Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH Definisi Penulisan Karya Ilmiah : Penulisan adalah cara menulis, Karya adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH Definisi Penulisan Karya Ilmiah : Penulisan adalah cara menulis, Karya adalah."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH Definisi Penulisan Karya Ilmiah : Penulisan adalah cara menulis, Karya adalah suatu hasil kreatifitas, dan Ilmiah adalah logis (masuk akal manusia) TUHAN MANUSIA Rasa Ingin Tahu Keinginan manusia yang tinggi Pengetahuan Pengetahuan Sesuatu yang diketahui manusia Ilmu Pengetahuan Pengetahuan yang diperoleh melalui suatu cara yaitu metode ilmiah Metode Ilmiah suatu cara untuk mencari ilmu pengetahuan yang dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang relevan, analisis data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.

2 CONT…. Kriteria ilmiah : 1.Perumusan masalah jelas, variabel yang akan diteliti tampak 2.Jawaban permasalahan harus didukung dengan data 3.Kesimpulan dapat di uji oleh siapapun 4.Hanya digunakan untuk meneliti hal yang bersifat empiris

3 PERTEMUAN : 2 II. PENELITIAN Definisi Penelitian suatu cara untuk memperoleh fakta atau prinsip yang dilakukan dengan, teliti, jelas, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan. Empat kriteria yang harus diperhatikan dalam suatu penelitian ilmiah : 1. Penelitian dilaksanakan secara sistematis (proses bertahap). 2. Penelitian dilaksanakan secara terkendali (perumusan konsep-konsep). 3. Penelitian dilaksanakan secara empiris (masalah-masalah terhubung). 4. Penelitian bersifat kritis.

4 CONT…. SIKAP DAN SYARAT SEORANG PENELITI 1.Cara Berfikir 1.1. Berfikir Skeptis = menanyakan bukti terhadap suatu pernyataan Berfikir Analisis = mengkaji setiap per- nyataan Berfikir Kritis = menggunakan logika menimbang.

5 CONT…… •Sikap-sikap lain Komperten 2.2. Objektif 2.3. Jujur 2.4. Faktual 2.5. Terbuka a.Manfaat Penelitian : 1.Manfaat Praktis, yaitu memecahkan masalah kehidupan sehari. 2.Manfaat Teoritis, yaitu menyumbang ilmu pengetahuan baru.

6 CONT… b.Fungsi Penelitian : 1. Penelitian Penjajagan = Eksploratif (menemukan sesuatu yang belum pernah ada). 2. Penelitian Pengujian = verifikatif. 3. Penelitian Pengembangan, Pengembangan dari peneliti yang sudah pernah diteliti.

7 CONT… c.Jenis-jenis Penelitian : 1. Penelitian Teoritik dilaksanakan pada ilmu dasar seperti Matematika 2. Penelitian Eksperimental digunakan untuk Ilmu terapan seperti Pertanian, Teknik 3. Penelitian Rekayasa dikembangkan untuk Suatu alat/produk lain 4. Penelitian Kualitatif umumnya digunakan untuk Ilmu sosial Urgensi arti penelitian dalam setiap Aspek pembangunan ?

8 CONT… d.Macam Penelitian 1. Berdasarkan hasil yang diperoleh: 1.1. Penelitian Dasar 1.2. Penelitian Terapan 2. Berdasarkan Bidang yang Diteliti : 2.1. Bidang Sosial 2.2. Bidang Eksakta 3. Berdasarkan Tempat Penelitian : 3.1. Laboratorium 3.2. Kepustakaan 3.3. Lapangan

9 CONT… 4. Berdasarkan Cara dan Taraf Pembahasan Masalah : 4.1. Deskriptif = Penyingkapan Fakta Inferensial = Memberikan penilaian luas dan menyeluruh. e. Manfaat Penelitian 1. Manfaat Teoritis = Memberi sumbangan ter- hadap ilmu pengetahuan. 2. Manfaat Praktis = Memecahkan masalah ke- hidupan manusia.

10 PERTEMUAN : 3 III. TAHAP-TAHAP PENELITIAN 1. Tahap Perencanaan Penentuan Judul 1.2. Latar Belakang Masalah 1.3. Perumusan Masalah 1.4. Penentuan Batasan Masalah 1.5. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.6. Metode Pengumpulan Data 1.7. Sistematika Penulisan 1.8. Jadwal Rencana Kegiatan

11 CONT… 2. Tahap Pelaksanaan Pengumpulan Data 2.2. Pengolahan Data 2.3. Analisis Data 2.4. Penafsiran Hasil Analisis Data 3. Tahap Pembuatan Laporan Penelitian Ada 3 golongan pembaca laporan penelitian, yaitu : 1. Kalangan Akademisi 2. Sponsor Penelitian 3. Masyarakata Umum (biasanya dalam bentuk ringkasan)

12 CONT… Bentuk dan Isi Laporan penelitian Bentuk dan isi laporan penelitian harus disesuaikan dengan tingkat pengetahuan dan pengalaman pembaca. Hal-hal yg. Harus diperhatikan : * Keseluruhan proses dan pengalaman penelitian ditulis dalam bentuk essay (cerita). * Penelitian harus disesuaikan dengan pengetahuan golongan pembaca. * Laporan diperinci, bab dan sub bab dengan judul yang tepat dan jelas sehingga memudahkan pembaca dalam mencari bagian tertentu.

13 PERTEMUAN : 4 • MASALAH DAN HIPOTESIS PENELITIAN A. Masalah Penelitian Masalah Penelitian merupakan mata rantai pertama dalam proses penelitian, tetapi tidak semua masalah dapat digunakan sebagai objek penelitian. Sumber-sumber masalah penelitian : a. Diri Sendiri, misal : Pengalaman pribadi. b. Orang lain. c. Sumber-sumber lain, misal : karya-karya ilmiah (skripsi, tesis dll.).

14 CONT… Dua sudut tinjauan dalam pemilihan Masalah : 1.Masalah itu sendiri. Masalah yang dipilih harus Penting dan Menarik. 2.Diri Peneliti Berhubungan dengan kemampuan peneliti dalam bidang * Akademik * Waktu * Biaya

15 CONT… B.Hipotesis Penelitian. Berasal dari bahasa Yunani hypo = sebelum; thesis= pernyataan. Hipotesis merupakan jawaban sementara dari sebuah masalah penelitian yang masih harus dibuktikan lagi (melalui penelitian) kebenarannya. Hipotesis merupakan dasar pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Dua jenis hipotesis yaitu : a. H0 adalah hipotesis ditolak. b. H1 adalah hipotesis diterima. Tidak setiap penelitian menggunakan hipotesis.

16 PERTEMUAN : 6 V. POPULASI DAN SAMPEL A.Populasi Populasi adalah kumpulan dari seluruh individu yang mempunyai kesamaan tertentu sesuai dengan rumusan penelitian. B.Sampel Sampel adalah bagian dari suatu populasi.

17 CONT… Sampel yang representatif dapat meningkatkan Kevaliditasan suatu sampel mencakup dua hal : 1. Ukuran sampel, besaran sampel tidak boleh kurang dari 10% besarnya sampel minimum. 2. Ketepatan inferensia, berhubungan dengan Kecermatan peneliti memasukan seluruh unsur karakteristik populasi kedalam sampel. Populasi dan sampel merupakan elemen penting dalam Suatu penelitian. Penelitian yang banyak menggunakan populasi dan Sampel adalah penelitian sosial.

18 PERTEMUAN : 7 VI. TEKNIK PENGUMPULAN DATA Pengertian Data ? Sekumpulan huruf, angka, elemen yang belum diolah dan belum mempunyai arti. Informasi ? Adalah data yang sudah diolah. A. Sumber-sumber Data : 1. Manusia. 2. Kinerja. 3. Dokumen. 4. Lingkungan objek penelitian.

19 CONT… B. Jenis-jenis Data. 1. Menurut Sifatnya: 1.1. Data Kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk angka, tetapi berupa serangkaian informasi berupa fakta-fakta verbal Data Kuantitatif, yaitu data statistik yang berbentuk angka.

20 CONT… 2. Menurut Sumbernya Data Internal, yaitu data yang meng- gambarkan keadaan, kegiatan didalam suatu organisasi. ex: data jumlah karyawan, data keuangan, dll Data Eksternal, yaitu data yang menggambar kegiatan diluar suatu organisasi/perusahaan. ex: daya beli masyarakat, harga bahan baku, dll.

21 CONT… 3. Menurut Cara Memperoleh Data Primer, yaitu data yang di kumpulkan dan di olah sendiri oleh seseorang atau organisasi langsung dari objeknya Data Skunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk sudah jadi, sudah jadi, sudah diolah orang lain (sudah dalam bentuk informasi).

22 CONT… 4. Menurut Waktu Pengumpulannya Data Cross Section, dikumpulkan pada suatu waktu tertentu Data Berkala, dikumpulkan dari suatu waktu tertentu.

23 CONT… C. Metode Pengumpulan Data 1. Pengumpulan Data Primer dikelompok- kan menjadi tiga : 1.1. Metode Pengamatan langsung Metode Wawancara menggunakan daftar pertanyaan Metode Khusus.. 2. Pengumpulan Data Skunder: * Melalui dokumen-dokumen yang sudah ada terutama diperpustakaan setiap instansi/organisasi.

24 PERTEMUAN : 9 VII. LAPORAN PENELITIAN Laporan Penelitian merupakan langkah terakhir dari serangkaian kegiatan penelitian, dapat berbentuk laporan, skripsi, tesis, dll. Jenis-jenis Laporan Penelitian : 1. Berdasarkan Tujuan Penyelesaian Studi Perlombaan Laporan Penelitian Khusus. 2. Berdasarkan Panjang Laporan Laporan Lengkap (panjang dan tebal) Laporan Eksekutif (laporan singkat).

25 CONT… 3.Berdasarkan Bentuk Laporan Laporan Akademik Laporan Bersifat Populer (untuk konsumsi masyarakat umum). 4.Berdasarkan Pembaca Laporan yang Ditargetkan. Ditargetkan Golongan Akademik Spnsor Penelitian Masyarakat Umum.

26 PERTEMUAN :10 VIII. TEKNIK DAN ETIKA PENULISAN LAPORAN A.Beberapa Pedoman penulisan Laporan : 1. Judul Penelitian dibuat setelah menentukan masalah. - Harus mengacu pada masalah pokok penelitian. -Penulisan tidak boleh terlalu panjang/pendek. -Mengusahakan agar kalimat yang digunkan menarik. 2. Halaman abstrak diketik 1 spasi.

27 CONT… 3. Kalimat disusun dengan Jelas dan sederhana. 4. Menghindari penggunaan istilah untuk mencegah salah faham. 5. Tata bahasa, ejaan dan sistematika penulisan dilakukan mentaati peraturan yang telah ditentukan. 6. Penomoran Bab, sub Bab, tabel, gambar ditulis secara konsisten, dipertegas dengan pengetikan huruf tebal. 7. Nomor halaman dengan kepala bab diketik di bawah kertas. 8. Catatan kaki (footnote) digunakan bila perlu.


Download ppt "PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH PERTEMUAN: 1 I. PENULISAN KARYA ILMIAH Definisi Penulisan Karya Ilmiah : Penulisan adalah cara menulis, Karya adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google