Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TANTANGAN DAN KREATIVITAS DUNIA KERJA Samuel Henry STMIK Amikom Career Days – 28 Juli 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TANTANGAN DAN KREATIVITAS DUNIA KERJA Samuel Henry STMIK Amikom Career Days – 28 Juli 2010."— Transcript presentasi:

1 TANTANGAN DAN KREATIVITAS DUNIA KERJA Samuel Henry STMIK Amikom Career Days – 28 Juli 2010

2

3 Disclaimer  Foto-foto yang digunakan adalah nyata dan bukan hasil rekayasa Photoshop  Bukan milik pembicara, benar-benar hasil pencarian Mbah Google  Ditujukan untuk meyakinkan anda (pengganti kata mendramatisir)  Kalau tidak percaya dan juga tidak yakin, silahkan searching sendiri…

4 Kondisi Terkini Anda PASTI pernah melihat pemandangan seperti ini

5 Kondisi Terkini

6 Ketika Kuliah Skala Kegiatan Mahasiswa menurut Realita?

7 Mencari Kerja Setelah lulus? Pola berulang ini yang anda mulai lakukan…

8 Pekerjaan Tidak Sesuai Beban Kerja Melebihi Kemampuan Apa penyebabnya?

9 Pekerjaan Tidak Sesuai Bidang Kerja Tidak Sesuai Keahlian Apa penyebabnya?

10 Statistik Pengangguran

11 Dimana posisi Anda?  Keahlian Dasar  Benarkah Anda mampu di bidang keahlian Anda?  Sudah memiliki beberapa portofolio dasar?  Kemampuan Tambahan  Bisa berbahasa asing secara pasif dan aktif (minimal Bahasa Inggris)  Bagaimana dengan soft skill lainnya?

12 Lulus Kuliah Ketika lulus kuliah, Anda baru akan berlari… Bahkan peluit pun belum berbunyi

13 Tantangan Dunia Kerja  Lowongan jauh lebih sedikit dari jumlah pelamar  Pekerjaan masa kini menuntut berbagai keahlian  Upah/Gaji yang sering tidak sesuai kebutuhan  Beban kerja yang berlebihan  Lebih disukai yang sudah berpengalaman  Pilihan Outsourcing? Freelance? Part Time?

14 Apa yang Anda cari?  Uang  Relasi  Pengembangan Diri TIPS: Untuk fresh graduate, sebaiknya anda memilih Pengembangan diri. Anda akan lebih enjoy bekerja dan gigih menghadapi tantangan  Start Awal yang bagus!

15 Cara Mencari Kerja  Lowongan Surat Kabar  Portal Kerja Online  Bursa Kerja Kampus  Jaringan Alumni  Melalui Teman Tips: Kuasai cara membuat Curriculum Vitae yang baik serta cara berpenampilan menarik. Untuk ini berlaku idiom “Cinta Pada Pandangan Pertama”.

16 Selama Menunggu Lamaran  Mencari kegiatan sampingan yang bermanfaat dan berpotensi menghasilkan uang  Mengikuti kursus untuk keahlian tambahan  Menambah pengetahuan dan wawasan Tips: Jangan terlalu memilih jenis pekerjaan saat ini. Introspeksi kekurangan diri dan kemungkinan tuntutan keahlian lain. Gunakan internet untuk efisiensi.

17 Realita Dunia Kerja  Dunia kerja bukan dunia teoretis, dunia kerja adalah dunia implementasi dan praktek  Lebih menjadi adu kekuatan mental selain keahlian dan pengalaman  Fairness tidak menjadi keharusan. Faktor lain bisa menjadi penentu  Profit adalah tujuan, selama Anda menguntungkan maka anda akan dipakai  Harga tenaga Anda < Produktivitas Anda

18 ALTERNATIF LAIN?  BERWIRAUSAHA Terikat aturan atau bebas memilih tantangan…??

19 YA, bila anda bertanya…  Berwirausaha itu lebih sulit dibanding bekerja kantoran?  Menuntut lebih banyak pengorbanan dan kerja keras?  Tidak selalu menjamin keuntungan dan kemapanan dalam jangka pendek?  Bisa bangkrut di tengah jalan?  Susah mencari modal?  Pilihan kedua setelah menganggur?

20 Kalau Harus Berwirausaha  Ubah persepsi dan mental sebelum terjun berwirausaha.  Gunakan IT knowledge untuk modal dasar Anda saat ini

21 Kalau Harus Berwirausaha  Belajar untuk jeli melihat kebutuhan pasar dan mau mencoba untuk membuat solusi

22 Kalau Harus Berwirausaha  Mau mencoba tantangan baru, idealisme dibuat fleksibel sementara mental diperkuat

23 Realita Wirausaha IT saat ini  Anda bisa bekerja sendiri dari rumah dengan bermodalkan notebook dan koneksi internet  Build Online Shop, Internet Marketing, Web Developer, etc..

24 Realita Wirausaha IT saat ini  Bentuk tim kecil dan bekerja untuk perusahaan luar negeri  IT Outsources, Web based services, Remote Workers, etc…  Gaji Jakarta – Biaya hidup Jogja

25 Wahai teman, sadarlah…  Dunia sudah berubah  Anda adalah generasi Digital Natives  Kompetitor Anda bukan hanya teman kuliah, tapi juga lulusan negara lain  Apa pilihan Anda?

26 Mau belajar berwirausaha?  Gunakan internet menjadi sumber informasi  Praktik langsung lebih bermanfaat daripada teori  Dibutuhkan kemampuan tambahan selain keahlian dasar  Jangan gampang menyerah… (bukan bait lagu)

27 Contoh forum wirausaha IT  Bancakan.Org  Bancakan 2.0 5th Meetup Jumat, 30 July 2010 Jam di Aula Lt.3 TELKOM KotaBaru

28 Penutup  Kerja atau Wirausaha adalah pilihan Anda, persiapkan diri sebaik-baiknya sekarang… waktu berjalan terus! Terima kasih Website:


Download ppt "TANTANGAN DAN KREATIVITAS DUNIA KERJA Samuel Henry STMIK Amikom Career Days – 28 Juli 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google