Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)"— Transcript presentasi:

1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)

2 Pengantar Keberhasilan pembelajaran karena perencanaan yang baik Kesadaran penyusunan perencanaan – bukan sekadar pemenuhan administrasi

3 TUJUAN SESI INI Peserta dapat: 1. menyebutkan komponen-komponen RPP dan cara merumuskannya 2. Menyusun RPP

4 1. Disusun sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus 2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik 3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis 4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. 5. Keterkaitan dan keterpaduan. 6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi Prinsip Penyusunan RPP

5 Format RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP : Matapelajaran : Kelas/Semester: Materi Pokok : Alokasi Waktu : A. Kompetensi Inti (KI) B. Kompetensi Dasar dan Indikator 1. _____________ (KD pada KI-1) ______________________ (Indikator) 2. _____________ (KD pada KI-2) ______________________ (Indikator) 3. _____________ (KD pada KI-3) ______________________ (Indikator) 4. _____________ (KD pada KI-4) ______________________ (Indikator

6 C. Tujuan Pembelajaran D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok) E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran) F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran 1. Media 2. Alat/Bahan 3. Sumber Belajar

7 G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan Kesatu: a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit) b. Kegiatan Inti (...menit) c. Penutup (…menit) 2. Pertemuan Kedua: a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit) b. Kegiatan Inti (...menit) c. Penutup (…menit), dan seterusnya.

8 H. Penilaian 1. Jenis/teknik penilaian 2. Bentuk instrumen dan instrumen 3. Pedoman penskoran

9

10 Kegiatan Inti Peserta menyusun RPP dengan format yang sudah tersedia dengan memperhatikan langkah-langkah berikut.

11 IDENTITAS Satuan Pendidikan:... (isi dengan nama sekolah) Mata Pelajaran :... (isi dengan nama mapel) Kelas/semester:... (isi dengan tingkat dan dengan kata satu atau dua yang relevan – dengan huruf) Materi Pokok:... (isi dengan tema/aspek/jenis teks sesuai istilah yang dipakai pada mata pelajaran yang bersangkutan) Alokasi Waktu :... pertemuan (... JP) (isi jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam per minggu dan penjadwalan; jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran)

12 A. KOMPETENSI INTI 1. KI 1: KI 2: KI 3: KI 4:... Salin keempat KI sesuai kurikulum.

13 B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI

14 KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI Kompetensi Dasar: Tulis masing-masing satu KD (atau lebih – sesuai karakteristik mapel) dari masing-masing KI yang merupakan rangkaian (kesatuan) sikap spiritual dan sosial dan pengetahuan dan keterampilan. Indikator Pencapaian Kompetensi: Rumuskan dua atau lebih indikator yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.

15 C. TUJUAN PEMBELAJARAN Rumuskan tujuan pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi. Tujuan pembelajaran dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

16 CONTOH TUJUAN PEMBELAJARAN Diberi kesempatan mengamati proses pembentukan bayangan pada model mata manusia, mata serangga, serta melakukan tes mata, siswa mengembalikan model- model tersebut ke tempat penyimpanan sehabis menggunakannya dengan rapi. Diberi gambar mata manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagiannya DENGAN BENAR. Diberi kesempatan menyimak presentasi hasil kerja kelompok lain, peserta didik mendengarkannya dengan penuh perhatian.

17 D. MATERI PEMBELAJARAN Tulis sub-tema/topik sebagaimana disarankan pada silabus untuk masing-masing pertemuan. Materi pembelajaran DAPAT ditambah apabila materi yang terdapat pada silabus kurang memadai.

18 E. METODE PEMBELAJARAN Metode yang direkomendasikan untuk diterapkan adalah Metode Saintifik yang diperkaya dengan Inquiry Learning, Pendekatan Berbasis Masalah dan Pendekatan Berbasis Proyek. Metode yang dirancang dalam RPP pada dasarnya adalah metode yang dinyatakan secara eksplisit atau disimpulkan dari kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus.

19 METODE PEMBELAJARAN Pemilihan tambahan metode/pendekatan dapat dilakukan dengan menganalisis buku siswa, buku guru dan/atau berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik. Pengaturan, peran guru dan peran siswa dalam penyelesaian kegiatan pembelajaran dirancang sedemikian rupa hingga selama mengerjakan kegiatan pembelajaran peserta didik melaksanakan nilai-nilai.

20 METODE PEMBELAJARAN Untuk SMP, Metode Saintifik dengan atau tanpa diperkaya dengan salah satu atau lebih di antara pendekatan-pendekatan pembelajaran berikut: Pembelajaran Berbasis Projek Pembelajaran Berbasis Masalah Pembelajaran Kontekstual Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Komunikatif

21 F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.). CONTOH cara menuliskan: Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman) Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman) Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman)

22 MEDIA PEMBELAJARAN Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH cara menuliskan: Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan) Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan) Model: Nama model yang dimaksud Gambar: Judul gambar yang dimaksud Realia: Nama benda yang dimaksud

23 SUMBER PEMBELAJARAN CONTOH cara menuliskan: Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)

24 G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan 1 Pendahuluan (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit) Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit) Penutup (15% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit) Pertemuan 2 Pertemuan 3 Dst.

25 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Disarankan pembelajaran mencakup tahap-tahap 5M (mengamati, mempertanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menganalisis, mengomunikasikan) dalam satu pertemuan. Namun demikian, apabila tahap-tahap 5M tersebut TIDAK dapat diselesaikan dalam satu pertemuan karena kurangnya waktu, tahap-tahap yang belum dilaksanakan DAPAT dilanjutkan pada pertemuan berikutnya sampai kelima tahap tersebut selesai.

26 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan-kegiatan pembelajaran pada dasarnya disalin dari silabus mata pelajaran. Kegiatan-kegiatan pembelajaran tersebut dapat disempurnakan dengan cara menambah, mengurangi dan/atau mengubahnya. Pengaturan, peran guru dan peran siswa dalam penyelesaian kegiatan pembelajaran dirancang sedemikian rupa hingga selama mengerjakan kegiatan pembelajaran peserta didik melaksanakan nilai-nilai.

27 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan-kegiatan pembelajaran pada dasarnya dinyatakan dalam rumusan peserta didik melakukan apa BUKAN guru melakukan apa. Namun demikian, kegiatan pembelajaran pada tahap PENDAHULUAN dan PENUTUP dapat dinyatakan dalam rumusan apa yang dilakukan oleh guru.

28 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Pada tahap PENUTUP peserta didik ANTARA LAIN menerima tugas penguatan, pengayaan atau remedi. Kegiatan pembelajaran tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan di luar ruang kelas dan lingkungan sekolah. Selain itu pemanfaatan TI serta kebiasaan membaca agar digalakkan.

29 PROSES PEMBELAJARAN DENGAN METODE SAINTIFIK 1. Mengamati (fenomenon untuk mengidentifikasi masalah yang ingin diketahui) 2. Menanya (membatasi masalah dan merumuskan pertanyaan dan merumuskan jawaban sementara terhadap pertanyaan berdasarkan pengetahuan dan/atau data/informasi terbatas yang telah dimiliki) 3. Mengumpulkan data dengan satu atau lebih teknik (yang relevan dengan pertanyaan dengan berbagai cara) 4. Menalar/menganalisis data (untuk merumuskan kesimpulan) 5. Mengomunikasikan (kesimpulan/jawaban pertanyaan kepada pihak lain) 6. DAPAT dilanjutkan dengan mencipta (dan mengomunikasikan ciptaan) (dan/atau menginovasi sesuatu berdasarkan pengetahuan yang dibangun)

30 PROSES PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 Proses pembelajaran sangat disarankan menggunakan metode saintifik yang diperkuat dengan discovery/inquiry learning, project-based learning dan problem-based learning. Pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran tidak hanya di dalam kelas. Pembelajaran didukung oleh penggunaan IT. Pembelajaran didukung oleh penumbuhan kultur membaca.

31 H. PENILAIAN 1. Sikap spiritual a. Teknik:... b. Bentuk instrumen:... c. Kisi-kisi: dalam tabel (Soal: Lihat Lampiran...) 2. Sikap sosial 3. Pengetahuan 4. Keterampilan

32 CONTOH TABEL KISI-KISI NomorIndikatorButir Soal 1.Tidak menyontek ketika mengerjakan tugas Mengembalikan alat-alat praktik ke tempat semula/penyimpanan dengan baik Mendengarkan presentasi teman sekelas dengan penuh perhatian. 7-8


Download ppt "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google