Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan ke 10 Kegiatan Pokok Ekonomi (2) Standar Kompetensi Memahami kegiatan ekonomi masyarakat. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan ke 10 Kegiatan Pokok Ekonomi (2) Standar Kompetensi Memahami kegiatan ekonomi masyarakat. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan ke 10 Kegiatan Pokok Ekonomi (2) Standar Kompetensi Memahami kegiatan ekonomi masyarakat. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi, konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.

2 Kegiatan produksi barang dan jasa Kegiatan produksi sangat berperan penting dalam kegiatan ekonomi, karena menyangkut kebutuhan hidup manusia. Tanpa adanya produksi, persediaan konsumsi akan menjadi langka dan masyarakat akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, manusia harus berusaha memproduksi barang dan jasa, agar alat pemuas kebutuhannya terpenuhi.

3 1. Pengertian produksi Dalam arti sempit Kegiatan produksi adalah segala usaha/kegiatan manusia untuk membuat dan menghasilkan barang/jasa. Contoh; a. Petani mengolah sawah/ladang menghasilkan padi, jagung dan singkong. b. Kegiatan pengrajin menghasilkan barang-barang kerajinan seperti; sapu, tas, hiasan dinding, dan barang ukir-ukiran.

4 Dalam arti luas Kegiatan produksi adalah kegiatan menambah/menciptakan nilai guna suatu barang/jasa lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia. Contoh; a. Petani menggiling padi menjadi beras. b. Pabrik garmen mengolh kain menjadi pakaian jadi. c. Tukang ojek motor menyewakan jasanya.

5 Berikut ini jenis-jenis guna yang dihasilkan oleh kegiatan produksi. a.Guna bentuk (form utility) b.Guna waktu (time utility) c.Guna tempat (place utility) d.Guna pelayanan/jasa (service utility) e.Guna kepemilikan (ownerutility) f.Guna dasar (basic utility)

6 2. Tujuan produksi a. Menghasilkan/menciptakam barang atau jasa. b. Menambah/meningkatkan nilai guna barang. c. Memenuhi kebutuhan manusia. d. Memenuhi kebuutuhan pasar. e. Mendapatkan keuntungan. f. Meningkatkan kemakmuran.

7 3. Sumber daya ekonomi (faktor produksi) Pengertian sumber daya ekonomi (faktor produksi) Faktor produksi adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam usaha menghasilkan atau menambah guna suatu barang. Macam-macam sumber daya ekonomi a. Faktor produksi asli b. Faktor produksi turunan

8 Faktor produksi asli a. faktor produksi alam dan tenaga kerja Ciri-ciri faktor produksi alam: 1) tersebar tidak merata 2) jumlahnya terbatas 3) kondisi alam tidak dapat dikendalikan 4) barang tersebut ada yang dapat diperbarui dan ada yang tidak dapat diperbarui. ciri-ciri faktor tenaga kerja: 1) Teriakat pada pemiliknya 2) Dapat dipergunakan lagi, artinya kemampuan seseorang saat ini dapat dipergunakan lagi pada mas yang akan datang.

9 Faktor produksi alam dan kewirausahaan Modal adalah barang yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan produksi selanjutnya. Modal disebut jg barang investasi, barang industri, atau barang tingkat tinggi. Sebagai contoh faktor produksi modal antara lain; uang tunai, mesin- mesin, gedung, dan pabrik. faktor produksi alam, tenaga kerja, dan modal tidak akan membuahkan hail yang maksimal jika tidak diorganisir secara profesional oleh tenaga ahli. Orang yang ahli dalam mengorganisir atau mengombinaikan faktor-faktor produksi disebut wirausaha.

10 Kegiatan yang dilakukan kewirausahaan ada empat, yaitu sbb: 1). Perencanaan (planning) 2). Pengorganisasiaan (organizing) 3). Penggerakan (actuating) 4). Pengawasan (controling)


Download ppt "Pertemuan ke 10 Kegiatan Pokok Ekonomi (2) Standar Kompetensi Memahami kegiatan ekonomi masyarakat. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google