaran periodik yang tetap besarnya dan di dalamnya sudah terhitung pelunasan hutang dan bunganya Jika besar Anuitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANUITAS Anuitas adalah jumlah pembayaran periodik yang tetap besarnya dan di dalamnya sudah terhitung pelunasan hutang dan bunganya Jika besar Anuitas."— Transcript presentasi:

1 ANUITAS Anuitas adalah jumlah pembayaran periodik yang tetap besarnya dan di dalamnya sudah terhitung pelunasan hutang dan bunganya Jika besar Anuitas A, bagian untuk pelunasan hutang (angsuran) adalah a dan bagian bunga adalah b, maka : A = a + b

2  Rumus untuk menghitung besar Anuitas adalah : Catatan : Dalam soal harus disebutkan kapan Anuitas pertama dibayar. Hal ini penting untuk menentukan Nilai Tunai Anuitas-anuitas itu pada saat modal mulai dipinjam atau modal (pinjaman) dicari Nilai Akhirnya satu periode bunga sebelum Anuitas pertama dibayar.

3 Contoh : Sebuah yayasan mendapat pinjaman dari sebuah bank sebesar Rp ,00 yang akan dilunasi dalam 20 anuitas bulanan. Anuitas pertama dibayar dua bulan setelah menerima pinjaman dengan suku bunga 2 % sebulan. Tentukan besar Anuitasnya !

4  Rumus umum Pelunasan Hutang (Pinjaman) Jika a n adalah besar pelunasan hutang pada periode ke-n, maka : atau untuk n  2

5  Rumus untuk menentukan Sisa Pinjaman Jika S m menyatakan besar sisa pinjaman setelah Anuitas ke-m dibayar, maka : b (m+1) = bunga pada Anuitas ke-(m+1) atau :

6 Contoh : Seseorang meminjam uang sebesar Rp ,00 yang akan dilunasi dalam 12 anuitas bulanan. Anuitas pertama dibayar sebulan setelah penerimaan pinjaman. Jika suku bunga pinjaman 3 % sebulan, tentukan : a. besarnya Anuitas b. besarnya pelunasan dalam anuitas ke 9 c. besarnya sisa hutang setelah anuitas ke 9 dibayar

7  Anuitas yang dibulatkan Jika : A(+) menyatakan besar Anuitas yang dibulatkan ke atas A(–) menyatakan besar Anuitas yang dibulatkan ke bawah K adalah kelebihan atau kekurangan pembayaran setiap Anuitas d adalah jumlah kelebihan atau kekurangan semua pembayaran Anuitas,

8 maka : Besar pembayaran Anuitas yang terakhir adalah : A – d atau A + d dimana :d = K dan K = A(+) – A atauK = A – A(–)

9 Contoh ; Pinjaman Rp ,00 akan dilunasi dalam 8 Anuitas bulanan. Tiap anuitas dibulatkan ke bawah menjadi kelipatan Rp 1.000,00 yang terdekat. Anuitas pertama dibayar sebulan setelah pinjaman diterima. Suku bunga 3 % sebulan. Berapa besar pembayaran Anuitas yang terakhir ?

10  Sistem Anuitas pada Pinjaman Obligasi Jumlah yang tersedia untuk pelunasan (a) dihitung dengan ketentuan : a = A + b 1 + b 2 – b 3 dimana : A= anuitas b 1 = bagian yang tidak terpakai dari angsuran tahun sebelumnya b 2 = bunga dari b 1 b 3 = bunga dari sisa pinjaman periode sebelumnya

11 Contoh : Sebuah pinjaman obligasi 5% sebesar Rp ,00 terbagi atas 500 Rp ,00 diangsur dalam 4 tahun dengan Anuitas. Buatlah rencana angsurannya !

12 Tahun ke : Anuitas = Yang tidak terpakai pada pada tahun ke = Bunga dari bagian yang tidak terpakai = _____(+) Tersedia untuk pelunasan = Bunga dari sisa pinjaman = _____(–) Yang tersedia untuk pelunasan = Yang terpakai untuk pelunasan = _____(–) Yang tidak terpakai = Sisa pinjaman pada akhir tahun ke =


Download ppt "ANUITAS Anuitas adalah jumlah pembayaran periodik yang tetap besarnya dan di dalamnya sudah terhitung pelunasan hutang dan bunganya Jika besar Anuitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google