Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

- Definisi Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. -Menurut Matthew E. May (Penasehat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "- Definisi Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. -Menurut Matthew E. May (Penasehat."— Transcript presentasi:

1

2 - Definisi Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. -Menurut Matthew E. May (Penasehat Senior Universitas Toyota) dalam bukunya berjudul “THE ELEGANT SOLUTION-Rumus Sukses Toyota Menguasai Inovasi”, mengatakan bahwa pendapat-pendapat di atas itu bersifat membatasi dan membuat orang biasa tidak bisa ikut berinovasi.

3 2. Tipe inovasi Ada 5 tipe inovasi menurut para ahli, yaitu: - Inovasi produk : yang melibatkan pengenalan barang baru, pelayanan baru yang secara substansial meningkat. Melibatkan peningkatan karakteristik fungsi juga, kemampuan teknisi, mudah menggunakannya. Contohnya: telepon genggam, komputer, kendaraan bermotor, dsb; - Inovasi proses ; melibatkan implementasi peningkatan kualitas produk yang baru atau pengiriman barangnya; - Inovasi pemasaran ; mengembangkan metoda mencari pangsa pasar baru dengan meningkatkan kualitas desain, pengemasan, promosi; - Inovasi organisasi ; kreasi organisasi baru, praktek bisnis, cara menjalankan organisasi atau perilaku berorganisasi; - Inovasi model bisnis ; mengubah cara berbisnis berdasarkan nilai yang dianut.

4  3. Sumber inovasi Terdapat dua sumber utama inovasi, yaitu:  Secara tradisional, sumbernya adalah inovasi fabrikasi. Hal tersebut karena agen (orang atau bisnis) berinovasi untuk menjual hasil inovasinya.  Inovasi pengguna; hal tersebut dimana agen (orang atau bisnis) mengembangkan inovasi sendiri (pribadi atau di rumahnya sendiri), hal itu dilakukan karena produk yang dipakainya tidak memenuhi apa yang dibutuhkannya.

5

6

7 6. Inovasi Manajemen Inovasi manajemen adalah inovasi dalam proses pengaturan organisasi. Langkah pertama adalah menghasilkan ide perubahan mengenai produk atau proses. Dalam beberapa kasus ide muncul dari observasi masalah sekarang atau masa depan.Untuk menghasilkan ide bisa melalui pengamatan masalah atau membaca buku, internet, majalah, dan diskusi dengan teman sejawat secara informal.

8 - Sumber Inovasi pengembangan /2007/12/04/landasan-teori-inovasi- pendidikan/

9 INOVASI PRODUK DAN PENGEMBANGAN Mochi Ice Cream Nama : Bagas Trusditagto

10  INOVASI DAN PENGEMBANGAN Produk Mochi Ice Cream 1. Karakteristik Produk. Mochi yang saya inovasi adalah mochi yang berisi berbagai rasa. Tetapi inovasi yang saya kembangkan yaitu penyajian dalam 2 cara, yaitu dengan kuah dan kering. Penyajian dalam bentuk kuah hampir sama dengan wedang ronde, tetapi kami memberikan sentuhan rasa yang berbeda jauh dari ronde. Bentuk penyajian kering berarti mochi dinikmati dengan aneka coklat topping dan ice cream yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

11  MOCHI yang mempunyai berbagai 2 penyajian antara lain: MOCHI KERING TOPPING 1. Mocha Topping Tepung 2. Mocha Topping Pasta Coklat, Srowberry, Bluberry. 3. Mocha Topping Wijen 4. Mocha Topping Susu 5. Mocha Topping Coklat, Keju, Messes. - MOCHI BERKUAH 1. Mocha Berkuah Jahe 2. Mocha Berkuah Santan 3. Mocha Berkuah Susu.

12  A. Pasar Sasaran  A. Pasar Sasaran - Geografis MOCHI cocok dikonsumsi di daerah Jogjakarta khususnya wilayah Kasihan Bantul, mengingat wilayah tersebut merupakah salah satu area pusat keramaian yang ada di daerah Semarang dan didominasi oleh Mahasiswa UMY, STIKES A YANI, STIKES ALMA ATA dan BSI. Dan sebagai perbedaan dan pelayanan Café menyediakan buku bacaan untuk kalangan mahasiswa.

13  Demografis  Demografis Makanan ini ditujukan untuk masyarakat dan mahasiswa, sehingga harga jualnya pun sangat terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat. Karena daerah Kasihan merupakan kawasan pendidikan yang sebagian besar penduduknya adalah pelajar.

14  - Psikografis  - Psikografis Kafe mochi ini menggunakan inovasi 2 penyajian variasikan menjadi makanan yang lebih menarik dan bernilai tinggi yang belum ada sebelumnya di daerah Tamantirto Jogjakarta, sehingga masyarakat akan penasaran dengan rasa makanan yang di kombinasikan dari dua penyajian tersebut makanan dari tempat yang berbeda tersebut akan timbul keinginan untuk mencoba makanan ini.

15 - RENCANA PEMASARAN a. Pemasaran 1. Promosi dilakukan untuk mengenalkan menu masakan Mochi ini ke masyarakat atau calon konsumen, khususnya mahasiswa yang umumnya pendatang di lingkungan Kampus Taman tirto. Caranya yakni dengan menyebarkan brosur ke mahasiswa dan dari mulut ke mulut. 2. Promosi setelah berjalan akan dilakukan ketika hari ulang tahun warung ini dengan member discount atau memberi gratis untuk menu makanan tertentu kepada konsumen.

16 3. Kami akan mengikuti kegiatan festival makanan yang diadakan pada waktu-waktu tertentu, untuk mempromosikan produk kami. 4. Kami akan memberikan voucher MOCHi Gratis setelah menukar 10 kupon pembelian Mocha. 5. Happy Hours untuk pelajar dan mahasiswa yaitu pelajar dan mahasiswa akan mendapatkan 1 Mocha gratis jika membeli di tempat kami dari jam – WIB. 6. Facebook, Twitter, dan Blogs sebagai sarana promosi melalui internet namun disini kami tidak melayani Delivery Online tetapi disini cuma sekedar memberi informasi terhadap Produk baru, dan Promo Diskon.


Download ppt "- Definisi Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. -Menurut Matthew E. May (Penasehat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google