Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN. Sejarah Perkembangan Uang I BARANG BARANG II BARANG UANG  ----  BARANG III BARANG UANG BARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN. Sejarah Perkembangan Uang I BARANG BARANG II BARANG UANG  ----  BARANG III BARANG UANG BARANG."— Transcript presentasi:

1 UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN

2 Sejarah Perkembangan Uang I BARANG BARANG II BARANG UANG  ----  BARANG III BARANG UANG BARANG

3 Sejarah Perkembangan Uang I BARANG BARANG II BARANG UANG BARANG BARANG III BARANG UANG BARANG

4 CONTOH BARTER

5 KESULITAN BARTER 1.sulit menentukan nilai tukar barang, 2.sulit menyesuaikan keinginan dari kedua belah pihak, 3.sulit menyesuaikan jumlah barang yang dibutuhkan dengan barang yang tersedia, 4.waktu yang diperlukan untuk mendapatkan barang yang diinginkan terkadang lama, sehingga sulit menentukan kapan barang akan diperoleh.

6 UANG BARANG Contoh Uang Barang 1.kulit kerang 2.mutiara 3.bulu unggas 4.tembaga 5.gading 6.garam 7.tembakau

7 Kesulitan uang barang 1.Sukar disimpan 2.Sukar dibawa 3.Belum mempunyai pecahan/sulit dipecah 4.tidak tahan lama bahkan mudah hancur 5.nilainya tidak tetap

8 Emas dan perak Keunggulan emas dan perak 1.logam mulia tidak berkarat 2.emas dan perak mudah diterima masyarakat 3.tahan lama dan tidak mudah rusak 4.dapat dibagi menjadi bagian yang kecil tanpa mengurangi nilainya.

9 Pengertian Uang Uang adalah setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Tujuan diciptakan uang adalah untuk memperlancar kegiatan tukar menukar dan perdagangan.

10 SYARAT-SYARAT UANG 1.Diterima oleh umum. 2.Mempunyai nilai yang stabil dari waktu ke waktu. 3.Mudah dibawa dan disimpan. 4.Tahan lama. 5.Mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai. 6.Jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta tidak mudah dipalsukan.

11 Fungsi Uang Sebagai alat tukar Fungsi Asli Fungsi Turunan Sebagai satuan hitung Sebagai alat penimbun kekayaan Sebagai alat pembayaran Sebagai alat penunjuk harga Sebagai alat pemindah kekayaan Sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi

12 Alat tukar

13 Rp ,- Rp ,- Rp ,- Satuan hitung

14 Alat pembayaran

15 Penimbun kekayaan

16 Pemindah kekayaan Jakarta Purworejo

17 Penunjuk harga Rp ,- Rp ,- Rp

18 Pendorong kegiatan ekonomi Contoh : Pedagang berjualan di pasar

19 NILAI UANG 1.Nilai nominal 2.Nilai intrinsik 3.Nilai riil/nyata/ internal/ daya beli 4. Nilai eksternal

20 Nilai nominal

21 Nilai intrinsik logam kertas

22 Nilai riil/internal/daya beli

23 Nilai eksternal

24 Jenis uang 1.Bahan : kertas dan logam 2.Lembaga: uang kartal dan uang giral 3.Nilainya : Uang bernilai penuh (full bodied money) dan Uang tanda (token money) 4.Kawasannya: Uang lokal, Uang regional dan Uang internasional

25 Uang kertas dan logam

26 UANG KARTAL DAN UANG GIRAL uang kartal uang giral

27

28

29 Uang bernilai penuh (full bodied money) Nilai nominal = nilai intrinsik

30 Uang tanda (token money) Nilai nominal > nilai intrinsik

31 Rupiah Yen Ringgit Contoh uang lokal

32 Uang Euro Mata uang bersama Eropa

33 Uang Internasional

34 Motif Seseorang Membutuhkan Uang 1.Motif Transaksi ( jual beli, pembayaran utang, penjaminan, gadai, pembayaran lain-lain) 2.Motif Berjaga-jaga ( tabungan, pembelian barang tahan lama/awet, investasi) 3.Motif Spekulasi ( berdagang, asuransi, dll)

35 Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jumlah Uang yang Beredar 1.Pendapatan Masyarakat 2.Jumlah Penduduk 3.Tingkat Suku Bunga 4.Harga Barang 5.Selera Masyarakat

36 Kebijaksanaan Bank Indonesia Mengendalikan Jumlah Uang yang Beredar 1.Operasi Pasar Terbuka : Kebijakan ini dilakukan dengan cara men jual Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau membeli surat berharga di pasar modal. 2.Kebijakan diskonto : kebijakan bank sentral dalam rangka mengatur jumlah uang yang beredar dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga. 3.Kebijakan rasio kas : kebijakan bank sentral dengan cara membuat perubahan atas cadangan minimum yang harus disimpan oleh bank-bank.

37 Lembaga Keuangan Bank

38 Jawablah soal berikut ! 1.Tuliskan 3 perbedaan antara uang kertas dan uang logam. 2.Apakah yang disebut dengan barter itu? 3.Identifikasikan sedikitnya 3 syarat suatu benda dapat dijadikan uang. 4.Identifikasikan sedikitnya 4 fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan) dengan contohnya. 5.Sebenarnya uang yang beredar di Indonesia itu milik siapa?

39 1 US$ = Rp € = 1,1 US$ 1 € = Rp …..


Download ppt "UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN. Sejarah Perkembangan Uang I BARANG BARANG II BARANG UANG  ----  BARANG III BARANG UANG BARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google