Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANDUAN PENGEMBANGAN RPP. LATAR BELAKANG PP No. 32 Tahun 2013 Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Proses Pembelajaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANDUAN PENGEMBANGAN RPP. LATAR BELAKANG PP No. 32 Tahun 2013 Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Proses Pembelajaran."— Transcript presentasi:

1 PANDUAN PENGEMBANGAN RPP

2 LATAR BELAKANG PP No. 32 Tahun 2013 Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Masih ada Guru yang membuat RPP hanya dengan “Copy and Paste” Permendikbud No. 81 A Tahun 2014 Lampiran IV : RPP adalah kewajiban guru secara mandiri atau kelompok

3 Pengertian Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2, yang kedua-duanya menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

4 Konsep Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Proses tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.

5 Prinsip 1. peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu; 2. peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar; 3. proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah; 4. pembelajaran berbasis kompetensi; 5. pembelajaran terpadu; 6. pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi; 7. pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif; 8. peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft- skills;

6 9. pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat; 10. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani); 11. pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat; 12. pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; 13. pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya peserta didik; dan 14. suasana belajar menyenangkan dan menantang.

7 Lingkup Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi seperti pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning. Kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran langsung (direct instructional) dan tidak langsung (indirect instructional).

8 Mekanisme 1. Perencanaan Tahap pertama dalam pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2. Pelaksanaan Pendahuluan Kegiatan Inti Penutup 3. Daya Dukung Proses pembelajaran memerlukan daya dukung berupa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Yang termasuk sarana pembelajaran adalah segala kebutuhan fisik, sosial, dan kultural yang diperlukan untuk mewujudkan proses pembelajaran. Selain itu unsur prasarana seperti prasarana laboratorium, prasarana olahraga dan prasarana kesenian, serta prasarana lainnya.

9 LANGKAH PENGEMBANGAN RPP Mengkaji Silabus dan Menganalisis Kompetensi Menyusun Program Semester/ Tahunan Menyusun RPP

10 10 KOMPONEN RPP

11 Komponen RPP ( Standar Proses No 65 Th 2014) Identitas Sekolah Identitas mata pelajaran (Nama mata pelajaran, materi pokok/ sub tema, semester, alokasi waktu) A. Kompetensi Inti 1. KI.1 2. KI.2 3. KI.3 4. KI.4 B. Kompetensi Dasar 1.KD pada KI.1 2.KD pada KI.2 3.KD pada KI.3 4.KD pada KI.4 C. Indikator Pencapaian Kompetensi 1.Indikator KD pada KI.1 2.Indikator KD pada KI.2 3.Indikator KD pada KI.3 4.Indikator KD pada KI.4 11

12 Lanjutan …..! D. Diskripsi Materi pembelajaran (Dapat berupa rincian, uraian, atau penjelasan materi pembelajaran baik secara faktual, konseptual maupun prosedural) E. Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan Pertama : JP a. Kegiatan Pendahuluan b. Kegiatan Inti c. Kegiatan Penutup 2. Pertemuan kedua : JP... Dst. F. Penilaian hasil Pembelajaran 1. Teknik 2. Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran a. Pertemuan 1 b. Pertemuan 2..dst. G. Media / Alat, Bahan dan Sumber Belajar 1. Media/ Alat : Bahan : Sumber Belajar :

13 *) Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda.Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur. **)Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran.

14 Mengembangkan Penilaian Penilaian pencapaian KD dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan menggunakan penilaian autentik dan tes dalam bentuk tertulis maupun lisan., pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya; tugas, projek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Pada setiap pembelajaran peserta didik didorong untuk menghasilkan karya, maka penyajian portofolio merupakan cara penilaian yang harus dilakukan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi yaitu KD-KD pada KI-3 dan KI-4.

15 EVALUASI DAN REVISI RPP

16 No.Komponen/Indikator Penilaian Catatan YaTidak 1. RPP disusun berdasarkan silabus 2. RPP disusun dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan satuan pendidikan 3. RPP disusun mendorong partisipasi peserta didik 4. RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik 5. RPP disusun mengembangkan budaya membaca dan menulis 6. RPP memuat rancangan pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi 7. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, materi, kegiatan pembelajaran, penilaian dan sumber belajaran dalam satu kesatuan kegiatan pembelajaran 8. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi ………………………, ………………………………. Penelaah, ___________________

17 CP : HP :


Download ppt "PANDUAN PENGEMBANGAN RPP. LATAR BELAKANG PP No. 32 Tahun 2013 Perubahan Atas PP No. 19 Tahun 2005 Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Proses Pembelajaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google