Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh Rina Oktaviani. PhD. Outline Konsumsi. Bagaimana keputusan konsumsi tidak hanya tergantung pada pendapatan saat ini, tapi juga pendapatan pada masa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh Rina Oktaviani. PhD. Outline Konsumsi. Bagaimana keputusan konsumsi tidak hanya tergantung pada pendapatan saat ini, tapi juga pendapatan pada masa."— Transcript presentasi:

1 Oleh Rina Oktaviani. PhD

2 Outline Konsumsi. Bagaimana keputusan konsumsi tidak hanya tergantung pada pendapatan saat ini, tapi juga pendapatan pada masa yad dan kesejahteraan finansial Investasi. Bagaimana keputusan invesasi tergantung pada keutungan saat ini dan masa yad, dan pada tingkat suku bunga saat ini dan masa yad. Pergerakan konsumsi dan investasi sepanjang waktu, dan interpretasinya

3 1. Konsumsi Bagaimana memutuskan berapa bagian untuk konsumsi dan tabungan? Teori konsumsi: Permanent income theory of consumption (Modigliani) Live cycle income theory of consumption (Friedman) Behaviour agregate consumption  reaserch: Share konsumsi thd GDP yang besar Ketersediaan data hh survey

4 1. Konsumsi The Very Foresighted Consumer theory Bagaimana memutuskan besarnya konsumsi? Prosesnya dilakukan dengan 2 tahap, yaitu: 1. Menambah nilai stock dan obligasi yang dimiliki, jumlah tabungan, nilai rumah yang dikurangi dengan kredit berjalan. Dengan kata lain, peningkatan kesejahteraan finansial dan nilai rumah dan harta benda lainnya  non human wealth Mengestimasi pendapatan setelah pajak selama masa kerja dan menghitung PV nya  human wealth

5 2. Mengestimasi Kekayaan total (human wealth + non human wealth)  memutuskan bagaimana membelanjakan kekayaannya. Asumsi yang rasional adalah dengan membelanjakan proporsi kekayaannya untuk menjaga tingkat konsumsi yang sama setiap tahun selama hidupnya. Jika tingkat konsumsi > pendapatan, maka konsumsi akan dipenuhi dengan melakukan pinjaman. Namun jika konsumsi < pendapatan, maka sisanya disimpan.

6 Keputusan konsumsi dapat di rumuskan sebagai berikut: C t adalah konsumsi pada tahun t, dan (total wealth t ) adalah non human wealth (keuangan dan harta benda) dan human wealth pada tahun t (ekspektasi nilai sekarang dari tahun t, pendapatan pekerja setelah pajak pada waktu sekarang dan yang akan datang)

7 Untuk memperoleh dampak langsung dari pendapatan sekarang terhadap konsumsi dapat dihitung dengan: Dengan kata lain, konsumsi merupakan peningkatan fungsi total kekayaan dan juga peningkatan fungsi pendapatan pekerja setelah pajak. Kekayaan total adalah jumlah non human wealth –keuangan dan harta benda- dengan human wealth –nilai pendapatan pekerja setelah pajak di masa depan.

8 Current Income, Expectation, and consumption Ekspektasi mempengaruhi konsumsi dengan 2 cara, yaitu: 1. Ekspektasi mempengaruhi konsumsi secara langsung dari human wealth. Untuk menghitungnya, konsumen harus melakukan ekspektasi terhadap pendapatan pekerja di masa depan, suku bunga rill, dan pajak.

9 2. Ekspektasi mempengaruhi konsumsi secara tidak langsung dari non human wealth – stock, obligasi dan rumah-. Konsumen tidak perlu menghitung dan dapat mengetahui nilai dari setiap aset yang ada.

10 Bagaimana pengaruh ekspektasi output yang tinggi di masa depan terhadap konsumsi sekarang? Ekspektasi output masa depan, ekspektasi pendapatan pekerja dimasa depan, human wealth, konsumsi sekarang. Ekspektasi output masa depan, ekspektasi deviden masa depan, harga stock, non human wealth, dan konsumsi sekarang.

11 Ketergantungan konsumsi terhadap ekspektasi dapat menyebabkan 2 implikasi hubungan antara konsumsi dan pendapatan Respon konsumsi kurang dari satu untuk satu satuan fluktuasi dari pendapatan sekarang. Konsumsi dapat berubah sekalipun pendapatan sekarang tidak berubah.

12 2. Investasi Investasi dan ekspektasi keuntungan. Investasi dapat berupa pembelian mesin baru, pembangunan pabrik atau merenovasi kantor dan lain-lain. Investasi dipengaruhi oleh: 1. Depresiasi 2. Present Value dari ekspektasi keuntungan 3. Keputusan Investasi

13 Depresiasi Untuk menghitung present value dari ekspektasi keuntungan, perusahaan harus mengestimasi nilai guna mesin terlebih dahulu.

14 Present Value dari ekspektasi keuntungan perusahaan harus menghitung besarnya present value dari ekspektasi keuntungan. Ekpektasi present value adalah nilai discount dari ekspektasi keuntungan tahun depan di tambah dengan nilai discount dari ekspektasi keuntungan dua tahun ke depan (dengan memperhitungkan depresiasi mesin), dan seterusnya… Dapat dirumuskan sebagai berikut:

15 Keputusan Investasi Jika present value lebih kecil dari 1, maka perusahaan tidak disarankan untuk membeli mesin. Jika tetap dilakukan, kama perusahaan akan membayar lebih tinggi daripada pengembalian ekspektasi keuntungan nantinya. Jika present value lebih dari 1, maka perusahaan mendapatkan insetif untuk membeli mesin baru. Present Value ekspektasi keuntungan tahun t tahun t+1tahun t+2

16 Investasi yang positif tergantung pada ekspektasi present value keuntungan masa depan (per unit modal). Keuntungan ekspektasi dan sekarang yang tinggi meningkatan ekspektasi present value dan tingkat investasi. Tingkat suku bunga ekspektasi dan sekarang yang tinggi, ekspektasi present value yang rendah mengakibatkan penurunan tingkat investasi.

17 A Convenient Special Case Jika perusahaan mengekspektasikan kedua keuntungan (per unit modal) dan suku bunga masa depan tetap pada tingkat yang sama seperti sekarang, maka: dan

18 Berdasarkan persamaan 16.3 maka dapat menjadi : dan Investasi tergantung pada rasio keuntungan dan biaya investasi. Tingkat keuntungan yang tinggi, meningkatkan tingkat investasi. Kenaikan tingkat suku bunga rill, meningkatkan biaya investasi dan menurunkan tingkat investasi.

19 Current Versus Expected Profit Investasi harus foward looking dan tergantung pada expected future profit Investasi diukur dari rasio fixed nonresidential investment terhadap fixed nonresidential capital stock. Untuk memperoleh investasi yang baik, maka persamaan investasi yang lebih baik adalah: (+, +) Artinya, investasi dipengaruhi oleh ekspektasi present value keuntungan dan tingkat keuntungan saat ini.

20 Profit and Sales keuntungan dipengaruhi oleh tingkat penjualan dan ketersediaan capital stock. Dapat dirumuskan sbb: (+) Y adalah output pada tahun t dan K adalah capital stock pada tahun t. Keuntungan dari tiap modal akan meningkatkan rasio penjualan pada capital stock. Peningkatan ekspektasi output meningkatkan ekspektasi keuntungan dan investasi saat ini.

21 The Volatility of Consumption and Investment Persamaan antara consumption and investment behaviour: Perubahan yang tetap atau berubah dari Pendapatan konsumen akan mempengaruhi keputusan konsumsi Perubahan yang tetap atau sementara dari penjualan akan mempengaruhi keputusan investasi

22 Perbedaan penting antara keputusan konsumsi dengan keputusan investasi: 1. Teori konsumsi: Jika terdapat peningkatan pendapatan yang permanen, konsumen akan meningkatkan konsumsi dalam jumlah yang paling tinggi sama dengan peningkatan pendapatan. 2. Teori investasi: Jika perusahaan percaya bahwa peningkatan penjualan permanen, maka PV ecpected profit meningkat dan investasi meningkat. Peningkatan investasi mungkin lebih besar dari peningkatan penjualan

23 Perbedaan ini mengakibatkan Investasi memiliki tingkat ketidakstabilan yang lebih tinggi daripada konsumsi.  konsumsi dan investasi biasanya bergerak bersamaan, namun keduanya tergantung pada keputusan investasi dan konsumsi.  pergerakan investasi lebih besar daripada pergerakan konsumsi. Investasi bergerak sebesar persen, sedangkan konsumsi sebesar 3-4 persen.  tingkat investasi biasanya lebih kecil daripada tingkat konsumsi. Perubahan investasi tahun pertama ke tahun selanjutnya hampir sama dengan perubahan konsumsi. Kedua komponen tersebut berkontribusi hampir sama dengan fluktuasi output sepanjang waktu.

24 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "Oleh Rina Oktaviani. PhD. Outline Konsumsi. Bagaimana keputusan konsumsi tidak hanya tergantung pada pendapatan saat ini, tapi juga pendapatan pada masa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google