Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2

2 PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung. Sejarah komputer berawal ketika manusia mulai mengenal angka, baik angka arab, angka latin maupun angka romawi.

3 Dari sistem bilangan ini, kemudian manusia mulai mengenal perhitungan-perhitungan matematika. Setelah mengenal sistem perhitungan dibuatlah alat bantu hitung sederhana mulai dari kalkulator tanah, hingga abacus atau sempoa. Ketika perhitungan yang dilakukan sampai pada tahapan yang sulit, maka dibuatlah mesin Mesin hitung yang di buat dapat melakukan perhitungan berulang-ulang tanpa kesalahan.

4 Sejarah Perkembangan Komputer Tahun 1617 John Napiar dari Scotlandia menemukan cara menghitung menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari 9X9 yang berisi angka 1 sampai 9 yang di kenal dengan nama NAPIER’S BONES Tahun 1621 di temukan Slide Rule yang merupakan kemajuan pada alat hitung yang bersifat mekanis

5 Tahun 1642 Pascal Seorang ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang di kenal dengan PASCAL’S ARITHMETIC MACHINE Tahun 1674 Gothfriend seorang Jerman menciptakan mesin hitung yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian alat ini dikenal dengan nama LEIBNITZ CALCULATON MACHINE

6 Tahun 1812 seorang Perancis yaitu charles babage berhasil menciptakan suatu jenis mesin hitung yang di namakan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin ini menggunakan konsep seperti komputer yang ada sekarang. Karena sudah dilengkapi semacam storage dan bisa melakukan perhitungan trigonometri dan logaritma secara automatis

7 Tahun 1890 Herman Hollerith dari biro sensus amerika menciptakan mesin Punched Card Counting yang menggunakan punch card sebagai media. Punch card menjadi penemuan yang gemilang dalam sejarah Komputer Sehingga HERMAN HOLLERITH di juluki sebagai Bapak Komputer Modern.

8 Tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University bekerja sama dengan International Business machines ( IBM ), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serentetan operasi Aritmatika secara otomatis mesin ini di namakan MARK- I dan dapat di katakan sebagai Komputer pertama yang di ciptakan.

9 J.Presper dan John W. Mauchly dari University of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer yang di beri nama ENIAC ( Electronic Numerical integer and Calculator ) yang selesai pada tahun 1945 Kemudian pada tahun 1952 kedua orang ini mesin komputer yang menggunakan angka binar ( binary number ) mesin ini di namakan EDVAC, pada tahun yang sama Univesity of Cambridge membuat komputer sejenis yang di beri nama EDSAC

10 Tahun 1949 Remington Rand memperdagangkan komputer pertama yang di beri nama UNIVAC-I, komputer ini di buat oleh Eckert maughly computer company pada tahun Tahun 1953 IBM memproduksi komputer dengan nama IBM-701 Tahun 1954 IBM memproduksi IBM-655

11 Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis.

12 Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaian masalah dengan komputer perlu merumuskan langkah- langkah penyelesaian masalah dalam sekumpulan instruksi. Sekumpulan instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut dengan program.

13 GENERASI PERTAMA KOMPUTER Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar Cepat panas Proses kurang cepat Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis

14 Generasi Kedua Sirkuitnya berupa transistor Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik.

15 Generasi Ketiga ( ) Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan application software Generasi Keempat ( ) Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor & semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer

16 Generasi Kelima (sejak 1990 an) Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium. Generasi Keenam ( abad 21 ) Generasi ini adalah generasi masa depan yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium.

17 Pada dasarnya, komputer adalah mesin yang memiliki perangkat keras yang terdiri dari 1. perangkat input 2. proses 3. output 4. perangkat lunak yang terdiri dari : - sistem operasi - program aplikasi.

18 Cara kerja komputer: Pemakai (user) memasukkan data dan perintah melalui perangkat input. Data dan perintah tersebut selanjutnya dikirimkan kepada perangkat proses untuk diolah. Hasil pengolahan data dan perintah tersebut akhirnya ditampilkan pada perangkat output.

19 Bentuk fisik dari komputer yang terdiri dari : Input device (Alat input) Digunakan untuk menerima input yang dapat berupa : signal input : energi yg akan dirubah oleh sistem (data). maintenace input : program yang digunakan untuk mengolah data masukan. Contoh : keyboard, pointing device, scanner, sensor.

20 CPU (central processing unit) Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program (disebut microprocessor).

21


Download ppt "PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google