Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aturan Penulisan Jurnal Dr. Yanti Yulianti. Latar Belakang  Terkait edaran DIKTI tentang “syarat kelulusan” mahasiswa di perguruan tinggi adalah publikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aturan Penulisan Jurnal Dr. Yanti Yulianti. Latar Belakang  Terkait edaran DIKTI tentang “syarat kelulusan” mahasiswa di perguruan tinggi adalah publikasi."— Transcript presentasi:

1 Aturan Penulisan Jurnal Dr. Yanti Yulianti

2 Latar Belakang  Terkait edaran DIKTI tentang “syarat kelulusan” mahasiswa di perguruan tinggi adalah publikasi.  Diperlukan wadah berupa jurnal yang bisa menampung tulisan hasil penelitian mahasiswa.  Jurusan Fisika akan mengeluarkan jurnal yang bersifat online untuk kebutuhan tersebut.

3 Nama Jurnal dan Organisasi  Nama Jurnal: “JURNAL TEORI DAN APLIKASI FISIKA”  Ketua Editor: Dr. Yanti Yulianti

4 Aturan Umum  Dimulai dari mahasiswa yang akan lulus bulan Agustus 2012 diharuskan menulis penelitian tugas akhirnya dalam bentuk tulisan ilmiah di jurnal.  Sehingga penulisan artikel hendaknya bersamaan dengan hasil penulisan skripsi.  Tulisan tersebut harus selalu dikonsultasikan dan sudah disetujui oleh pembimbing.  Untuk syarat kelulusan harus ada bukti accepted.

5 Aturan Umum  Tulisan akan direview oleh ketua atau anggota editor.  Proses accepted akan memakan waktu cukup lama, sehingga usahakan pengiriman tulisan dilakukan jauh-jauh hari sebelum anda wisuda.  Susunan penulis: mahasiswa (penulis pertama), pembimbing I dan II sebagai penulis I dan II.

6 Proses Penerbitan Jurnal  Pengumpulan makalah  Proses evaluasi makalah oleh reviewer yang ditunjuk.  Proses revisi makalah.  Pengeditan makalah yang telah dinyatakan accepted.  Pengiriman hasil penyuntingan makalah kepada penulis untuk dilakukan proof read  Permintaan Assignment of Copyright dari penulis  Penerbitan jurnal

7 Aturan Penulisan di Jurnal  Jurnal akan diterbitkan 3 kali dalam setahun sesuai dengan siklus wisuda UNILA.  Tulisan harus original dan tidak dalam proses publikasi dengan jurnal lain.  Jurnal dan semua proses penerbitan akan dilakukan secara online.  Naskah tulisan bisa dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah penulisan yang baku.

8 Aturan Penulisan di Jurnal  Penulis mengirimkan makalah lengkap dan coverl letter sesuai dengan TEMPLATE YANG SUDAH DISEDIAKAN!  TEMPLATE sudah disediakan, tidak perlu memikirkan format lagi. Anda hanya mengganti isinya dengan tulisan anda.

9 Penjelasan TEMPLATE  JUDUL: Ganti judul dari template dengan judul anda maksimal 20 kata  NAMA PENULIS: Ganti nama penulis dari template dengan penulis di tulisan anda.  ALAMAT PENULIS: Ganti alamat penulis dari template dengan nama institusi, alamat lengkap institusi dan alamat penulis.  ABSTRAK: Ganti isi abstrak pada template dengan abstrak anda maksimal 300 kata dalam satu paragraf.  KATA KUNCI: Ganti kata kunci dalam template dengan kata kunci tulisan anda dipisahkan dengan tanda koma.

10 Penjelasan TEMPLATE  ISI TULISAN: Tulisan teridiri dari PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN DAN SARAN, UCAPAN TERIMA KASIH dan DAFTAR PUSTAKA.  Semua judul yang setara dengan PENDAHULUAN dituliskan dengan huruf kapital, tebal dan center (judul level 1)  Judul level 2: Huruf kapital, tebal dan rata kiri.  Judul level 3: Huruf kapital awal kata, tebal dan rata kiri  Judul level 4: Huruf miring dan center.

11 Penjelasan TEMPLATE  MEMBUAT GAMBAR: Gambar bisa hitam putih atau berwarna dengan kualitas gambar yang bagus.  Gambar bisa ukuran untuk ditempatkan 2 kolom atau 1 kolom.  Judul gambar jangan dituliskan manual, template sudah menyediakan judul gambar.  Kopi judul dari template, blok nomor gambar, klik kanan, pilih update field.  Ganti isi judul template dengan judul tulisan anda

12 Penjelasan TEMPLATE  MEMBUAT TABEL: Tabel bisa ukuran untuk ditempatkan 2 kolom atau 1 kolom.  Tabel hanya memiliki 3 garis horizontal dan tidak memilki garis vertikal.  Judul tabel jangan dituliskan manual, template sudah menyediakan judul tabel.  Kopi judul dari template, blok nomor tabel, klik kanan, pilih update field.  Ganti isi judul template dengan judul tulisan anda

13 Penjelasan TEMPLATE  MEMBUAT PERSAMAAN: Template sudah menyediakan kolom persamaan. Kopi tabel tersebut, persamaan anda ditempatkan di tengah kolom dan nomor persamaan di bagian kanan.  Nomor persamaan jangan dituliskan manual, blok nomor persamaan (hasil kopi dari nomor sebelumnya), klik kanan, pilih update field.

14 Penjelasan TEMPLATE  MEMBUAT SITASI: Judul tabel jangan dituliskan manual  Untuk menyisipkan sebuah sitasi, klik References, Insert Citation, klik insert new source, pilih type of source anda (books, journal dll.), isi dengan lengkap.  Pilih References, style : APA  Untuk menghapus source, klik Manage sources.  MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA: Klik References, Bibliography dan Insert Bibliography.  Blok semua daftar pustaka, sesuaikan huruf Times New Roman, 10 pt, spasi 1 pt dan spacing after 12pt.

15 COVER LETTER  Selain makalah lengkap anda juga diharuskan membuat COVER LETTER dengan format yang juga sudah disediakan oleh editor sebagai surat pengantar pengiriman makalah.  Jika anda mahasiswa fisika, COVER LETTER harus ditandatangani oleh semua pembimbing lalu discan dan dilampirkan bersamaan dengan makalahnya.  Jika bukan mahasiswa fisika, COVER LETTER tidak perlu ditandatangani, cukup dikopi sebagai isi dari pengantar makalah.

16 PERTANYAAN dan DISKUSI? Template dan penjelasan template bisa di ambil di administrasi Jurusan dan di blog: 03/template-jurnal/ Pertanyaan, Pengiriman Makalah dan Korespondensi disampaikan ke alamat


Download ppt "Aturan Penulisan Jurnal Dr. Yanti Yulianti. Latar Belakang  Terkait edaran DIKTI tentang “syarat kelulusan” mahasiswa di perguruan tinggi adalah publikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google