Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA Mengapa perlu mempelajari bab ini ? Dengan mempelajari bab ini kita dapat mengetahui apa tujuan bangsa-bangsa Eropa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA Mengapa perlu mempelajari bab ini ? Dengan mempelajari bab ini kita dapat mengetahui apa tujuan bangsa-bangsa Eropa."— Transcript presentasi:

1

2 KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA

3 Mengapa perlu mempelajari bab ini ? Dengan mempelajari bab ini kita dapat mengetahui apa tujuan bangsa-bangsa Eropa datang ke Indonesia!

4 KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA TUJUAN KEDATANGAN BANGSA EROPA KE NUSANTARA Meliputi Bartolomeo Diaz Alfonso d’ Albuquerque Vasco Dagama KEDATANGAN PORTUGIS KE NUSANTARA KEDATANGAN SPANYOL KE NUSANTARA KEDATANGAN INGGRIS KE NUSANTARA KEDATANGAN BELANDA KE NUSANTARA Christoporus Columbus Ferdinan Magellan Latar Belakang Cornelis de Houtman

5 TUJUAN KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA Gambar Lada, salah satu jenis rempah-rempah.

6 ► Menguasai rempah-rempah langsung dari sumbernya. ► Menguasai daerah strategis baik untuk perdagangan maupun militer. ► Mengeruk sebanyak mungkin sumber daya suatu wilayah. ► Turut campur dalam urusan politik suatu wilayah.

7 KEDATANGAN PORTUGIS KE NUSANTARA ► Bartolomeo Diaz  Gagal mencapai India.  Berhasil menemukan jalur baru ke Hindia Timur.  Menemukan Tanjung Harapan (Cape of Good Hope). ► Vasco da Gama  Pemimpin ekspedisi ke timur.  Menempuh jalur yang ditemukan Bartolomeo Diaz.  Sampai di Calixut Goa India.

8 ► Alfonso d’Albuquerque  Menguasai jalur perdagangan penting di Asia termasuk perdagangan rempah-rempah.  Malaka dijadikan batu loncatan untuk menguasai rempah-rempa di Maluku.  Tahun 1511 berhasil menguasai Maluku. Gambar Alfonso d’Albuquerque, penakluk Malak.

9 KEDATANGAN SPANYOL KE NUSANTARA ► Christoporus Colombus  Bermaksud mencapai Hindia Timur dari arah barat.  Setekah berlayar 2 bulan Colombus singgah di kepulauan Bahama, Karibia.  Colombus mengira ia telah sampai di Hindia dari arah barat.  Ia menamakan penduduk asli kawasan itu sebagai Indian.  Kekeliruan Colombus itu menghasilkan sebutan Hindia Barat untuk Amerika.

10 ►F►F►F►Ferdinand Magellan PPPPengalaman Colombus banyak dipelajari oleh Ferdinand Magellan. PPPPada tahun 1520 mereka sampai di Filipina dan mendirikan tugu peringatan dan menyatakan daerah itu menjadi milik raja Spanyol. PPPPada tahun 1521 dua kapal ekspedisi Spanyol sampai di Maluku. SSSSejak tahun 1534 tidak ada lagi ekspedisi Spanyol ke Nusantara berdasarkan perjanjian Tordesilas. KKKKawasan Indonesia hanya boleh dijajah oleh portugis.

11 KEDATANGAN INGGRIS KE NUSANTARA ► Sejak tahun 1600 EIC mendapat hak khusus dari pemerintah Inggris untuk menangani perdagangan di Asia. ► EIC memiliki hak penuh dalam monopoli perdagangan di Aisa. ► EIC mengadakan hubungan dengan beberapa tempat di Nusantara, seperti :  Aceh  Jayakarta  Banjar  Gowa  Maluku

12 ► EIC terdesak oleh Belanda akhirnya menyingkir. ► Walapun terdesak dari Nusantara EIC berhasil menanamkan pengaruhnya dalam perdagangan di Asia. ► Pada tahun 1612 EIC dapat mengusir Portugis dari India. ► EIC mendirikan kota-kota dagang di India, seperti:  Madras  Calcuta  Bombay

13 Gambar armada kapal dagang EIC dari Inggris. Armada yang tampak pada gambar bernama Indiamen.

14 KEDATANGAN BELANDA KE INDONESIA ► Latar Belakang  Meletusnya perang selama 80 tahun antara Belanda dengan Spanyol ( ).  Adanya petunjuk jalan ke Indonesia dari Jan Huygen van Linscoten. ► Cornelis de Houtman  Pada tahun 1595 memimpin 4 buah kapal untuk mencari jalan ke Nusantara.  Pada tahun 1596 sampai di pelabuhan Banten.  Walaupun gagal mencapai Maluku ia berhasil membuka jalan bagi ekspedisi berikutnya.  Merintis pengaruh Belanda di Indonesia.

15 Gambar ekspedisi Cornelis de Houtman tiba di Banten, 22 Juni setibanya di tempat itu, de Houtman memerintahkan peniup terompet melagukan Wilhelmus, lagu kebangsaan Belanda.


Download ppt "KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA Mengapa perlu mempelajari bab ini ? Dengan mempelajari bab ini kita dapat mengetahui apa tujuan bangsa-bangsa Eropa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google