Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

All sections to appear here PEMROGRAMAN DASAR. TUJUAN MATAKULIAH  Menekankan pada logika berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan efektif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "All sections to appear here PEMROGRAMAN DASAR. TUJUAN MATAKULIAH  Menekankan pada logika berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan efektif."— Transcript presentasi:

1 All sections to appear here PEMROGRAMAN DASAR

2 TUJUAN MATAKULIAH  Menekankan pada logika berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan efektif dan efisien.  Tidak ditekankan dalam pembuatan program dengan algoritma yang rumit.

3 KOMPUTER  Komputer: Dari asal kata “Compute”: menghitung.  mesin yang dapat melalukan proses komputasi / menghitung. Mesin yang digunakan untuk melakukan tindakan sesuai apa yang diperintahkan.  Perlu suatu bahasa yang digunakan untuk memerintahkan komputer melakukan suatu tindakan yaitu bahasa mesin.

4 …  2 komponen utama komputer: o Hardware/Perangkat Keras o Software/Perangkat Lunak  Brainware: orang yang mengoperasikan komputer.

5 SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK / PROGRAM KOMPUTER)  Software (perangkat lunak atau program komputer) merupakan suatu aplikasi yang di dalamnya terdiri dari kumpulan instruksi yang memberitahukan pada komputer apa yang harus dilakukan.  Contoh Program Komputer: Notepad: menulis note, menyimpan note dsb.

6 BAHASA PEMROGRAMAN  Merupakan bahasa yang digunakan untuk menulis instruksi yang dimengerti oleh komputer.  Bahasa pemrograman  program komputer.  Jenis bahasa pemrograman: o Bahasa Mesin: tersusun dari kode biner (1 dan 0) o Low Level: misal bahasa rakitan/Assembly. contoh sintaks: ADD, MOV o High Level: misal: Pascal, C/C++, Java, Basic, dsb. contoh sintaks: writeln(‘saya’);  dalam Pascal printf(“saya”);  dalam C.

7 … Bahasa Mesin Low Level High Level

8 PASCAL ?? Bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level language) yang cukup populer, khususnya di Indonesia. Hal ini disebabkan bahasa Pascal lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa lainnya, seperti bahasa C, C++, assembly, dan bahasa tingkat tinggi lainnya. Selain itu, bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman yang terstruktur dan seperti halnya dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya, lebih mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga sangat cocok diterapkan dalam dunia pendidikan.

9 COMPILER  Supaya perintah dalam bahasa pemrograman yang digunakan (Assembly maupun bahasa tingkat tinggi) dapat dipahami oleh komputer dan dapat dijalankan oleh microprosessor, maka perintah-perintah tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu ke bahasa mesin  proses kompilasi (compiling).  Program atau software yang digunakan untuk proses kompilasi disebut compiler.  Untuk bahasa pemrograman Pascal, compiler yang bisa digunakan adalah Turbo Pascal dan Free Pascal.

10 SEQUENCE  Sequence merupakan urut-urutan dalam menjalankan suatu instruksi untuk mencapai tujuan tertentu.  Untuk mencapai tujuan tersebut ada banyak cara, sehingga ada banyak cara pula sequence yang bisa dibuat.

11 CONTOH SEQUENCE Tujuan: membuka Microsoft Word Sequence-nya ??? 1.Hidupkan PC. 2.Masukkan password. 3.Klik tombol Start. 4.Klik Microsoft Office. 5.Klik Mocrosoft Office Word.

12 INTRUKSI DASAR Ada 3 jenis instruksi yang akan dipakai untuk merencanakan program yang akan dibuat pada pertemuan ini, yaitu : print* : digunakan untuk mencetak satu * dan membuat kursor maju satu langkah. prints : digunakan untuk mencatak satu space kosong (spasi) dan maju satu langkah. NL : digunakan untuk return ke baris berikutnya (enter).

13 PENULISAN PADA PASCAL  Bentuk dasar dari penulisan program Pascal: uses crt; begin (* tulis perintah di bagian ini *) end.

14 ...  uses crt; memberitahukan pada pascal bahwa program ini akan menggunakan monitor sebagai media output.  begin merupakan kata kunci (keyword) yang menandakan awal dari program tersebut.  end. Merupakan kata kunci yang menandakan akhir dari program.  Perintah-perintah dapat dituliskan di antara begin dan end.

15 ... Masing-masing instruksi diakhiri titik koma (;) yang mana tanda ini sebenarnya diperlukan untuk memisahkan 2 buah instruksi.  Pascal bersifat incasesensitive, artinya huruf besar dan kecil dianggap sama.  Contoh : BEGIN dengan begin dianggap sama.

16 ...  Komentar: tulisan pada kode program yang tidak dieksekusi oleh compiler. { instruksi }  tidak akan dieksekusi atau (* instruksi *)  tidak akan dieksekusi

17 CONTOH 1 Membuat pola *** dengan Pascal

18 ... uses crt; begin clrscr; write('*');write('*');write('*'); readkey; end.

19 TUGAS KELAS Buatlah sequence untuk membuat Jus Buah!  Untuk NIM ganjil: Jus Apel  Untuk NIM genap: Jus Alpukat Kerjakan di kertas waktu 15 menit.

20 TUGAS TAKE HOME Tugas Take Home dikumpulkan pada pertemuan berikutnya dalam bentuk hardcopy (di-print). BUATLAH 3 BENTUK POLA BINTANG MENGGUNAKAN PASCAL

21 SEE YOU NEXT WEEK


Download ppt "All sections to appear here PEMROGRAMAN DASAR. TUJUAN MATAKULIAH  Menekankan pada logika berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan efektif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google