Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.Inti menulis TA..? 2.Struktur Laporan TA….? 3.Aturan dan Format..? 4.Isi masing2 bagian ….?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.Inti menulis TA..? 2.Struktur Laporan TA….? 3.Aturan dan Format..? 4.Isi masing2 bagian ….?"— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5 1.Inti menulis TA..? 2.Struktur Laporan TA….? 3.Aturan dan Format..? 4.Isi masing2 bagian ….?

6 PointKeteranganCatatan Menulis TAMenuliskan/mendokumentasi TA yang kita kerjakan. Inti menulis TA yaitu mendokumentasi TA Format Laporan TA Halaman judul Halaman pengajuan Lembar Pengesahan Intisari atau abstrak Persembahan (optional) Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Gambar (jika ada) Daftar Tabel (jika ada) BAB I Pendahuluan BAB II Dasar Teori BAB III Tinjauan Lembaga atau Tinjauan Sistem/Aplikasi BAB IV Pembahasan BAB V Penutup Daftar Pustaka Lampiran (jika ada). 1.Mahasiswa harus mengikuti format dan tata urutan sesuai dengan ketentuan. 2.Aturan dan format penulisan laporan mengikuti aturan yang telah ditentukan program studi. (contoh format seperti di samping)

7

8

9 PointKeterangan Ukuran KertasA4 (21 x 29,7 cm) MarginAtas : 4 cm; kiri : 4 cm; kanan : 3 cm; bawah : 3 cm. Header & Footer 1.Header from top : 3 cm 2.Footer from botton : 2 cm Font1.Time New Roman, Ukuran 12 point : semua paragraf, judul, dan sub judul. 2.Courier new, Ukuran 10 point : untuk kode program Spasi1.Ukuran 1.5 spasi untuk semua paragraf. 2.Ukuran 1 spasi untuk intisari.

10 PointKeteranganCatatan penting Menulis babMenulis bab : 1.Bab ditulis dengan huruf besar, 2.nomor bab dengan huruf romawi, 3.judul bab dengan huruf besar. 4.Contoh BAB I PENDAHULUAN Untuk seluruh dokumen harus konsisten. Karena sering kali mahasiswwa tidak konsisten dalam menuliskan bab dan judul. Menulis sub babMenulis sub bab : 1.Sub bab ditulis dengan angka bukan romawi. 2.Penulisan diawali dengan posisi bab dan diikuti nomor sub bab. 3.Contoh (terdapat sub bab Definisi Sistem, nomor 1 dan berada di bab 2) maka penulisannya yaitu 2.1 Definisi Sistem 4.Kalau bergabung dengan judul bab maka di tulus BAB II DASAR TEORI 2.1 Definisi Sistem 1.Untuk seluruh dokumen harus konsisten. Karena sering kali mahasiswwa tidak konsisten dalam menuliskan sub bab. 2.Untuk penulisan sub bab, judul sub bab tidak ditulis dengan huruf besar/kapital tetapi setiap kata diawali dengan huruf besar/kapital.

11  Gambar dan tabel merupakan dua hal yang berbeda, sehingga cara PointKeteranganCatatan penting Penomoran GambarPenomoran gambar dipergunakan untuk menjelaskan gambar yang meliputi : nama gambar, posisi gambar dalam bab, dan nomor urut gambar. Contoh : Gambar 2.1 ERD menunjukan bahwa gambar ERD berada pada BAB II, dan pada bab tersebut gamabr ERD adalah gamabr no 1. Penomoran gambar diletakan di letakan di atas gambar. Contoh Gambar 2.1 ERD Penomoran TabelAturan penomoran tabel sama dengan aturan penomoran gambar. Misalnya Tabel 4.3 Data Penjualan menunjukan bahwa tabel tersebut adalah tabel data penjualan yang terletak di bab 4 dan tabel tersebtu adalah tabel nomor 4. Penomoran tabel diletakan di atas tabel. Tabel 4.3 Data Penjualan

12  Kutipan ada dua jenis yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. PointKeteranganCatatan Sitasi LangsungSitasi berfungsi untuk merujuk ke sumber yang dirujuk. Contoh Seperti yang ditulis dalam Sutono (2010), sistem adalah ……. 1.Sitasi diatas untuk merujuk definisi sistem dari buku karang an ono sutono yang diterbitkan tahun Jadi yang dituliskan yaitu nama belakang diikuti dengan tahun terbit yang diapit kurang kurawal buka dan kurung kurawal tutup. Sitasi tidak langsungSistem didefinisikan sebagai ………(sutono,2010).

13 Jangan gunakan kata ganti orang misal anda, kita, saya dsb.

14 PointContohSolusi KitaDengan fasilitas ini, kita dapat………Fasilitas ini memungkinkan untuk ……… AndaUntuk mengaktifkan php MyAdmin, Anda dapat menggunakan….. Php MyAdmin dapat diaktifkn dengan menggunakan…..

15 PointKeterangan Format Intisari atau abstrak 1.Ukuran spasi 1 2.Dicetak miring semua 3.Diakhiri dengan kata kunci yang dicetak “tidak miring” Format paragraf1.Baris pertama paragraf diberi indentasi (ditulis menjorok ke dalam) kira2 1.5 spasi. 2.Antara satu paragraf dengan paragraf yang lain jangan diberi jarak. Format Daftar pustaka1.Format : Nama penulis. Th. Judul Buku. Kota: Penerbit. 2.Nama pengarang ditulis dibalik. Dalam penulisan nama depan disingkat. Contoh nama pengarang Budi Rahardjo maka ditulis Rahardjo, B. 3.Antar masing2 komponen dipisahkan dengan tanda titik kecuali untuk nama pengarang dan tahun, dan diakhiri dengan titik. 4.Untuk judul buku dicetak miring. 5.Daftar pustaka disusun secara urut abjad. 6.Kalau ada daftar pustaka yang ditulis lebih dari satu baris maka untuk baris nerikutnya ditulis menjorok ke dalam 1.5 spasi. 7.Diantara daftar pustaka di beri jarak. 8.Contoh : Rahardjo, B., Pemodelan Sistem. Jakarta: Penerbit Gramedia. Wahid, F., Dasar-Dasar Algotirma dan Pemrograman. Yogyakarta: Penerbit Andi.

16

17 PointKeteranganCatatan Penting IntisariBerisi intisari dari TAMahasiswa harus mampu menuliskan secara singkat isi TA. BAB IBerisi latar belakang, tujuan dan manfaat, batasan masalah, Metodologi pelaksanaan, sistematika penulisan. Dalam bagian ini, ada tiga hal penting yang mahasiswa harus mampu diskripsikan yaitu : 1.Menunjukan latar belakang yang mendasari mengapa topik TA layak untuk dikerjakan. 2.Menunjukan batasan permasalahan yang dikerjakan dalam TA. 3.Metode pelaksanaan yang dipergunakan.

18 PointKeteranganCatatan Penting BAB IIBerisi Dasar Teori yang dipergunakan dalam penyelesaian TA. Mahasiswa harus menuliskan dasar teori yang dipergunakan dalam penyelesaian TA tetapi jangan menuliskan dasar teori yang tidak dipergunakan dalam TA. BAB IIIBerisi tentang Tinjauan Lembaga. Mahasiswa harus mampu menggambarkan lembaga di mana TA dikerjakan. Gambaran umum dituangan dalam tinjauan umum dan gambaran khusus dituangkan di tinjauan khusus. Yang harus diperhatikan dalam tinjaun khusus, mahasiswa harus mampu mengidentifikasi secara detil tentang sistem yang berlaku di lembaga tersebut dan menunjukan aspek mana yang akan dikerjakan dalam TA.

19 PointKeteranganCatatan Penting BAB IVBerisi Pembahasan sistem yang dikerjakan dalam penyelesaian TA. Pembahasan ini terdiri dari dua bagian : 1.Perancangan (input, output, proses, database, Teknologi). Yang perlu mahasiswa perhatikan yaitu pada bagian ini mahasiswa benar-benar hanya menyampaikan rancangan. 2.Implementasi. Pada bagian ini mahasiswa menyampaikan pembahasan tentang implementasi sistem. Pembahasan dalam implementasi perlu dilakukan sampling bagian tertentu yang dianggap proses utama sebagai contoh dan dibahas secara detil untuk menggambarkan proses yang berjalan.

20 PointKeteranganCatatan Penting BAB VBerisi Penutup : kesimpuan dan saranYang harus diperhatikan oleh mahasiswa yaitu : 1.Dalam membuat kesimpulan, mahasiswa harus menyimpulkan yang relevan dengan TA yang dibuat. Mahasiswa jangan membuat kesimpulan diluar materi TA. 2.Dalam membuat saran mahasiswa, sebaiknya mahasiswa hanya menyarankan terkait dengan TA. Misalnya sistem yang dibuat belum mampu melakukan …., sehingga untuk pengembangan lebih lanjut disarankan……

21 PointKeteranganCatatan Penting Daftar PustakaBerisi daftar pustaka yang dirujuk 1.Mahasiswa jangan menyampaikan daftar pustaka yang tidak dirujuk. 2.Daftar pustaka berfungsi untuk menunjukan buku apa saja yang dibaca oleh penulis dalam menuliskan karyanya dan menunjukan rujukan bagi pembaca yang ingin menelusuri kebenaran data, informasi, atau teori yang rujuk oleh penulis dalam pembuatan karya ilmiah. 3.catatan : kalau sumber dari internet maka sebutkan nama domain, dan waktu pengaksesan. 4.Contoh Mariana,D. dan Paskarina,C., Peningkatan Alokasi APBD Untuk Membiayai Sektor Pendidikan, Diakses pada tanggal 10 Nopember Kalau sumber dari internet maka yang dituliskan miring yaitu URL nya.

22 By : Damar Widodo


Download ppt "1.Inti menulis TA..? 2.Struktur Laporan TA….? 3.Aturan dan Format..? 4.Isi masing2 bagian ….?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google