Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 SEJARAH UANG  DEFINISI UANG KRITERIA UANG FUNGSI UANG JENIS UANG   

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " SEJARAH UANG  DEFINISI UANG KRITERIA UANG FUNGSI UANG JENIS UANG   "— Transcript presentasi:

1

2  SEJARAH UANG  DEFINISI UANG KRITERIA UANG FUNGSI UANG JENIS UANG   

3 NOMADEN LADANG BERPINDAH BARTER UANG BARANG (COMODITY MONEY) UANG LOGAM (METALIC MONEY) UANG KERTAS & UANG LOGAM FULL BODIED MONEY REPRESENTATIVE FULL BODIED MONEY

4 Menurut R.S. Sayers dalam bukunya “Modern Banking” mengatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayar hutang. A.C. Pigou dalam bukunya “The veil of money” menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan alat tukar. D.H. Robertson, dalam bukunya “Money” menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang.

5 Uang sebagai alat tukar (Medium of Exchange) Dengan adanya uang untuk kegiatan tukar menukar akan jauh lebih mudah dilakukan bila dibandingkan dengan kegiatan perdagangan secara barter. Uang sebagai alat pengukur nilai ( Standart of Value ) Fungsi uang sebagai pengukur nilai, untuk menunjukkan nilai barang dan jasa yang dijual atau dibeli. Besar kecilnya nilai yg dijadikan sebagai satuan hitung dalam menentukan harga brg dan jasa secara mudah. Uang sebagai penimbun kekayaan ( Store of Value ) penggunaan uang memungkinkan kekayaan seseorang disimpan dalam bentuk uang. Jadi nilai kekayaan dapat diukur dengan menggunakan satuan nilai uang.

6 Emas, perak, dan perunggu Uang kartal (Currencies) Uang Giral (Deposit Money) DITINJAU DARI NILAINYA : Full Bodied Money (bernilai penuh) artinya nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya. Representative Full Bodied Money, artinya nilai nominalnya lebih besar dari nilai intrinsiknya.


Download ppt " SEJARAH UANG  DEFINISI UANG KRITERIA UANG FUNGSI UANG JENIS UANG   "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google