Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERKEMBENGAN KOLONIALISME & IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERKEMBENGAN KOLONIALISME & IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 PERKEMBENGAN KOLONIALISME & IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA

2 Penjelajah Bangsa Eropa ke Indonesia Penjelajah Bangsa Eropa ke Indonesia Masuknya Kekuatan Asing di Indonesia Masuknya Kekuatan Asing di Indonesia

3 Kolonialisme Imperialisme BangsaBangsa Lain Suatu sistem yang digunakan dalam menjalankan politik pendudukan Wilayah Bangsa Lain Suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain

4 Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo, yang menyatakan bumi itu bulat. Jatuhnya kota Konstantinopel Tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinya Marco Polo dari negari Cina melalui jalur pelayaran. Penemuan Kompas. Semangat reconquesta yaitu semangat untuk menaklukkan Islam di seluruh dunia.

5

6 Penjelajahan Bangsa Eropa ke Indonesia Penjelajahan Bangsa Eropa ke Indonesia PENJELAJAHAN SAMUDRA Dipelopori oleh PENJELAJAHAN SAMUDRA Dipelopori oleh

7 Pengaruh dan kekuasaan kolonialisme Portugis dan Spanyol di Indonesia Pengaruh dan kekuasaan kolonialisme Portugis dan Spanyol di Indonesia Pembentukan kekusaan kolonial dan imperialisme Belanda di Indonesia Pembentukan kekusaan kolonial dan imperialisme Belanda di Indonesia Pengaruh kekuasaan Prancis di Indonesia Masa kolonialisme dan imperialisme Inggris di Indonesia

8 Penjelajah Pertama Tujuan dan Upaya Keberhasilan Tujuan: a.Tujuan Ekonomi untuk mencari keuntungan yang besar dari hasil perdagangan rempah-rempah. b.Tujuan agama untuk menyebarkan agama Nasrani c.Tujuan petualangan untuk mencari daerah jajahan. Menguasai wilayah perdagangan dan pelayaran di Asia Tenggara. Tujuan: a.Tujuan Ekonomi untuk mencari keuntungan yang besar dari hasil perdagangan rempah-rempah. b.Tujuan agama untuk menyebarkan agama Nasrani c.Tujuan petualangan untuk mencari daerah jajahan. Menguasai wilayah perdagangan dan pelayaran di Asia Tenggara.

9 Alfonso d’Albuquerque bersama armadanya berhasil menaklukkan Malaka pada tahun 1511 dan sampai di Maluku tahun 1512 dan bersahabat dengan Ternate.

10 KEPULAUAN MALUKU

11 Pengaruh dan kekuasaan kolonialisme Spanyol di Indonesia Ingat Perjanjian Tordesilas bangsa Spanyol berlayar ke arah barat. Para penjelajah Spayol antara lain: 1.Chistophorus Columbus Melakukan pelayaran ke Benua Amerika Ferdinand Magelhaens Sampai ujung selatan Amerika dikenal dengan Selat Magelhaens dan menyeberang Samudera Pasifik dan mendarat di Filipina 1521.

12 3. Sebastian del Cano Tiba di Maluku tahun 1521 setelah melalui FIlipina, Kalimantan Utara kemudian langsung ke Tidore. Portugis yang telah dahulu berada di Tidore tidak mau tersaingi akhirnya dibuat Perjanjian Saragosa (tahun 1526) yang menyebabkan Spanyol harus meninggalkan Tidore dan kembali ke Filipina.

13 Banyak Perlawanan karena Tujuan tersebut lebih dikenal dengan 3G  yaitu gold, gospel and glory. Gold untuk mencari emas dan kekayaan. Gospel yaitu untuk menyebarkan agama Kristen. Glory yaitu untuk mencari keharuman nama, kejayaan dan kekuasaan.

14 1.Cornelis de Houtman (1596),menempuh perjalanan Ke Tanjung Harapan, kemudian dilanjutkan sampai di Banten. Kedatangannya ditolak oleh rakyat Banten karena Cornelis de Houtman bersikap kasar dan sombong. 2. Jacob Van Neck (1598),kedatangannya disambut baik oleh rakyat Banten. VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) berdiri pada tanggal 20 Maret 1602 dengan Gubernur Jenderal pertamanya Pieter Both.

15 Tujuan didirikannya VOC: - Menghindari persaingan dagang antar sesama pedagang Belanda. - Memonopoli rempah-rempah di Hindia Timur. - Menghadapi persaingan dengan para pedagang asing. - Menghadapi kerajaan-kerajaan di Indonesia.

16 Hak Oktroi: - Hak untuk memerintah di Negara jajahan - Hak untuk memonopoli perdagangan - Hak untuk mencetak mata uang sendiri - Hak untuk memiliki angkatan perang sendiri - Hak untuk memiliki senjata - Hak untuk mengadakan perjanjian - Hak untuk mengumumkan perang.

17 Keadaan Indonesia pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal JAN PIETERSZOON COEN VOC memindahkan kantor dagangnya ke Jayakarta, dengan alasan : - Jayakarta merupakan tempat yang sangat strategis - VOC akan dengan mudah mengawasi gerak gerik Portugis di Malaka. -VOC mengganti Jayakarta menjadi BATAVIA.

18 Aturan Monopoli VOC : - Rakyat Maluku hanya boleh menanam rempah-rempah atas izin VOC - Luas wilayah perkebunan dibatasi oleh VOC - Harga jual ditentukan VOC - Tempat menanam rempah-rempah ditentukan VOC

19 Strategi VOC dalam mengendalikan Monopoli: - Hak Ekstirpasi yaitu hukuman bagi para pelanggar monopoli perdagangan. - Pelayaran Hongi yaitu Pelayaran bersenjata lengkap yang dilakukan VOC untuk mengawasi jalannya monopoli perdagangan.

20 1806, Napoleon mengangkat adiknya, Louis Napoleon sebagai raja Belanda. Perancis menguasai Belanda (berarti negeri ini menjadi daerah kekuasaan Belanda-Perancis) Perkembangan di Asia Tenggara, musuh utama Inggris penguasa Semenanjung Malaya.

21 1808, Herman William Daendles ditunjuk sebagai gubernur jenderal Indonesia Mempertahankan Pulau Jawa dari Inggris Usaha Daendles : – Membangun jalan pos dari Anyer sampai Panarukan – Melaksanakan sistem rodi untuk kepentingan pertahanan – Melaksanakan sistem perdaganagn budak – Menjalankan pemerintahan secara diktator

22 GAMBAR NAPOLEON BONAPARTE

23 Inggris mendirikan kongsi dagang EIC (East Indian Company) tahun , Louis Napolleon mencopot kedudukan Daendles diangkatlah Jenderal Janssens 3 Agustus 1811 Inggris muncul di Batavia dan tokohnya Thomas Stamford Raffles telah berhasil merebut seluruh wilayah kekuasaan Belanda di Indonesia. Inggris mengadakan Perjanjian London (convention London) dengan Belanda. Menerapkan pajak tanah (land rent) 19 Agustus 1816, penyerahan kekuasaan atas Indonesia dari Inggris kepada Belanda.

24 GAMBAR THOMAS STANFORD RAFFLES

25 GAMBAR BUNGA RAFLESIA ARNOLDI

26 Kekuasaan diambil alih Pemerintah Belanda Kebijakan politik liberal dan tugas berat menyelamatkan Belanda dari kebangkrutan adalah adanya kebijakan konservatif (penyelamatan) misalnya tanam paksa. Tokohnya Van den Bosch.

27 Latar Belakang Taman Paksa – Belanda terlilit utang LN – Belanda banyak mengeluarkan anggaran Tujuan – Untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya Aturan – Rakyat menyerahkan seperlima tanahnya untuk ditanami perdagangan (ekspor) – Tanah bebas pajak – Waktu mengerjakan tanaman tidak boleh melebihi waktu tanam padi – Jika ada kelebihan hasil diserahkan kepada rakyat – Kegagalan panen, bila bukan salah penggarap (bencana/hama) ditanggung pemerintah – Penduduk yang tidak punya tanah harus mengganti dengan bekerja diperkebunan pemerintah selama 66 hari.

28 Pelaksanaan – Dilakukan dengan aturan yang cukup berat, masih sering diselewengkan penguasa pribumi karena tingginya Cultuur Procenten (imbalan kepada penguasa lokal yang berhasil menyerahkan hasil bumi yang melebihi ketentuan) Akibat – Bagi rakyat Indonesia Tidak ada kesempatan untuk mengerjakan sawah ladang sendiri Warga desa banyak menjadi perampok – Bagi negara Belanda Mendatangkan keuntungan yang sangat besar

29 Politik etis Ratu Wihelmina menuangkan panggilan moral tersebut ke dalam kebijakan politik etis (politik balas budi), yang terangkum dalam program Trias Politika. 1.irigasi, 1.irigasi, yaitu membangun dan memperbaiki pengairan dan bendungan untuk pertanian, 2.emigrasi, 2.emigrasi, yaitu mengajak penduduk untuk transmigrasi, 3.edukasi 3.edukasi, yaitu memperluas bidang pengajaran dan pendidikan.

30 Tokoh yang menulis Max Havelaar adalah Douwes Dekker dengan nama samaran Multatuli.

31 Politik Sosial Ekonomi Kebudayaan Pengaruh budaya barat di lingkungan tradisional semakin meluas. Meninggalkan jejak-jejak peninggalan budaya seperti pengaruh kata-kata dalam bahasa Indonesia, kesenian, dan bangunan- bangunan kolonial yang mempunyai arsitektur khas Barat. Masuknya sistem ekonomi uang. Ekonomi uang memudahkan bagi pelaksanaan pemungutan pajak, peningkatan hasil bumi, lahirnya buruh upahan, masalah tanah dan penggarapannya. Sistem penyewaan tanah dan praktik kerja paksa. Kesejahteraan hidup semakin merosot.

32


Download ppt "PERKEMBENGAN KOLONIALISME & IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google