Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu 4. Mengetahui jenis komputer, cara kerja dan contoh penggunaan. Supercomputers Mainframe Computers Minicomputers, Personal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu 4. Mengetahui jenis komputer, cara kerja dan contoh penggunaan. Supercomputers Mainframe Computers Minicomputers, Personal."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu 4

2 Mengetahui jenis komputer, cara kerja dan contoh penggunaan. Supercomputers Mainframe Computers Minicomputers, Personal Computers (PC) Hand held Computers

3 Supercomputers Komputer ini merupakan komputer yang powerfulkomputer Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

4 Secara Umum Supercomputer adalah manipulator angka berkecepatan sangat tinggi yang digunakan terutama untuk aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa.

5 Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti : prakiraan cuaca, riset iklim termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik seperti : simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, riset fusi nuklir, analisikrip. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

6 SEJARAH SUPER COMPUTER Salah satu superkomputer yang pertama adalah dari jajaran mesin-mesin Konrad Zuse. Dibuat tahun 1930-an dan 40-an, merupakan komputer-komputer pertama yang bisa diprogram sekaligus multi-function.

7 Daftar superkomputer yang pernah menjadi yang paling kencang di muka bumi : * IBM Roadrunner (sejak Juni 2008) * IBM Blue Gene/L (November 2004 – Juni 2008) * NEC Earth Simulator (Juni 2002 – November 2004) * IBM ASCI White (November 2000 – Juni 2002) * Intel ASCI Red (Juni 1997 – November 2000) * Hitachi CP-PACS (November 1996 – Juni 1997) * Hitachi SR2201 (Juni 1996 – November 1996) * Fujitsu Numerical Wind Tunnel (November 1994 – Juni 1996) * Intel Paragon XP/S140 (Juni 1994 – november 1994) * Fujitsu Numerical Wind Tunnel (November 1993 – Juni 1994) * TMC CM-5 (Juni 1993 – November 1993)

8

9

10 mainframe Jenis komputer besar. Sistem operasi dari komputer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan.komputerSistem operasiprogramaplikasi Komputer dengan sistem operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengankapasitas besar,sistemmengakseslibrarykapasitas kemudian juga mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, dan bertindak mengawasi lalu lintas ketika beberapa program mencoba mengakses basis data secara bersamaan.basis data

11 Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapat dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan berbagai sistem pengamanan elektronik. Contoh mainframe komputer: IBM System/360, IBM System/390, Honeywell-Bull DPS 7.

12 Ciri-ciri Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer; Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik; Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.

13

14 Mainframe merupakan satu-satunya komputer yang masih ada sampai akhir tahun 1960-an. Mainframe adalah komputer berpendingin air atau udara dan harganya berkisar antara 5 ribu sampai 5 juta dolar serta bervariasi dalam ukuran: kecil, sedang, dan besar, sesuai dengan kegunaannya. Mainframe kecil (seharga 5-20 ribu dolar) sering disebut komputer ukuran sedang (midsize komputer).

15 Mainframe sering digunakan oleh organisasi besar misalnya : bank, maskapai penerbangan, perusahaan asuransi dan perguruan tinggi Di gunakan untuk memproses jutaan transaksi. Pengguna dapat mengakses mainframe melalui set terminal, yang memiliki layar tampilan dan keyboard serta dapat menerima masukan data dan menampilkan keluaran data, tetapi tidak dapat memproses datanya sendiri. Mainframe mampu memproses miliaran instruksi per detik.

16 Karena ukuran dan kemampuan pemrosesan secara historis berkaitan, komputer besar selama ini disebut mainframe, sementara yang ukuran sedang disebut dengan minicomputer,minicomputer Dan komputer kecil disebut mikrokomputer.mikrokomputer Superkomputer, sebuah kategori tambahan, mulai memiliki relevansi di luar komunitas penelitian dalam bisnis seperti telekomunikasi, yang memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi untuk menangani switchingjaringan yang luas.Superkomputertelekomunikasiswitchingjaringan

17 Komputer Mainframe Awal ENIAC (Electrical Numerical Integrator Computer) Di buat oleh John W. Mauchly & J. Presper Eckert Versi komersial pertama: Remington Rand UNIVAC I Hanya mampu melakukan 2000 penghitungan/ detik (bandingkan dengan saat ini yg mencapai 800 juta instruksi/detik) Berfokus pada tugas tunggal yang diminta oleh satu pemakai

18 Komputer mainframe biasanya dipusatkan pada pusat data, telah lama menjadi sumber tenaga dari komputasi dunia bisnis.

19 Mini computer Mini Komputer merupakan salah satu jenis komputer yang mempunyai kemampuan yang lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer, hal ini disebabkan karena microprocessor yang digunakan jauh lebih unggul. Salah satu contoh mini komputer adalah IBM AS-400. Komputer mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.

20 minicomputer Komputer yang digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Komputermultiuser Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama- sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai.pemakai

21 penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, karena pembagian waktunya dihitung dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.sistem Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut.prosesinteraksi Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400.IBM Komputer ini lebih cenderung digunakan untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

22 Ciri-ciri Ukuran fisiknya sebesar lemari kecil; Dalam sistem multi user banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukan data. Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar lemari kecil. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data.

23 Berikut ini adalah beberapa komputer mini yang pernah beredar: PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya. PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an. Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia. IBM System/370

24

25 Personal komputer Personal komputer merupakan salah satu jenis komputer yang pada awalnya diciptakan hanya untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Namun, Karena harganya yang relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada diperusahaan.

26 Ciri-ciri PC Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang lebih kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya; harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai; Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai, namun dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan.

27

28 Handheld computer Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil.

29 Kelebihan dari komputer genggam ini adalah pengguna dapat menyimpan serta mengatur data dengan lebih efisien dan akurat. Biasanya komputer genggam dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Bluetooth memang tepat untuk mencetak secara nirkabel, menghubungkan antara komputer genggam dengan mobile printer. Tidak hanya dengan printer tetapi komputer genggam juga dapat dihubungkan dengan alat-alat lain melalui koneksi Bluetooth.

30 Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat.

31

32 Perbedaan super computer dengan mainframe computer supercomputer dioptimalkan untuk perhitungan kompleks yang terjadi terutama dalam memori, mainframe dioptimalkan untuk perfitungan relative sederhana yang melibatkan sejumlah besar data eksternal. super computer sering digunakan untuk satu spesifik tugas-tugas intitusional (misal simulasi dan pemodelan), mainframe biasanya menangani berbagai tugas lebih luas (misal pengolahan data)

33 mainframe cenderung memiliki banyak prosesor layanan tambahan membantu prosesor pusat utama mereka (untuk dukungan kriptografi, input/output, penanganan, pemantauan, penanganan memory dll) sehingga sebenarnya processor menghitungnya jauh lebih tinggi daripada sebaliknya akan menjadi jelas. Desain super computer cenderung tidak menyertakan layanan banyak processor karena mereka tidak lumayan menambah angka-angka mentah kekuasaan.

34 mainframe sangat mahir dalam batch processing, seperti penagihan, decade meningkatkan harapan pelanggan untuk batch perbaikan, dan throughtput sentries desain. Super computer umumnya tampil buruk di batch processing.


Download ppt "PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu 4. Mengetahui jenis komputer, cara kerja dan contoh penggunaan. Supercomputers Mainframe Computers Minicomputers, Personal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google