Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH PENEMUAN BENUA AUSTRALIA PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH PENEMUAN BENUA AUSTRALIA PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH."— Transcript presentasi:

1 PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH PENEMUAN BENUA AUSTRALIA PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH PENEMUAN BENUA AUSTRALIA Tujuan awal kedatangan orang orang eropa : 1. Sampai akhir abad 15 mereka masih berbeda pendapat tentang bentuk bumi. Dalam perbedaan pendapat ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu : - Bumi berbentuk bulat dan terbagi menjadi dua secara seimbang antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Tokoh terkenal : Ptolemy,Pomponius Mela - - bumi berbentuk rata seperti tikar. Pemdapat ini berasal dari tokoh tokoh ahli agama. Tokoh terkenal : Lactantius, santa Agustinus, dan Cosmas Indicopleustes

2 Peta dunia yang pernah terbit di eropa, daerah yg seharusnya ditempati oleh australia digambarkan sebagai lautan terbuka.

3 1. Peta Robert Thorne th 1527

4 2. Peta yang diterbitkan di paris th 1587

5 3. Peta yang terbit di Amsterdam th 1594

6 4. Peta Hondius th 1595

7 Fakta fakta sejarah Perdagangan Pedagang pedagang eropa bersaing untuk memperoleh keuntungan dari perdagangan sutera, rempah rempah, emas, permata, dan gula serta barang barang lain yang dihasilkan oleh dunia timur. Sesudah tahun 1453, pelaut pelaut portugis mencari jalan ke sumber barang barang dagangan tersebut. Dengan demikian maka garis pelayaran eropa Tanjung pengharapan baik-pantai timur afrika sampai ke ormuz-india-malaka-maluku dengan demikian maka bangsa portugis sebenarnya telah membuka jalan bagi penemuan benua australia oleh orang orang eropa.

8 Pelaut portugis  Christoper colombus, seorang orang genoa yang bekerja pada dinas spanyol mengusulkan untuk berlayar terus ke arah barat  Magellan Orang eropa yang peryama melewati jung selatan benua amerika lalu memasuki samudar pasifik, dan dia pulalah yang memberi nama kepada samudra itu dengan menyebutnya marno pasifico (Hughes, 1986, hlm 44)  Del cano Rombongan yang pertama kali berhasil membuktikan bahwa dunia berbentuk bulat.

9 Pelaut spanyol  Alfaro de Mendana Th 1567, berhasil menemukan pulau solomon. Yang dia berpendapat bahwa menduduki pulau Solomon akan mendatangkan keuntungan bagi bangsa spanyol. Dalam ekspedisi kedua dia menemukan kepulauan Marquesas Pedro Fernandez de Quiros Berpendapat bahwa menemukan daratan selatan itu akan mendatangkan keuntungan bagi spanyol. Selanjutnya dia ditunjuk untuk melakukan ekspedisi.  Torres Torres merupakan anak buah de Quiros yang melanjutkan perjalanan. Torres berlayar terus dan memasuki perairan di sebelah selatan irian. Tidak ada bukti bahwa torres melihat daratan australia, namun namanya diabadikan pada nama selat yang memisahkan australia dengan irian yaitu selat Torres

10 PELAYARAN ORANG ORANG BELANDA Sebab sebab kedatangan orang belanda ke dunia timur sebagai penjelajah, pedagang dan penjajah pada akhir abad 16. hal ini bermula dengan adanya penutupan lisabon, maka orang orang belanda mencari jalan sendiri untuk ke dunia timur atau indonesia. Pelaut belanda yang terkenal Cornelis de Houtman dan John Linschoten. Keberhasilan pelaut pelaut belanda sampai ke indonesia juga merupakan langah ke arah penemuan australia. Kapal belanda yang pertama sekali mengunjungi pantai australia adalah Duyfken. Dibawah pimpinan William Jansz. William memotong selat torres hingga suatu saat sampai di pantai barat semenanjung York. Tempat yang disinggahinya itu dia sebut dengan nama tanjung keerweer yang berarti kembali lagi. Dia kembali dari sana dengan keyakinan bahwa pantai selatan irian menyatu dengan daratan yang sekarang dikenal dengan nama semenanjung york.


Download ppt "PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH PENEMUAN BENUA AUSTRALIA PELAYARAN PELAYARAN BANGSA PORTUGIS DAN BANGSA SPANYOL KE ARAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google