Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEUANGAN: 1. SEMUA YANG BERNILAI UANG ( SURAT BERHARGA, PIUTANG, TABUNGAN DLL ) 2. URUSAN MENGENAI UANG ( KURS MATA UANG, KREDIT, PEMBUKUAN DLL )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEUANGAN: 1. SEMUA YANG BERNILAI UANG ( SURAT BERHARGA, PIUTANG, TABUNGAN DLL ) 2. URUSAN MENGENAI UANG ( KURS MATA UANG, KREDIT, PEMBUKUAN DLL )"— Transcript presentasi:

1

2 KEUANGAN: 1. SEMUA YANG BERNILAI UANG ( SURAT BERHARGA, PIUTANG, TABUNGAN DLL ) 2. URUSAN MENGENAI UANG ( KURS MATA UANG, KREDIT, PEMBUKUAN DLL )

3 LEMBAGA KEUANGAN ADALAH BADAN USAHA YANG MEMILIKI KEKAYAAN DALAM BENTUK ASET KEUANGAN (MAYORITAS), DIMANA KEKAYAAN ASET INI DIPERGUNAKAN UNTUK MENJALANKAN USAHA DI BIDANG JASA KEUANGAN (PEMBIAYAAN DAN NONPEMBIAYAAN)

4 KLASIFIKASI LEMBAGA KEUANGAN (DAHLAN SIAMAT) LEMBAGA KEUANGAN LEMBAGA KEUANGAN BANK / DEPOSITORY LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK / NON DEPOSITORY BERSIFAT KONTRAKTUIL BERSIFAT INVESTASI LKBB LAINNYA

5 FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PENINGKATAN PERAN LEMBAGA KEUANGAN: PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INDUSTRI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INDUSTRI KEBUTUHAN VARIASI SATUAN NILAI (DENOMINASI) INSTRUMEN KEUANGAN KEBUTUHAN VARIASI SATUAN NILAI (DENOMINASI) INSTRUMEN KEUANGAN TINGGINYA BIAYA PRODUKSI DAN DISTRIBUSI JASA KEUANGAN TINGGINYA BIAYA PRODUKSI DAN DISTRIBUSI JASA KEUANGAN BEBAN BIAYA LIKUIDITAS ARUS KAS YANG TIDAK PASTI BEBAN BIAYA LIKUIDITAS ARUS KAS YANG TIDAK PASTI KEUNTUNGAN JANGKA PANJANG PADA LEMBAGA KEUANGAN KEUNTUNGAN JANGKA PANJANG PADA LEMBAGA KEUANGAN RISIKO YANG LEBIH KECIL RISIKO YANG LEBIH KECIL SIFAT INVENSTOR/MANAGER KEUANGAN SIFAT INVENSTOR/MANAGER KEUANGAN DLL DLL

6 PERBANKAN MEMPUNYAI PERANAN YANG STRATEGIS DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL PERBANKAN MEMPUNYAI PERANAN YANG STRATEGIS DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL - SEBAGAI LEMBAGA INTERMEDIASI. - SEBAGAI TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER - DALAM LALU LINTAS SISTEM PEMBAYARAN. BANK BEROPERASI ATAS DASAR KEPERCAYAAN BANK BEROPERASI ATAS DASAR KEPERCAYAAN - MODAL BANK SEBAGIAN BESAR DARI DANA MASYARAKAT. KEWAJIBAN BANK UNTUK BEROPERASI SECARA SEHAT AGAR DAPAT MENJALANKAN FUNGSI DAN PERANNYA KEWAJIBAN BANK UNTUK BEROPERASI SECARA SEHAT AGAR DAPAT MENJALANKAN FUNGSI DAN PERANNYA - MENERAPKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN (PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLE) PERAN PERBANKAN

7 DIKEBUTUHAN REGULASI YANG MENDUKUNG DAN SELARAS DENGAN PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL ( HIGH REGULATED INDUSTRIES ) : DIKEBUTUHAN REGULASI YANG MENDUKUNG DAN SELARAS DENGAN PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL ( HIGH REGULATED INDUSTRIES ) : MEMPERKUAT KELEMBAGAAN: KEPEMILIKAN ASING, FIT & PROPER TEST, PERMODALAN, DLL. MEMPERKUAT KELEMBAGAAN: KEPEMILIKAN ASING, FIT & PROPER TEST, PERMODALAN, DLL. MEMPERLUAS JANGKAUAN PELAYANAN: BPR, BANK BERDASARKAN PRINSIP SYARI’AH MEMPERLUAS JANGKAUAN PELAYANAN: BPR, BANK BERDASARKAN PRINSIP SYARI’AH MELAKSANAKAN PRUDENT BANKING: KETENTUAN MENGENAI PRINSIP KEHATI-HATIAN DAN OTONOMI PENGAWASAN BANK. MELAKSANAKAN PRUDENT BANKING: KETENTUAN MENGENAI PRINSIP KEHATI-HATIAN DAN OTONOMI PENGAWASAN BANK. PENTINGNYA HUKUM PERBANKAN

8 TIGA PILAR PENCAPAIAN SISTEM KEUANGAN KEBIJAKAN MONETER DGN PRINSIP KEHATI-HATIAN; KEBIJAKAN MONETER DGN PRINSIP KEHATI-HATIAN; SISTEM PEMBAYARAN YANG CEPAT, TEPAT DAN AMAN; SISTEM PEMBAYARAN YANG CEPAT, TEPAT DAN AMAN; SISTEM PERBANKAN DAN KEUANGAN YANG SEHAT DAN EFISIEN. SISTEM PERBANKAN DAN KEUANGAN YANG SEHAT DAN EFISIEN.


Download ppt "KEUANGAN: 1. SEMUA YANG BERNILAI UANG ( SURAT BERHARGA, PIUTANG, TABUNGAN DLL ) 2. URUSAN MENGENAI UANG ( KURS MATA UANG, KREDIT, PEMBUKUAN DLL )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google