Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 YUSMEDI NURFAIZAL, S.Sos, SE, MM. E mail : Telp. 08122713434 METODELOGI PENELITIAN METODELOGI PENELITIAN STMIK AMIKOM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 YUSMEDI NURFAIZAL, S.Sos, SE, MM. E mail : Telp. 08122713434 METODELOGI PENELITIAN METODELOGI PENELITIAN STMIK AMIKOM."— Transcript presentasi:

1 1 YUSMEDI NURFAIZAL, S.Sos, SE, MM. E mail : Telp METODELOGI PENELITIAN METODELOGI PENELITIAN STMIK AMIKOM

2 2 Metode Penelitian  Metode penelitian : merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.  Cara ilmiah : kegiatan penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan (rasional, empiris dan sistematis)  Data : Valid dan Reliabel  Tujuan : Penemuan, pembuktian dan pengembangan  Kegunaan : Memahami, memecahkan dan mengantisipasi

3 APAKAH PENELITIAN ITU?  Research (Inggris) dan recherche (Prancis) –re (kembali) –to search (mencari)  Studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yg hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut. (T. Hillway)  Penelitian adalah suatu proses untuk mencapai (secara sistematis dan didukung oleh data) jawaban terhadap suatu pertanyaan, penyelesaian terhadap permasalahan, atau pemahaman yang dalam terhadap suatu fenomena (Leedy, 1997: 5)

4 Pengertian yang benar tentang Penelitian dan Karakteristik Proses Penelitian 1. Penelitian dimulai dengan suatu pertanyaan atau permasalahan. 2. Penelitian memerlukan pernyataan yang jelas tentang tujuan. 3. Penelitian mengikuti rancangan prosedur yang spesifik. 4. Penelitian biasanya membagi permasalahan utama menjadi sub- sub masalah yang lebih dapat dikelola. 5. Penelitian diarahkan oleh permasalahan, pertanyaan, atau hipotesis penelitian yang spesifik. 6. Penelitian menerima asumsi kritis tertentu. 7. Penelitian memerlukan pengumpulan dan interpretasi data dalam upaya untuk mengatasi permasalahan yang mengawali penelitian. 8. Penelitian adalah, secara alamiahnya, berputar secara siklus

5 Bagan Penelitian

6 6 Jenis-Jenis Penelitian Jenis-Jenis Penelitian Tujuan 1.Murni 2.Terapan Metode 1.Survei 2.Ex Post Facto 3.Eksperimen 4.Naturalistik/Kualitatif 5.Action Research 6.Sejarah 7.dll Tingkat Eksplanasi 1.Deskriptif 2.Komparatif 3.Asosiatif/hubungan Jenis Data & Analisis 1.Kuantitatif 2.Kualitatif 3.Gabungan

7 7 Penelitian menurut tujuan  Murni : Penelitian yang dilakukan diarahkan sekedar untuk memahami masalah organisasi tanpa ingin menerapkan hasilnya. Menurut Gay (Sugiyono, 2006) penelitian murni bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan langsung yang bersifat praktis.  Terapan : Penelitian diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Menurut Gay (Sugiyono, 2006) penelitian terapan dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan untuk memecahkan masalah praktis.

8 8 Penelitian menurut metode  Penelitian survei : penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut.  Penelitian Ex Post Facto : penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut.

9 9 Penelitian menurut metode  Penelitian Eksperimen : Penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat.  Penelitian naturalistik : Penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah >< eksperimen.

10 10 Penelitian menurut metode  Action Research: penelitian yang bertujuan mengembangkan metode kerja yang paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produkivitas lembaga dapat meningkat.  Penelitian sejarah : Penelitian yang berkenaan dengan analisis logis terhadap kejadian- kejadian yang belangsung dimasa lalu.

11 11 Penelitian menurut tingkat ekplanasinya  Penelitian deskriptif : penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel lainya.  Penelitian komparatif : penelitian yang bersifat membandingkan  Penelitian asosiatif : penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih

12 12 Penelitian menurut jenis data  Kualitatif : tanpa perhitungan statistik  Kuantitatif : menggunakan perhitungan statistik  Gabungan : kualitatif fan kuantitatif


Download ppt "1 YUSMEDI NURFAIZAL, S.Sos, SE, MM. E mail : Telp. 08122713434 METODELOGI PENELITIAN METODELOGI PENELITIAN STMIK AMIKOM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google