Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 1 LUCAS YOGA P.(105030201111077) MUHAMMAD FADLY(105030201111074) FAHMI HAMDANI(105030200111101) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA “ PELUANG YANG SAMA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 1 LUCAS YOGA P.(105030201111077) MUHAMMAD FADLY(105030201111074) FAHMI HAMDANI(105030200111101) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA “ PELUANG YANG SAMA."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 1 LUCAS YOGA P.( ) MUHAMMAD FADLY( ) FAHMI HAMDANI( ) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA “ PELUANG YANG SAMA DAN HUKUM ”

2 EEO Merupakan Bagian Dari Perundang – Undangan Equal Employment Opportunity (EEO) adalah perlakuan terhadap individu dalam segala aspek ketenaga kerjaan seperti perekrutan, promosi, pelatihan dan lain – lain dalam cara yang adil dan tidak melihat latar belakang.

3 Mendeskripsikan garis besar hukum utama yang mempengaruhi kesempatan Kerja yang sama  Kompleksitas hukum  Strategi bertentangan dengan keadilan ketenagakerjaan  Konsekuensi yang tidak diinginkan  Hukum Persamaan Kesempatan Ketenagakerjaan

4 Pembelaan terhadap tuduhan diskriminasi Ada empat pertahanan dasar bahwa sebuah perusahaan dapat menggunakan:  Job keterkaitan Bona fide kualifikasi pekerjaan (BFOQ)  Senioritas o Business kebutuhan  Title VII dan kehamilan

5 diskriminatif praktek manajemen personalia  Praktik-praktik Diskriminatif Personalia dalam Perekrutan 1. Informasi lowongan yang disebarkan secara “lisan” atau menyesatkan warga kelompok minoritas 2. Iklan lowongan yang ditujukan kepada jenis kelamin tertentu atau menyiratkan diskriminasi terhadap kelompok usia tahun  Praktik-praktik Diskriminatif Personalia dalam Seleksi (1) 1. Persyaratan yang (1) terbukti mengecilkan kesempatan bagi warga kelompok minoritas dan (2) tidak berkaitan dengan pekerjaan 2. Tes saringan bagi warga kelompok minoritas dan kaum wanita secara tidak proporsional dan tidak berkaitan dengan pekerjaan 3. Tes standar yang tak berkaitan dengan pekerjaan atau mendiskriminasi kelompok terlindung  Praktik-praktik Diskriminatif Personalia dalam Seleksi (2) 1. Preferensi kepada keluarga pegawai, jika sebagian besar pegawainya adalah non- minoritas, serta syarat karakteristik yang terbukti tidak diperlukan dalam pekerjaan 2. Pendiskualifikasian jabatan karena catatan tahanan dan pemecatan karena pemotongan gaji untuk membayar bunga pinjaman

6 dampak negatif diskriminasi Efek pada korban diskriminasi dapat menyebabkan kekerasan atau pelecehan di tempat kerja. Diskriminasi dapat memiliki efek merusak psikologis pada karyawan, yang mengakibatkan gangguan marabahaya. Efek diskriminasi dapat mengubah suasana negatif dan mempengaruhi produktivitas dan komunikasi karyawan di tempat kerja.

7 Cara menghindari masalah diskriminasi kerja Langkah-langkah pencegahan harus dilembagakan dalam setiap perusahaan untuk menghindari diskriminasi. Keanekaragaman kesadaran harus dilaksanakan serta self-audit dan upaya kepatuhan. Panduan harus diintegrasikan ke dalam bisnis dan mencakup kebijakan tanpa toleransi untuk perilaku diskriminatif atau pembalasan. manual tertulis harus didistribusikan kepada seluruh karyawan.

8 Kesimpulan Lingkungan hukum sangat mempenga- ruhi MSDM dalam memberikan peluang pekerjaan yang sama tanpa melihat latar belakang orang secara diskriminatif sehingga dapat memberikan kesempat-an yang sangat luas dan sebagai dampaknya perusahaan memperoleh keunggulan bersaing Undang-undang tentang peluang pekerjaan yang sama dan keselamatan, mempunyai dampak yang sangat kuat terhadap fungsi MSDM. MSDM berkaitan dengan manajemen orang, dan pemerintah berkaitan dengan perlindungan terhadap para individu. Oleh karena itu, salah satu tantangan MSDM yang utama adalah menjalankan fungsinya dalam berbagai batasan hukum yang dibebankan oleh pemerintah.


Download ppt "KELOMPOK 1 LUCAS YOGA P.(105030201111077) MUHAMMAD FADLY(105030201111074) FAHMI HAMDANI(105030200111101) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA “ PELUANG YANG SAMA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google