Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2. RAGAM PENELITIAN DAN CARA MENGADAKAN PENELITIAN A. DEFINISI PENELITIAN PENELITIAN (Husein, 1999): suatu usaha untuk menemukan suatu hal menurut metode.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2. RAGAM PENELITIAN DAN CARA MENGADAKAN PENELITIAN A. DEFINISI PENELITIAN PENELITIAN (Husein, 1999): suatu usaha untuk menemukan suatu hal menurut metode."— Transcript presentasi:

1 2. RAGAM PENELITIAN DAN CARA MENGADAKAN PENELITIAN A. DEFINISI PENELITIAN PENELITIAN (Husein, 1999): suatu usaha untuk menemukan suatu hal menurut metode ilmiah, sehingga penelitian memiliki 3 unsur penting, yaitu: sasaran, usaha untuk mencapai sasaran, serta metode ilmiah. PENELITIAN (LIPI): semua kegiatan penelaahan (pengamatan/pemikiran) penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang tertentu, untuk mendapatkan fakta, data, dan prinsip-prinsip baru dalam ilmu dan teknologi.

2 Penelitian ditinjau dari caranya: 1.OPERATION RESEARCH 2.EKSPERIMEN 1. OPERATION RESEACRH Penelitian yang dilakukan oleh seseorang yang bekerja mengenai apa yang sedang ia laksanakan tanpa mengubah sistem pelaksanaannya.

3 2.EKSPERIMEN: suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara 2 faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan menyisihkan faktor- faktor lain yang bisa mengganggu (sengaja menimbulkan kejadian/perlakuan untuk melihat akibat suatu perlakuan).

4 DITINJAU DARI TUJUAN: 1. PENELITIAN DASAR Jenis penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan suatu teori / ilmu pengetahuan, memahami suatu masalah yang sedang dihadapi tanpa ada maksud untuk menerapkan hasil penelitian. 2.PENELITIAN TERAPAN : Jenis penelitian yang bertujuan untuk menerapkan, menguji, dan mengevaluasi suatu teori / ilmu pengetahuan guna memecahkan masalah-masalah praktis.

5 PENELITIAN DITINJAU DARI TUJUANNYA (Arikunto, 2002): 1.PENELITIAN EKSPLORATIF : Penelitian yang menggali secara luas tentang sebab-sebab / hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu Esensi penelitian ini adalah: untuk mendapatkan informasi menyeluruh tentang suatu masalah, karena sangat sedikit penelitian yang telah dilakukan. 2.PENELITIAN PENGEMBANGAN : mengadakan percobaan dan penyempurnaan. Termasuk OPERATION RESEARCH. 3.PENELITIAN VERIFIKASI : Penelitian untuk menguji suatu teori. Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain. 4.PENELITIAN KEBIJAKAN : biasanya dilakukan untuk menganalisis masalah-masalah sosial yang mendasar sehingga temuannya dapat direkomendasikan untuk pengambilan keputusan. Dilakukan oleh lembaga pemerintah, menyangkut tindakan yang diambil oleh pemerintah dan diberlakukan secara luas.

6 B.PENELITIAN DITINJAU DARI PENDEKATAN 1.PENDEKATAN LONGITUDINAL (BUJUR) Peneliti menghendaki untuk mempelajari orang / fenomena itu pada lebih dari 1 waktu untuk menjawab 1 pertanyaan penelitian. Kelebihan: Subjek yang diamati sama, sehingga faktor-faktor intern individu tidak berpengaruh terhadap hasil. Bila dirancang secara baik dapat membantu mengidentifikasi hubungan sebab-akibat. Kekurangan: Memerlukan waktu, usaha, dan biaya lebih besar Waktu pengamatan sangat lama, dikhawatirkan telah banyak perubahan kondisi karena perkembangan zaman.

7 Waktu pencatatannya harus sama setiap tahun (berturut-turut setiap tahun) Ex: Ingin mengetahui perilaku pegawai sebelum dan sesudah penggantian pimpinan. 2.PENDEKATAN CROSS-SECTIONAL (SILANG) Tidak menggunakan subjek yang sama (berbeda-beda) Data dikumpulkan sekali mungkin dalam 1 periode (hari / minggu / bulan) untuk menjawab suatu pertanyaan penelitian. Pengamatan dilakukan dalam waktu yang bersamaan / serentak. Keuntungan: datanya dengan cepat dapat terkumpul dan tidak dipengaruhi perubahan waktu, karena waktunya bersamaan. Ex: mengukur sifat-sifat dan laju perubahan-perubahan pada sejumlah sampel yang terdiri dari kelompok- kelompok umur yang mewakili taraf perkembangan yang berbeda.

8 C.PENELITIAN DITINJAU DARI BIDANG ILMU Berdasarkan jenis spesialisasi, sangat banyak disesuaikan dengan berbagai bidang ilmu. D. PENELITIAN DITINJAU DARI TEMPATNYA 1.Laboratorium Lebih mudah melakukan eksperimen di laboratorium karena alat-alat yang khusus dan lengkap tersedia di laboratorium. Pengaruh luar dapat dengan mudah dicegah selama eksperimen berlangsung. Ex: Penelitian di bidang bahasa, IPA, komputer 2. Lapangan Penelitian eksperimen juga bisa dilakukan di lapangan. Ex:  Penelitian mengenai kebudayaan kelompok masyarakat terpencil.  Penelitian pendidikan ( Lapangan : sekolah / kel. masyarakat) Penelitian pertanian

9 3.PERPUSTAKAAN Ex: analisis isi buku, akan menghasilkan suatu kesimpulan tentang gaya bahasa buku, kecenderungan isi buku, ilustrasi. E. PENELITIAN DITINJAU DARI HADIRNYA VARIABEL Variabel = ubahan, hal-hal yang menjadi objek penelitian, yang menunjukkan variasi baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Variabel ditinjau dari saat terjadinya: variabel masa lalu, sekarang, yang akan datang. PENELITIAN DESKRIPTIF: penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan / menggambarkan variabel masa lalu dan masa sekarang. PENELITIAN EKSPERIMEN: penelitian dilakukan terhadap variabel masa yang akan datang, belum terjadi tapi sengaja diadakan oleh peneliti dalam bentuk perlakuan yang terjadi dalam eksperimen.

10 B. PROSEDUR PENELITIAN Menurut Arikunto (2002), langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut: 1.Memilih masalah 2.Studi pendahuluan 3.Merumuskan masalah 4.Merumuskan anggapan dasar 5.Merumuskan hipotesis 6.Memilih pendekatan 7.Menentukan variabel dan sumber data 8.Menentukan dan menyusun instrumen 9.Mengumpulkan data 10.Analisis data 11.Menarik Kesimpulan 12.Menulis Laporan

11 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN (Sutrisno Hadi) 1.Identifikasi masalah. 2.Studi pustaka. 3.Penyusunan hipotesis. 4.Merancang cara-cara untuk mengumpulkan data (untuk menguji hipotesis). 5.Mengumpulkan data 6.Mengolah data dan menarik kesimpulan 7.Melaporkan hasil penelitian

12 Secara umum ada 4 langkah penelitian: Menetapkan permasalahan Menyusun rencana kerja Melaksanakan penelitian Melaporkan hasil penelitian


Download ppt "2. RAGAM PENELITIAN DAN CARA MENGADAKAN PENELITIAN A. DEFINISI PENELITIAN PENELITIAN (Husein, 1999): suatu usaha untuk menemukan suatu hal menurut metode."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google