Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEGIATAN AWAL TUJUAN KEGIATAN KEGIATAN INTI KEGIATAN AKHIR KOMPETENSI PERTANYAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEGIATAN AWAL TUJUAN KEGIATAN KEGIATAN INTI KEGIATAN AKHIR KOMPETENSI PERTANYAAN."— Transcript presentasi:

1

2 KEGIATAN AWAL TUJUAN KEGIATAN KEGIATAN INTI KEGIATAN AKHIR KOMPETENSI PERTANYAAN

3 Kegiatan Awal (15’) 1.Menjelaskan tujuan kegiatan. 2.Menggali informasi tentang pengetahuan awal peserta mengenai SKL, SK, KD, dan Materi Sulit

4 1.Guru mampu menerapkan pemahaman tentang SKL, SK, KD, dan materi esensial dalam perencanaan pembelajaran. 2.Guru mampu menerapkan pemahaman tentang SKL, SK, KD, dan materi esensial dalam pelaksanaan pembelajaran. 3.Guru mampu menerapkan pemahaman tentang SKL, SK, KD, dan materi esensial dalam penilaian pembelajaran. Tujuan Kegiatan

5 Apa yang Anda ketahui tentang Kompetensi? Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki peserta didik.

6 Apa yang Anda ketahui tentang Standar Kompetensi? S tandar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

7 Apa yang Anda ketahui tentang Kompetensi Dasar? Sedangkan Kompetensi Dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh lulusan; kemampuan minimum yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk standar kompetensi tertentu dari suatu mata pelajaran (Bahasa Inggris).

8 Apa yang Anda ketahui tentang Standar Kompetensi Lulusan? Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

9 Apa tujuan Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan teknologi? SKL Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik.

10 Apa yang Anda ketahui tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris? Standar Kompetensi dalam Mapel Bahasa Inggris merupakan kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan untuk dapat dicapai dalam mata pelajaran ini.

11 Kegiatan inti (60’) 1.Peserta membentuk beberapa kelompok (kelompok asal). Masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. 2.Tiap-tiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 5. 3.Selanjutnya seluruh anggota kelompok bernomor 1 bergabung membentuk kelompok baru (kelompok ahli). Demikian juga dengan anggota kelompok bernomor 2, membentuk kelompok baru, dan seterusnya. 4.Tiap-tiap kelompok ahli mediskusikan topik-topik sebagai berikut:

12 Pertanyaan Kelompok Ahli 1: Apa relevansi SKL, SK dan KD dalam perencanaan, implementasi dan penilaian proses pembelajaran? 1.SKL merupakan salah satu acuan dalam penyusunan kurikulum; 2.SKL merupakan acuan dalam merencanakan, melaksanakan, menilai dan memonitor kegiatan pembelajaran. 3.SKL merupakan acuan bagi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi pendidikan di sekolah

13 Pertanyaan Kelompok Ahli 1: Apa relevansi SKL, SK, dan KD dengan penentuan tujuan sekolah serta strategi pencapaiannya? 4.SKL-SKL dijabarkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar digunakan untuk memberikan arah bagi sekolah guna melaksanakan pembelajaran efektif. 5.SKL, SK dan KD akan diaktualisasikan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran. 6.Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dapat berjalan dengan efektif hanya apabila tersusun silabus, RPP, perangkat penilaian dan bahan ajar yang relevan dengan SKL, SK dan KD.

14 Pertanyaan Kelompok Ahli 2: Apa yang mempengaruhi SKL Mapel Bahasa Inggris? 1.Pandangan bahwa Bahasa Inggris adalah alat komunikasi, bukan hanya sekedar seperangkat aturan 2.Makna yang diperoleh dan diciptakan dalam berkomunikasi, selalu terkait dengan konteks budaya dan konteks situasi. 3.Berpartisipasi dalam berkomunikasi secara otomatis mengaktifkan kompetensi wacana.

15 Pertanyaan Kelompok Ahli 2: Apa yang mempengaruhi SKL Mapel Bahasa Inggris? 4.Kompetensi wacana hanya dapat dikuasai jika siswa menguasai kompetensi pendukungnya. 5.Tingkat literasi yang ditargetkan untuk dikuasai siswa SMP adalah level performative dan functional untuk tujuan komunikasi “survival”. 6.Kompetensi berbahasa Inggris dikembangkan dalam sebuah kontinuum: lisantulis dan sederhana rumit

16 Pertanyaan Kelompok Ahli 3: Dalam dokumen resmi manakah SKL, SK dan KD Bahasa Inggris termuat? Berikan sedikit contoh rumusannya. Apakah ada perumusan SKL, SK dan KD yang perlu dikritisi? 1.Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang SKL 2.Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang SI

17 Pertanyaan Kelompok Ahli 3: Dalam dokumen resmi manakah SKL, SK dan KD Bahasa Inggris termuat? Berikan sedikit contoh rumusannya. Apakah ada perumusan SKL, SK dan KD yang perlu dikritisi? 1.Mendengarkan Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

18 Pertanyaan Kelompok Ahli 3: Dalam dokumen resmi manakah SKL, SK dan KD Bahasa Inggris termuat? Berikan sedikit contoh rumusannya. Apakah ada perumusan SKL, SK dan KD yang perlu dikritisi? 2.Berbicara Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

19 Pertanyaan Kelompok Ahli 3: Dalam dokumen resmi manakah SKL, SK dan KD Bahasa Inggris termuat? Berikan sedikit contoh rumusannya. Apakah ada perumusan SKL, SK dan KD yang perlu dikritisi? 3.Membaca Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

20 Pertanyaan Kelompok Ahli 3: Dalam dokumen resmi manakah SKL, SK dan KD Bahasa Inggris termuat? Berikan sedikit contoh rumusannya. Apakah ada perumusan SKL, SK dan KD yang perlu dikritisi? 4.Menulis Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

21 Pertanyaan Kelompok Ahli 4: Bagaimanakah karakteristik SK dan KD Mapel Bahasa Inggris? 1.Belajar Bahasa Inggris adalah belajar berkomunikasi; 2.Model kompetensi berbahasa yang dirumuskan adalah model yang menyiapkan siswa untuk berkomunikasi; 3.Kompetensi utama yang dituju oleh pendidikan Bahasa Inggris adalah Discourse Competence atau Kompetensi Wacana (KW);

22 Pertanyaan Kelompok Ahli 4: Bagaimanakah karakteristik SK dan KD Mapel Bahasa Inggris? 4.Kompetensi Wacana yang dituju tersebut meliputi kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional.

23 Pertanyaan Kelompok Ahli 4: Bagaimanakah karakteristik SK dan KD Mapel Bahasa Inggris? 5.Teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa tersebut meliputi teks transaksional dan interpersonal, teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report.

24 Pertanyaan Kelompok Ahli 4: Bagaimanakah karakteristik SK dan KD Mapel Bahasa Inggris? 6.Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika.

25 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Membaca Menentukan informasi tersirat Informasi yang diperoleh sebagai hasil kesimpulan pembaca berdasarkan clue-clue ( Context/Context-Clue dan Context) dalam teks seperti kata, bilangan, ungkapan, kalimat, dan lain-lain.

26 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Membaca Menentukan informasi Rinci Informasi yang tertera atau terdapat dalam teks tapi untuk mencarinya perlu membaca teks secara seksama. Biasanya informasi ini tercecer di sana sini dan siswa harus mengumpulkannya. Ciri khas pertanyaan ini di antaranya memakai kata tanya why.

27 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Membaca Menentukan Pikiran Utama Paragraf Kompetensi yang diujikan berupa pertanyaan untuk menentukan pokok pikiran utama paragraph tertentu dari teks yang disajikan. Pilihan jawaban berupa kalimat, dan bukan dalam bentuk frasa/klausa.

28 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Membaca Menentukan Makna Kata Arti atau makna kata adalah arti atau maksud yang terkandung di dalam suatu kata atau kalimat sesuai dengan cotext/context-clue dan contextnya.

29 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Membaca Menentukan Tujuan Penulisan Teks Materi yang diujikan berupa pertanyaan yang menanyakan tujuan penulisan teks tersebut. Pilihan jawaban untuk pertanyaan bisa berupa frasa yang mengandung maksud dengan menggunakan ‘to+infinitive’.

30 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Membaca Menentukan Nilai Moral Kompetensi yang diujikan berupa pertanyaan mengenai pelajaran hidup atau pesan moral yang diperoleh setelah membaca teks yang disajikan. Pilihan jawaban berupa kalimat lengkap atau merupakan pepatah/ungkapan (proverb) atau kalimat lainnya.

31 Pertanyaan Kelompok Ahli 5: Lakukan curah pendapat untuk menentukan materi atau kompetensi apa yang dianggap sulit oleh siswa dan guru dalam kaitannya dengan SKL UN. Menulis Melengkapi Paragraf Rumpang Siswa dituntut untuk mampu menentukan kata yang tepat untuk melengkapi suatu paragraph/ passage rumpang. Untuk dapat melengkapi rumpang dalam paragraph dengan kata (kata kerja, kata benda, kata sifat, kata keterangan dan lain-lain) kemampuan siswa menemukan context-clue (cotext) dan memahami context sangat menentukan.

32 Penutup(15’) Peserta merefleksi diri: 1.Apakah pemahaman tentang SKL, SK dan KD yang mereka miliki selama ini sudah benar. 2.Apakah dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sudah merujuk pada SKL, SK dan KD? 3.Apakah mereka selama ini telah melakukan analisis materi esensial?

33


Download ppt "KEGIATAN AWAL TUJUAN KEGIATAN KEGIATAN INTI KEGIATAN AKHIR KOMPETENSI PERTANYAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google