Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kapita Selekta Informatika Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA JAKARTA 2011 V IRAL M ARKETING Agung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kapita Selekta Informatika Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA JAKARTA 2011 V IRAL M ARKETING Agung."— Transcript presentasi:

1 Kapita Selekta Informatika Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA JAKARTA 2011 V IRAL M ARKETING Agung Dwi P | Amiras Sjafwan | Khaetami Rasyid | Febrio Ertianto W | Risa Okta Asihani | Yunita Mutiara Sari |

2 P ENGERTIAN V IRAL M ARKETING Viral marketing adalah tekhnik pemasaran dari “mulut ke mulut” atau kebih cendrung seperti sistem MLM. Misal anda mengkomunikasikan hal yang positif tentang sebuah produk jasa SEO pada seseorang lalu orang tersebut mengkomunikasikannya lagi kepada yang lain dan kepada yang lainnya dan lainnya lagi hingga jumlah tak terhingga inilah yang disebut dengan viral marketing.

3 C ARA M ENGKOMUNIKASIKAN V IRAL M ARKETING Pemasaran Viral menyebarkan informasi dengan cara memanfaatkan database pengguna Internet yang telah terdaftar dan digunakan secara massal. Contoh yang dapat diambil adalah situs web surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan Google Mail, yang selain memberikan pelayanan gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan tersebut. Contoh lainnya adalah penyebaran informasi / pemasaran viral melalui penyebaran e-book gratis, akan tetapi menyelipkan beberapa link bisnis di dalamnya.

4 Misalnya anda makan ayam goreng di suatu rumah makan Anu, dan anda merasa ayam gorengnya enak. Setelah makan, pasti anda bercerita kepada saudara atau teman atau siapa saja dan mengatakan bahwa ayam goreng di rumah makan Anu enak. Mengapa anda menceritakan ayam goreng di rumah makan Anu enak ? Karena anda berharap, mereka juga akan bisa merasakan seperti apa yang sudah anda rasakan, bisa merasakan enak nya ayam goreng. Kemudian, rumah makan ayam goreng Anu memberikan Reward Program, dengan cara setiap orang yang akan makan kembali akan diberi bonus teh botol, dan jika anda mengajak satu orang teman maka anda akan diberikan bonus satu potong ayam goreng. Nah, dengan adanya bonus tadi maka pasti anda akan kembali makan di rumah makan Anu tersebut dan pasti akan membawa banyak teman karena akan mendapatkan bonus ayam goreng. Jika anda mengajak 3 orang teman, maka anda sudah mendapat bonus satu teh botol dan 3 potong ayam goreng. C ONTOH V IRAL M ARKETING

5 B ATASAN M ASALAH 1.Untuk meningkatkan Traffic Viral marketing tentu saja bisa meningkatkan traffic. Lihat kasus facebook dan tweeter saya rasa anda pun terpengaruh viral marketing bukan? Namun sebelum itu tentu saja anda harus membuat halaman website, content atau fitur memiliki keunikan tersendiri yang membuat pengunjung merasa penasaran dan ingin berkunjung. 2. Untuk Meningkatkan Penjualan Naiknya jumlah traffic tentu bisa meningkatkan penjualan atau tergantung bagaimana anda memikat hati pengunjung. Facebook dan Tweeter adalah contohnya. Facebook merupakan website komunitas terbesar di dunia dan memiliki pasar sendiri didalamnya dimana setiap member bisa berjualan baik melalui fitur periklanan yang dibuat facebook maupun interaksi antar member. Fungsi Viral Marketing

6 L IMA FAKTOR PENTING VIRAL MARKETING 1.Jika membutuhkan pembawa pesan harus mampu menyebarkan informasi dengan mudah, cepat dan langsung menuju sejumlah besar prospek. 2.Mekanisme penyebaran berupa , link, website, atau dari mulut ke mulut, tergantung dari promosi yang di jalani. 3.Harus ada menyediaan insentif yang menarik untuk sang pembawa pesan sebagai timbal balik atas kesediannya menyebarkan pesan. 4.Pesan harus bisa disebarkan dengan semudah mungkin oleh sang pembawa. 5.Sediakan ruang untuk penyebaran pesan. Misalnya: komunitas, group, atau jaringan yang memungkinkan pesan viral menyebar dengan cepat.

7 Kelebihan Viral Marketing 1.Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan menekan tombol. 2.Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik, sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia. 3.Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $ bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen. 4.Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya. 5. Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan. 6.Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.

8 OLAP 1.Ketergantungan pada triggers (pemicu yang mampu menarik minat konsumen). Tanpa pemicu yang mampu menarik minat konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses replikasi dan akan mati. 2.Sangat susah untuk dikontrol dengan penyebaran yang luas. engan proses replikasi yang cepat dan penyebaran yang luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan kontrol akan isi pesan yang disampaikan. Kelemahan viral marketing

9 TERIMA KASIH


Download ppt "Kapita Selekta Informatika Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA JAKARTA 2011 V IRAL M ARKETING Agung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google