Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAPAT KERJA NASIONAL 2014 ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII) (RAKERNAS APJII 2014) BIDANG ORGANISASI & KEANGGOTAAN FREDDIE PINONTOAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAPAT KERJA NASIONAL 2014 ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII) (RAKERNAS APJII 2014) BIDANG ORGANISASI & KEANGGOTAAN FREDDIE PINONTOAN."— Transcript presentasi:

1 RAPAT KERJA NASIONAL 2014 ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII) (RAKERNAS APJII 2014) BIDANG ORGANISASI & KEANGGOTAAN FREDDIE PINONTOAN HOTEL DOUBLETREE BY HILTON JAKARTA-DIPONEGORO 26 JUNI 2014

2 Lingkup Kerja Bidang Materi Laporan Program Kerja Lain-Lain

3 Kesekretariatan ; Operasional Bidang Organisasi ; Operasional Bidang Keanggotaan ; Badan Pelaksana Harian (BPH) ; Pengurus Wilayah (PENGWIL) ; Kerjasama dengan pihak-pihak lain yang tujuannya searah dengan Visi dan Misi APJII ; Kerjasama dengan Bidang lain yang masih berhubungan dengan Butir 1-5 diatas.

4 Jumlah Anggota APJII (Dalam Grafik)

5 Jumlah Anggota APJII (Dalam Tabel) IZIN ISP NAP Lain-lain** Total IZIN ISP NAP Lain-lain** Total

6 Perkembangan Anggota APJII (Dalam Grafik)

7 Perkembangan Anggota APJII (Dalam Tabel) IZIN ECBTTLECB ISP NAP Lain-lain Total IZIN * ECBTTL ECB ISP NAP Lain-lain Total Note : E = Existing ; C = Cabut ; B = Baru ; TTL = Total

8 1.Merupakan sisa Program Kerja Hasil MUNAS 2012 yang belum dilaksanakan ; 2.Program-Program Kerja Tambahan diluar dari Program Kerja Hasil MUNAS 2012.

9 Pada dasarnya Program-Program Kerja hasil MUNAS 2012 Bidang Organisasi Dan Keanggotaan banyak bersinggungan dengan Bidang-Bidang lainnya, namun dalam pelaksanaannya/ menjalankannya masing-masing Bidang dapat berkolaborasi dan bekerjasama dengan mengutamakan kepentingan Organisasi dan seluruh Anggota APJII. Sebagian besar Program Kerja Hasil MUNAS 2012 Bidang Organisasi Dan Keanggotan, telah dilaporkan dalam RAKERNAS 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2013 di Hotel Borobudur untuk periode pelaporan Agustus 2012 – Mei 2013, yang kami lampirkan bersama Laporan ini. Pada RAKERNAS 2014 ini, akan dilaporkan Program Kerja yang belum selesai dilaksanakan serta Program Kerja yang berkasinambungan, masing- masing :

10 Pengembangan SDM : Butir-d “Kolaborasi antar anggota, menginisiasi program- program yang memungkinkan terjadi kolaborasi antar anggota baik dari sisi pemasaran, ataupun teknis, misalnya : branding produk bersama, pemanfaatan resources bersama, dan Secured Virtual Network antar ISP“. Kami menghimbau seluruh ISP agar dapat memulai untuk paling tidak mencoba berkolaborasi, hal ini telah diuji cobakan namun masih terbatas antar Pengurus dengan mengedepankan etika bisnis.

11 Restrukturisasi lembaga APJII, sesuai dengan hasil pembahasan pada Pokja AD/ART. Suka atau tidak suka... cepat atau lambat hal ini akan terlaksana. Sebagai contoh dalam hal Pengaturan IP yang akan diterapkan oleh KEMKOMINFO, dimana APJII dianggap terlalu kecil dalam mengelola IP. Untuk itulah perlu dibentuk POKJA AD/ART, guna mendiskusikan dan mencari alternatif terbaik bagi APJII kedepannya.

12 Penguatan dan penambahan Pengurus Wilayah (PENGWIL) : Butir-a “Penambahan jumlah PENGWIL. PENGWIL dibentuk berdasarkan basis propinsi, dengan syarat minimal ada 5 (lima) anggota yang beroperasi dan setuju untuk pembentukan PENGWIL tersebut” Terdapat penambahan 1 (satu) PENGWIL, yakni Pengurus Wilayah Jawa Barat yang berpusat di Bandung.

13 Keanggotaan : Butir-c “Membuat aplikasi online terpadu untuk pemetaan wilayah layanan anggota dan pengelolaan layanan anggota, terkait dengan keuangan, NIR, IIX dan lain-lain”. Belum terlaksana seperti yang diharapkan karena hal ini membutuhkan partisipasi seluruh anggota. Butir-d “Perluasan ruangan sekretariat sehingga dapat menampung BPH dalam jumlah yang cukup dan layak untuk bekerja”. Telah selesai dilaksanakan dan saat ini telah ditempati oleh BPH dilantai 3A/4 Gedung Cyber. Selanjutnya lantai 11 akan direnovasi dan difungsikan sebagai Ruang Meeting dengan kapasitas besar serta Ruang Training yang nantinya dapat digunakan oleh seluruh Anggota, dengan mekanisme pengaturan penggunaannya akan diatur kemudian.

14 Memberikan penghargaan kepada perusahaan, atau perorangan yang dianggap berjasa atau memiliki prestasi khusus dalam bidang yang sejalan dengan APJII. Pertama kali diberikan pada RAKERNAS 2013, dimana penerimanya dapat dilihat pada awal laporan. Mengawal proses redelegasi cc-TLD, dan memastikan APJII menjadi Supporting Organization untuk cc-TLD id, bersama-sama dengan institusi lain yang terkait, dan mendorong agar ISP yang memenuhi syarat yang wajar dapat menjadi registrar cc-TLD id. APJII merupakan salah satu Supporting Organization, dimana APJII telah menempatkan Wakilnya yang duduk dalam Forum Nama Domain bentukan KEMKOMINFO. Selain itu APJII juga telah bersepakat dengan PANDI atas restu KEMKOMINFO melalui Forum Nama Domain untuk mengelola  NET  ID (dot net dot id).

15 Membuat proyek-proyek percontohan internet pedesaan dan penggunaan internet untuk darurat kebencanaan. Belum terlaksana, dibutuhkan survey dan kemudian riset untuk penerapannya yang disesuaikan dengan kondisi dan keadaan lokasi setempat yang akan digunakan sebagai percontohan. Hal ini sebenarnya telah dilakukan oleh KEMKOMINFO melalui Program PLIK dan MPLIK, namun dalam kenyataannya dianggap sebagian banyak orang proyek tersebut kurang berhasil.

16 Melakukan riset dan survey pengguna dan penetrasi internet secara berkala, bekerjasama dengan lembaga riset (contoh : riset kerjasama APJII dengan MarkPlus pada tahun 2012). Riset menyeluruh agar dilakukan setiap 3 (tiga) tahun, dan riset penyesuaian hasil dilakukan setiap tahun. Telah dilaksanakan untuk Riset tahun 2013 dengan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil laporan riset diumumkan secara berkala setiap tahun sebagai standar parameter perkembangan industri internet. Setiap Riset yang telah diselesaikan (contoh hasil riset 2012 dan 2013), selamanya dipublikasikan kemasyarakat melalui Press Conference serta diupload ke website APJII.

17 Selain itu, perlu dilakukan pula riset sumber daya internet, misalnya penggunaan IP address v4 dan v6, jumlah routing, dan hal-hal lain yang berkorelasi dengan perkembangan industri internet, terutama di Indonesia. Untuk menerapkan hal ini, perlu dibuatkan semacam mekanisme dalam melakukan riset yang dimaksud dan kemungkinan besar akan melibatkan seluruh Anggota APJII dan Direct Member IDNIC dalam hal memberikan data-data yang dimaksud. Bila seandainya hal ini nantinya akan dilaksanakan oleh Pengurus dengan mekanisme yang sudah jelas, maka kami sangat mengharapkan partisipasi seluruh Anggota.

18 Hal-hal lain yang telah dilaksanakan : UNIVERSITAS GUNA DHARMA, kerja sama berupa bantuan Bea Siswa bagi Mahasiswa/Mahasiswi Magang di APJII ; Bekerja sama dengan ID-IGF, dalam menyelenggarakan event IGF 2013 di Bali Indonesia ; Bekerjasama dengan BPS dalam melakukan Survei Pengguna Internet 2014 ; Bekerjasama dengan ICTWatch dalam menyelenggarakan acara Safety Internet di Surabaya, hal ini dilakukan karena APJII memperhatikan kasus Pedofil yang marak terjadi akhir-akhir ini ; Tetap menjalin kerjasama dengan mitra-mitra APJII lainnya, baik didalam maupun luar negeri, seperti : FTII, Kadin Telematika, MASTEL, FTII, UNIVERSITAS INDONESIA, COMBINE, APNIC, APIA, AP-CERT, APIX, AIC, IGF Global, ISPA, ISOC dan lain-lain.

19 Beberapa kegiatan diluar Program Kerja yang telah dilaksanakan sebagai berikut : Buka Puasa Bersama 2013, tanggal 25 Juli 2013 ; Bhakti Sosial dengan memberikan Paket Sembako ; Seminar New Media “Pertumbuhan Pangakses, Bisnis Dan Problem Etika” tanggal 7 Maret 2013 ; Acara Pesta Media “Tetap Independen Tidak Partisan” oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI), tanggal Juni 2013 ; Acara Gathering “Sosialisasi IIX Dan Data Center APJII Connect” tanggal 26 September 2013 ; Gathering BPH APJII tanggal 15 November 2013 Cimacan Puncak ; Pengukuhan PENGWIL KEPRI, tanggal 06 Desember 2013 di Batam ; Pengukuhan PENGWIL JABAR, tanggal 06 Februari 2014 di Bandung ; FGD Survey Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Dunia Usaha Di Indonesia 2013, tanggal 8 Mei 2014 di Jakarta ; Acara Press Release P2KTI–APJII Dan BPS yang diadakan pada tanggal 15 Januari 2014 di Jakarta ; Dinamo 2014.

20 Undangan-Undangan Rapat, periode Mei 2013-Juni 2014, berjumlah 146 Undangan, yang terdiri dari 44 aktifitas yang sifatnya Internal dan 102 aktifitas yang sifatnya Eksternal. Undangan-Undangan berasal dari berbagai Instansi Pemerintah, Swasta, Organisasi-Organisasi dan lain-lain ; Rapat Koordinasi dengan Sekretariat DPR-RI, mengenai UU-ITE ; Jingle Dan Hymne APJII ; SoP APJII secara keseluruhan.

21 Thank You


Download ppt "RAPAT KERJA NASIONAL 2014 ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII) (RAKERNAS APJII 2014) BIDANG ORGANISASI & KEANGGOTAAN FREDDIE PINONTOAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google