Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SEJARAH KELAS X/GANJIL DRA.ETI.DILAPANGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SEJARAH KELAS X/GANJIL DRA.ETI.DILAPANGA."— Transcript presentasi:

1 PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SEJARAH KELAS X/GANJIL DRA.ETI.DILAPANGA

2 STANDAR KOMPETENSI Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. KOMPETENSI DASAR Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

3 INDIKATOR Menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.

4 TUJUAN PEMBELAJARAN SETELAH PEMBELAJARAN INI DIHARAPKAN SISWA MAMPU MENJELASKAN DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH

5 PEMBAHASAN Dalam ilmu sejarah dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu itu bentuk penulkisannya harus terdapat unsur-unsur: 1. what (apa) 2. why (mengapa) 3. who (siapa) 4. where ( di mana) 5. when (kapan) 6. how (bagaiman) Semua unsur itu harus dipenuhi agar penulisan sejarah bersifat ilmiah.

6 TAHAPAN PENELITIAN SEJARAH Seorang sejarawan sebelum melakukan penelitian,harus menetapkan topik penelitian. Tujuannya agar dalam mencari sumber-sumber sejarah dapat terarah dan tepat sasaran. Pemilihan topik penelitian dapat didasarkan pada unsur-unsur berikut: 1.Bernilai Peristiwa sejarah yang diungkap tersebut harus bersifat unik,kekal dan abadi.

7 Lanjutan…………………………………… 2. Keaslian Peristiwa sejarah yang diungkap hendaknya berupa upaya pembuktian baru atau ada pandangan baru akibat muncul teori dan metode baru. 3. Praktis dan efisiensi Peristiwa sejarah yang diungkap terjangkau dalam mencari sumbernya dan mempunyai hubungan yang erat dengan peristiwa itu 4. Kesatuan unsur-unsur yang dijadikan bahan penelitian itu mempunyai satu kesatuan ide.

8 Menurut Ernst Bernheim,metode penelitian sejarah meliputi langkah-langkah sebagai berikut : 1. Pengumpulan data (Heuristik) Istilah heuristik berasal dari kata yunani,heuriskein yang berarti menemukan Heuristik adalah langkah awal dalam penelitian sejarah untuk berburu dan mengumpulkan berbagai sumber data yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti. Jadi langkah awal bagi sejarawan dalam meneliti dan merekonstruksi peristiwa masa lampau adalah mengumpulkan data dan informasi.

9 2.Kritik ( Verifikasi) Kritik sumber adalah kemampuan menilai sumber-sumber sejarah yang telah dicari (ditemukan). Kritik sumber sejarah meliputi: a. kritik ekstern Kritik ekstern di dalam penelitian ilmu sejarah umumnya menyangkut keaslian atau keautentikan bahan yang digunakan dalam pembuatan sumber sejarah,seperti prasasti,dokumen dan naskah.

10 b. Kritik Intern Kritik intern yang dimaksud adalah penilaian keakuratan atau keautentikan terhadap materi Sumber sejarah itu sendiri. Di dalam proses analisis terhadap suatu dokumen sejarawan harus selalu memikirkan unsur- unsur yang relevan di dalam dokumen itu sendiri secara keseluruhannya

11 lanjutan……………………. Unsur di dalam dokumen dianggap relevan dan kredibel apabila unsur itu paling dekat dengan apa yang telah terjadi,sejauh dapat diketahui berdasarkan suatu penyelidikan kritis terhadap sumber-sumber terbaik yang ada.Identifikasi terhadap pengarangpun perlu dilakukan untuk menguji keautentikan dokumen itu sendiri.

12 3. Penafsiran Interpretasi adalah penafsiran fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal. Dari berbagai fakta yang ada kemudian perlu disusun agar mempunyai bentuk dan struktur. Sebelum dan selama malakukan rekonstruksi sejarawan perlu melakukan penafsiran. Fakta yang ada ditafsirkan sehingga ditemukan struktur logisnya berdasarkan fakta yang ada.

13 4. Historiografi Historiografi adalah proses penyusunan fakta-fakta sejarah dan berbagai dan berbagai sumber yang telah diseleksi dalam sebuah bentuk penulisan sejarah. Setelah berhasil melakukan penafsiran terhadap data-data yang ada,sejarawan kemudian perlu menuliskan hasilnya. Dalam menuliskan hasil penelitian,sejarawan harus sadar bahwa tulisan itu bukan hanya untuk kepentingan dirinya,tetapi juga dibaca orang lain.Oleh karena itu diperhatikan struktur dan gaya penulisannya.

14 TUGAS 1. Tuliskan manfaat menetapkan topik penelitian 2. Pemilihan topik penelitian dapat didasarkan pada unsur-unsur….sebutkan 3. Jelaskan yang dimaksud dengan : a. Praktis dan Efisiensi b. Kesatuan dalam hubungan dengan penelitian sejarah 4. Jelaskan yang dimaksud dengan Verifikasi 5. Jelaskan yang dimaksud dengan Historiografi

15 BUKU SUMBER 1. Drs.Sodiq Mustafa dkk,2004. Kompetensi Dasar Sejarah.Solo: Tiga serangkai 2. Prof.Dr.M.Habib Mustopo dkk.2005.Sejarah Untuk kelas 1 SMA Jakarta: Yudhistira


Download ppt "PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SEJARAH KELAS X/GANJIL DRA.ETI.DILAPANGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google