Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AKUNTANSI KELAS XI IPS oleh : Dra.Hj. Poppie Komarawati M.Pd. KOMPETENSI DASAR : 5.2 Menafsirkan Persamaan Akuntansi INDIKATOR : Mendeskripsikan pengaruh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AKUNTANSI KELAS XI IPS oleh : Dra.Hj. Poppie Komarawati M.Pd. KOMPETENSI DASAR : 5.2 Menafsirkan Persamaan Akuntansi INDIKATOR : Mendeskripsikan pengaruh."— Transcript presentasi:

1 AKUNTANSI KELAS XI IPS oleh : Dra.Hj. Poppie Komarawati M.Pd. KOMPETENSI DASAR : 5.2 Menafsirkan Persamaan Akuntansi INDIKATOR : Mendeskripsikan pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi.

2 a. Struktur dasar akuntansi 1.Pengertian transaksi keuangan. 2. Konsep Dasar Akuntansi 3. Penggolongan akun

3 1.Pengertian Transaksi Keuangan Transaksi keuangan adalah suatu peristiwa ekonomi yang memengaruhi sektor keuangan suatu perusahaan. Peristiwa ini akan memengaruhi susunan perubahan harta, utang atau modal. Transaksi keuangan dibedakan menjadi dua bagian yaitu : menurut pihak yang melakukan dan menurut sumber.

4 Menurut pihak yang melakukan 1.Transaksi intern adalah peristiwa ekonomi yang terjadi didalam lingkup perusahaan tanpa melibatkan pihak luar. Misalnya : penetapan biaya produksi, penetapan pemakaian perlengkapan dan penetapan piutang tak tertagih. 2.Transaksi ekstern adalah peristiwa ekonomi yang dilakukan perusahaan dengan pihak luar. Misalnya : pembelian peralatan dan pembayaran utang.

5 MENURUT sUMBER 1.Transaksi modal adalah transaksi yang memengaruhi perubahan modal perusahaan. Misalnya setoran modal dan pengambilan pribadi (prive) 2.Transaksi usaha adalah transaksi yang terjadi berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan, misalnya : pembelian barang, perlengkapan dan peralatan.

6 2. Konsep dasar akuntansi Konsep dasar akuntansi merupakan landasan pencatatan transaksi yang berlaku umum sehingga dapat disajikan informasi keuangan yang sistematis bagi fihak yang membutuhkannya.

7 Konsep dasar tersebut adalah sebagai berikut : a. Konsep kesatuan usaha (Business Entity) b. Kesinambungan (Going Concern) c. Asas Pemadanan d. Harga perolehan e. Penetapan Beban dan Pendapatan (Matching Concept)

8 3. Penggolongan akun Akun dibagi dalam dua bagian ; 1.Aklun riil : merupakan jenis akun yang tertulis dalam neraca seperti harta, utang dan modal. 2.Akun nominal : yaitu akun yang tercatat di laporan laba/rugi seperti beban dan pendapatan.

9 a. Akun harta Harta (aktiva) merupakan sumberdaya ekonomi yang dimiliki perusahaan untuk melaksanakan kegiatan usaha sekarang dan yang akan datang. Harta dibedakan menjadi : 1.Harta lancar 2.Harta tetap 3.Harta tidak berwujud 4.Investasi jangka panjang.

10 b. Akun utang Utang (Kewajiban) merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membiayai kegiatan usaha perusahaan. Utang dibagi menjadi : 1.Utang lancar 2.Utang jangka panjang.

11 C. Akun modal Modal merupakan kekayan dari pemilik atas sebagian harta perusahaan. Pencatatan modal pada akuntansi diikuti dengan nama pemilik modal.

12 d. Akun pendapatan Pendapatan merupakan hasil yang diperoleh perusahaan atas kegiatan usahanya. Pendapatan dibedakan menjadi 1.Pendapatan usaha dan 2.Pendapatan diluar usaha.

13 e. Akun beban Beban merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan karena menjalankan kegiatan usaha. Beban dibedakan menjadi : 1.Beban Usaha 2.Beban diluar usaha.


Download ppt "AKUNTANSI KELAS XI IPS oleh : Dra.Hj. Poppie Komarawati M.Pd. KOMPETENSI DASAR : 5.2 Menafsirkan Persamaan Akuntansi INDIKATOR : Mendeskripsikan pengaruh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google