Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Program Kreatifitas Mahasiswa Kompetisi ide yang dilaksanakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI) untuk mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Program Kreatifitas Mahasiswa Kompetisi ide yang dilaksanakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI) untuk mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan."— Transcript presentasi:

1

2

3 Program Kreatifitas Mahasiswa Kompetisi ide yang dilaksanakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI) untuk mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa Indonesia untuk berpartisipasi dalam memberikan solusi dari permasalahan yang ada di Indonesia. PKM-Masyarakat PKM-Teknologi PKM-Penelitian PKM-Karya Cipta PKM-Kewirausahaan PKM-Gagasan Tertulis PKM-Artikel Ilmiah

4 And more..

5 14 Karya Mahasiswa ITB 2012

6 PENGAJUAN PROPOSAL PELAKSANAAN PROGRAM MONITORING EVALUASI PEKAN ILMIAH NASIONAL PELUANG PROPOSAL YANG DITERIMA: 7005 PROPOSAL DANA YANG DAPAT DIPEROLEH: Rp

7 PKM KARSA CIPTA & PKM PENELITIAN

8 PERUMUSAN MASALAH Keingintahuan mahasiswa, persoalan masyarakat, atau kebutuhan masyarakat, Tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam penelitian Potensi perkembangan ilmiah tentang objek. Menggambarkan tentang alur berfikir. TUJUAN Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan kegiatan PKM-P. Menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan suatu gejala, konsep atau dugaan. Potensi perkembangan ilmiah tentang objek. Menggambarkan tentang alur berfikir. LATAR BELAKANG MASALAH Dijabarkan untuk menjawab keingintahuan mahasiswa, Mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya. Merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat pengarang terkait objek. Kebutuhan/permintaan tentang objek penelitian. Keadaan nyata tentang permasalahan (terpenuhi/tidak terpenuhi). Potensi untuk pengembangan objek. Kekurangan dari pengembangan yang telah ada. LUARAN YANG DIHARAPKAN Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan kegiatan PKM-P. Menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan suatu gejala, konsep atau dugaan. Potensi perkembangan ilmiah tentang objek. Menggambarkan tentang alur berfikir. KEGUNAAN Manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran, dari sisi ekonomi maupun Ipteks, pada saat atau setelah kegiatan PKM selesai.

9 METODE PELAKSANAAN PKM-P digunakan Metode Penelitian. meliputi variable dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran. PKM-KC merupakan teknik, cara/tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan tujuan program. TINJAUAN PUSTAKA Usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan Mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir terjadinya suatu peristiwa ilmiah (mechanism of action). DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk. Setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya. Daftar pustaka untuk semua bidang PKM ditulis mengacu kepada HARVARD style. Sumber pustaka diharapkan berasal dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahan ilmiahnya RANCANGAN BIAYA Maksimum Rp. 12,5 juta, maupun pihak lain yang bersedia berkontribusi. Usulan yang melampaui pagu biaya tersebut, harus disertai Surat Pernyataan Kesediaan Sebagai Penyandang. Rekapitulasi biaya terdiri atas: Bahan habis pakai, Peralatan penunjang PKM, Perjalanan Rincian biaya harus lengkap, wajar dan jelas peruntukannya. Honorarium (tim pelaksana, dosen pendamping ataupun tenaga pembantu lainnya) tidak diperkenankan. JADWAL KEGIATAN Jadwal kegiatan PKM yang meliputi rinci kegiatan persiapan, Pelaksanaan dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart Memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan. Urutan waktu pelaksanaan, gunakan kata “bulan ke-1, bulan ke-2”. maksimal 5 (lima) bulan. LAMPIRAN Daftar Biodata singkat Ketua dan Anggota Kelompok serta Dosen Pembimbing. Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan (untuk PKM-KC).


Download ppt "Program Kreatifitas Mahasiswa Kompetisi ide yang dilaksanakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI) untuk mahasiswa se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google