Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENELITIAN ITU APA? • PENELITIAN ITU APA? • JENIS PENELITIAN APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN? AKAN SAYA LAKUKAN? • BAGAIMANA MELAKUKAN PENELITIAN YANG BENAR?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENELITIAN ITU APA? • PENELITIAN ITU APA? • JENIS PENELITIAN APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN? AKAN SAYA LAKUKAN? • BAGAIMANA MELAKUKAN PENELITIAN YANG BENAR?"— Transcript presentasi:

1 PENELITIAN ITU APA? • PENELITIAN ITU APA? • JENIS PENELITIAN APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN? AKAN SAYA LAKUKAN? • BAGAIMANA MELAKUKAN PENELITIAN YANG BENAR? PENELITIAN YANG BENAR?

2 Penelitian adalah suatu cara untuk mencari kebenaran Cara-cara itu, bila diurutkan menurut keberhasilan dalam penerapannya mulai dari yang paling rendah adalah: dongeng, pengalaman, wewenang, beralasan secara induktif, beralasan secara deduktif, dan metode ilmiah. Cara-cara itu, bila diurutkan menurut keberhasilan dalam penerapannya mulai dari yang paling rendah adalah: dongeng, pengalaman, wewenang, beralasan secara induktif, beralasan secara deduktif, dan metode ilmiah.

3 Metode Ilmiah adalah suatu prosedur dari proses mencari kebenaran, dengan langkah-langkah sebagai berikut: MMMMerumuskan masalah. MMMMelakukan studi literatur MMMMerumuskan hipotesis MMMMengumpulkan dan mengolah data MMMMenguji hipotesis MMMMenarik kesimpulan

4 Tujuan melakukan studi literatur  Mencari teori-teori atau hasil-hasil penelitian yang akan digunakan sebagai sandaran atau tempat berpijak,  Untuk melihat seberapa jauh hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti itu telah ditemukan oleh orang lain,  Untuk melihat strategi, prosedur, dan lat-alat (instrumen) yang sudah terbukti berhasil atau gagal,  Dapat membantu kita dalam mengartikan atau menterjemahkan hasil penelitian

5 KALSIFIKASI PENELITIAN BERDASARKAN MAKSUD PENELITIAN BERDASARKAN METODE PENELITIAN 1.PEN. DASAR 2.PEN. TERAPAN 3.PEN. EVALUASI 4.PEN. PENGEMBANGAN 5.PEN. MENDESAK (PTK) 1.PEN. SEJARAH 2.PEN. DESKRIPTIF 3.PEN. KORELASI 4.PEN. KAUSAL KOM- PARATIF 5. PEN. EKSPERIMEN 6. PEN. KUASI EKSPERIMEN

6  Penelitian Dasar adalah penelitian yang sepenuh nya bertujuan untuk mengembangkan atau memperbaiki suatu teori.  Penelitian Terapan adalah penelitian yang bermak-sud untuk menerapkan teori atau menguji teori.  Penelitian Evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk membantu dalam mengambil suatu keputusan mengenai lebih baiknya sesuatu untuk dilaksanakan  Penelitian Pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan pengajaran yang bermanfaat bagi sekolah  Penelitian Mendesak (PTK) adalah penelitian yg bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan/ kemampuan dan pendekatan baru dalam memecahkan persoalan2 yang ada di sekolah.

7  Penelitian Sejarah adalah Studi untuk mengerti dan menjelaskan kejadian2 pd masa lalu.  Penelitian Deskriptif adalah penelitian yang menggunakan observasi, wawncara atau angket mengenai keadaan sekarang ini, mengenai subjek yang sedang diteliti.  Penelitian Korelasi adalah penelitian untuk melihat ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih  Penelitian Kausal Komparatif adalah penelitian untuk hubungan sebab akibat yang mungkin terjadi melalui pengamatan sebagian akibat yang ada dan melihat kembali ke belakang untuk melihat faktor2 penyebabnya  Penelitian Eksperimen adalah penelitian yg benar2 untuk melihat hubungan sebab akibat. Ada perlakuan terhadap variabel bebas.  Penelitian Kuasi Eksperimen : mirip dengan eksperimen, bedanya adalah: Eksperimen: Perlakuan dimanipulasi Eksperimen: Perlakuan dimanipulasi Kuasi Eksperimen : Perlakuan sudah terjadi Kuasi Eksperimen : Perlakuan sudah terjadi (kontrol tdk ada) (kontrol tdk ada)

8 Fungsi dan Peranan Penelitian  Penelitian berfungsi untuk memecahkan suatu permasalahan  Penelitian berperan dalam pengembangan ataupun perbaikan suatu teori  Penelitian berperan dalam penerapan ataupun pengujian teori yang berkaitan dengan manfaatnya.  Penelitian berperan dalam pengambilan suatu keputusan ataupun kebijakan  Penelitian berperan dalam pengembangan bahan pengajaran yang bermanfaat bagi sekolah  Penelitian berfungsi untuk mengembangkan ketrampilan/kemampuan dan pendekatan baru dalam memecahkan suatu permasalahan  Penelitian berfungsi untuk menjelaskan kejadian-kejadian pada masa lalu (penyebab, pengaruh, kecenderungannya)  Penelitian berfungsi untuk melihat ada atau tidak adanya hubungan antar beberapa faktor penyebab permasalahan


Download ppt "PENELITIAN ITU APA? • PENELITIAN ITU APA? • JENIS PENELITIAN APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN? AKAN SAYA LAKUKAN? • BAGAIMANA MELAKUKAN PENELITIAN YANG BENAR?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google