Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR INTERNET Iman P. Hidayat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR INTERNET Iman P. Hidayat."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR INTERNET Iman P. Hidayat

2 KONSEP DASAR INTERNET Internet adalah sebuah sistem, merupakan jaringan dari berbagai jaringan komputer di seluruh dunia. Media penghubung jaringan antara lain; kabel, gelombang radio, cahaya (serat optic).

3 Peralatan hardware dan software seperti work station, kabel jaringan, kartu jaringan, server (komputer induk), modem. Menghubungkan berbagai jenis komputer: IBM PC, Macintosh, Sparc, Amiga, SGI, dll. Menggunakan bahasa penghubung (protocol) TCP/IP.

4 SEJARAH SINGKAT INTERNET
Awalnya merupakan proyek U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1973. Bertujuan menghubungkan semua jenis komputer agar bisa berkomunikasi walaupun keadaan perang.

5 lanjutan Tahun 1986 U.S. national Science Foundation (NSF) memulai pembangunan NSFnet yang menjadi jalur utama internet. Tahun 1991, pihak swasta diperbolehkan mrenggunakan jalur internet untuk keperluan komersial, sehingga internet pada tahun ini mengalami booming.

6 TYPOLOGI ALAMAT INTERNET.
Setiap komputer di internet memiliki kode identifikasi yang berupa deretan angka IP (IP address). IP address sulit diingat oleh pengguna internet, untuk itu digunakan sistem nama. Bertambahnya komputer yang tersambung ke internet mengakibatkan banyak komputer yang memiliki nama sama. Untuk itu setiap nama komputer diberi nama belakang sesuai dengan instansi yang memiliki komputer tersebut (zona/domain). Contoh: Domain : unsil.ac.id Sub domain : fe.unsil.ac.id Alamat web : Alamat

7 lanjutan inem = Nama user @ = at / di
pasca.unsil.ac.id = nama sub domain atau mesin komputer id id = kode negara, contoh id = Indonesia, uk = Inggris, jp = Jepang, au = Australia, sg = Singapura. Untuk berbagi sumberdaya yang ada di internet (biasanya berupa file), digunakan sistem penamaan alamat khusus yang disebut dengan URL (Universal Resources Locator). Format URL adalah sbb: protocol://nama_komputer/nama_direktori/nama_file Contoh:

8 MEMBUAT ALAMAT EMAIL Pembuatan Email di Fasilitas Public.
1.      Buka internet explorer 2.      ketik pada baris address 3.      Pilih Yahoo Mail, kemudian pilih sign up now. 4.      Tuliskan nama untuk userID anda pada field Yahoo ID. 5.      Tuliskan minimal 6 hurup/angka pada field Password. 6.      Tulis ulang point 5 pada field Re-type Password. 7.      Pilih salah satu option pada filed Security Question 8.      Tuliskan jawaban dari option yang dipilih pada point 7   

9 lanjutan 9.Pilih/tulis bulan, tanggal dan tahun lahir pada field Birthday 10. Tuliskan address yang sudah dimiliki pada field Current (bila perlu) 11. Tuliskan nama depan dan nama belakang anda pada field first name dan last name. 12. Tuliskan kode pos pada ZIP/postal code. 13. Pilih jenis kelamin pada field gender. 14. Pada field industry pilih education 15. Pada field title pilih Student 16. Pada field Enter the word as it is shown in the box below tuliskan teks yang tertera pada kotak di bawahnya. 17. Klik icon submit this form.

10 Membuat Lampiran Pada Email (Upload dan Download)
1.      Untuk menyertakan sebuah lampiran pada , maka pertama-tama buatlah (compose) sebuah baru atau balas (reply) yang masuk. 2.      Pada tampilan pembuatan , setelah alamat tujuan diisi dan subject diisi serta selesai dibuat, maka klilklah Attach Files. 3.      Setelah klik Attach File maka akan muncul suruhan untuk mmemilih file yang akan menjadi lampiran. 4.      Silahkan cari file yang akan dilampirkan dengan mengarahkan pada lokasi dimana file tersebut disimpan. 5.      Setelah ketemu, tekan Attach Files, maka dalam tampilan pembuatan akan terlihat file-file yang dilampirkan. 6.      Tekanlah send.

11 Search Engine Terdapat lebih dari 2500 search engine yang ada di web. Diantaranya adalah: Yahoo (http://www.yahoo.com), Alta Vista (http://www.altavista.com), Google (http://www.google.com), Infoseek (http://www.infoseek.com) , WebCrawler (http://www.webcrawler.com), Searchindonesia (http://www.searchindonesia.com). Tidak semua dokumen diindeks oleh search engine. Internet merupakan perpustakaan global yang tidak memiliki kartu katalog sentral.

12 lanjutan Layanan pencarian dokumen di internet terdiri dari dua bentuk yaitu pencarian berdasarkan kata kunci dan berdasarkan direktori (pengelompokkan dokumen). Satu aspek yang sangat pentingdalam pencarian dokumen di internet adalah kata kunci (keyword). Kata kunci umumnya berupa kata benda (noun). Untuk frase memanfaatkan advance search, dengan menggunakan opertor Boolean Logic: AND, OR, NOT, NEAR. Hindari kesalahan pengetikan kata kunci. Hindari kata-kata yang terlalu umum.

13 Sumber Informasi Bidang Ilmu/Profesi
Berbagai sumber informasi yang berkaiatan dengan bidang ilmu/profesi tertentu telah banyak dibangun sejalan dengan perkembangan internet. Link yang komprehensif yang bisa menunjukkan ke sumber informasi tersebut ada di internet resources online! (http://www.bedfordstmartins.com/online/ires.htm/#c) dan www virtual library. ( Ilmu Ekonomi , Resources for economist on the internet (RFE) (http://www.aeaweb.org/RFE/). Ilmu Ekonomi Pertanian, The World Wide Web

14 lanjutan Wirtual Library: Agricultural Economics ( Ilmu Hukum, Law Library Resources Xchange (http://www.llrx.com/sources.html) Ilmu Politik, Political Science Resources on The Web (http://www. lib.umich.edu/libhome/Documents.center/polisci.html)

15 lanjutan Perusahaan Penerbit
International Review of law and Economics journal (http://www.elsevier.nl/inca/publivation/store/5/2/5/0/0/7/) Animal Feed Science and Technology Journal: (http://www.elsevier.nl/locate/anifeedsci) Journal of Agricultural Economics (http://www.elsevier.nl/inca/publication/store/5/0/3/2/9/6/)

16 Sumber Informasi Bidang Ilmu/Profesi
Berbagai sumber informasi yang berkaiatan dengan bidang ilmu/profesi tertentu telah banyak dibangun sejalan dengan perkembangan internet. Link yang komprehensif yang bisa menunjukkan ke sumber informasi tersebut ada di internet resources online! (http://www.bedfordstmartins.com/online/ires.htm/#c) dan www virtual library. ( Ilmu Ekonomi , Resources for economist on the internet (RFE) (http://www.aeaweb.org/RFE/). Ilmu Ekonomi Pertanian, The World Wide Web Wirtual Library: Agricultural Economics ( Ilmu Hukum, Law Library Resources Xchange (http://www.llrx.com/sources.html) Ilmu Politik, Political Science Resources on The Web (http://www. lib.umich.edu/libhome/Documents.center/polisci.html)

17 Cara Mengutip Tulisan Kepustakaan Elektronik.
Untuk ilmu sosial menggunakan gaya dokumentasi American Psychological Association (APA). Untuk mendokumentasikan sumber pustaka tertentu dengan gaya APA maka dubutuhkan informasi anatara lain: Nama Penulis Tanggal Publikasi atau revisi terakhir kali , Dalam kurung. Judul Tulisan Judul dari karya tulis lengkap (bila relevan), dalam huruf miring atau digarisbawah. Informasi lain yang relevan (volume, nomor, halaman, dll) URL

18 lanjutan Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya: Buku:
Bryant,P.(1999). Biodiversity and Conservation, Retrieved October 4, from: darwin.bio.uci.edu/~sustain/bio65/Titlpage.htm. Artikel dari Jurnal Elektronik: Fine,M., & Kurdek, L.A.(1993). Reflections on determining authorship credit and authorship order on faculty-student collaboration. American Psycologist, 48, , retieved June 7, 1999 from: Abstrak Isaac. J.D., Sansone, C., & Smith, J. L.(1999, May). Other People as a sources of interest in an activity. Journal of Experimental Social Psycology, 35, Abstract retrieved June 7, 1999 from IDEAL database site:

19 Thank You !


Download ppt "KONSEP DASAR INTERNET Iman P. Hidayat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google