Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas on line 1 manajemen rekam medis 1. Apa yang mempegaruhi isi rekam medis ? Jawab : Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi isi rekam medis yaitu : a)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas on line 1 manajemen rekam medis 1. Apa yang mempegaruhi isi rekam medis ? Jawab : Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi isi rekam medis yaitu : a)"— Transcript presentasi:

1 Tugas on line 1 manajemen rekam medis 1. Apa yang mempegaruhi isi rekam medis ? Jawab : Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi isi rekam medis yaitu : a) Jenis Fasilitas Asuhan Kesehatan Yang Diberikan  Pelayanan Rawat Jalan; terdiri dari Rumah sakit, Klinik asuransi, Puskesmas, Klinik bedah dan Pusat kesehatan jiwa.

2  Pelayanan rawat inap, terdiri dari; Hospital Acute Care < 30 hari (RS umum, RS bersalin, RS Bedah) atau Long Term Care ( RS Jiwa, RS Kanker, RS Jantung dan RS ketergantungan obat) b) Faktor Tipe Format Rekam Medis yang akan dibuat. Tiap tipe format yang dipakai akan mempengaruhi isi serta struktur Rekam medis yang akan dibuat.

3 Tiga tipe format Rekam Medis : 1.SOMR ( SOURCE ORIENTED MEDICAL RECORD ) 2.POMR ( PROBLEM ORIENTED MEDICAL RECORD ) 3.IMR ( INTEGRATED MEDICAL RECORD )

4 2. Apa beda tipe format SOMR dan IMR SOMRIMR Data terkumpul berdasarkan pelayanan yang diberikan bukan berdasarkan masalah atau problem/integrasi dari waktu kewaktu Seluruh data sumber pemberi pelayanan dijadikan satu atau terintegrasi (dicatat pada form yang sama) Tidak mungkin menentukan masalah dan pengobatan yang telah diberikan kepada pasien pada suatu-waktu Dapat menegtahui secara cepat perkembangan pasien karena seluruh catatan disatukan Mudah menentukan penilaian bagi setiap pemberi pelayanan kesehatan karena setiap pemberi pelayanan kesehatan mencatat perkembangan pasien Sulit untuk mengindentifikasi pekerjaan perorangan karena hanya satu orang pemberi pelayanan yang dapat mencatat perkembangan pasien.

5 3. Jelaskan tentang tipe Format POMR Tipe ini diperkenalkan oleh Lawrence L, Weed.WD tahun POMR merupakan sistem dokumentasi yang mencerminkan pikiran yang logis pada pelayanan yang diberikan dokter, dokter menyimpulkan dan mengikuti setiap masalah klinis secara individu dan memecahkan masalah tersebut secara bersama-sama.

6 POMR Terdiri dari Empat Bagian yaitu ; Data dasar ( data base), Daftar masalah ( Problem List), Catatan perkembangan ( Progres Notes ) dan Rencana awal ( Initial Plan ). Keuntungan POMR ; Catatan jelas, dapat mengidentifikasi tujuan dan metode pengobatan, dokter dapat mempertimbangkan masalah pasien dalam segala keadaan, dapat menjaga mutu catatan(karena telah tersusun) dan Pendidikan medis ( Lengkapnya catatan dari dokter ).

7 Kerugian ; menjadi tanggung jawab dan pelatihan tambahan untuk staff medis dan profesional, serta tidak banyak fasilitas pelayanan akut melaksanakan POMR secara Penuh kebanyakan dari profesional kesehatan hanya menggunakan SOAP form dari catatan perkembangan.

8 TERIMA KASIH SRIYATI ( ) FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT JURUSAN MANAJEMEN RS


Download ppt "Tugas on line 1 manajemen rekam medis 1. Apa yang mempegaruhi isi rekam medis ? Jawab : Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi isi rekam medis yaitu : a)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google