Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. ILA NURLAILA,S.P NIP. 19690404200801 2016 2 MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PKN KELAS XIII TPHPI SMK NEGERI 3 PANDEGLANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. ILA NURLAILA,S.P NIP. 19690404200801 2016 2 MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PKN KELAS XIII TPHPI SMK NEGERI 3 PANDEGLANG."— Transcript presentasi:

1 1

2 ILA NURLAILA,S.P NIP MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PKN KELAS XIII TPHPI SMK NEGERI 3 PANDEGLANG

3 3 STANDAR KOMPETENSI KOM[PETENSI DASAR INDIKATOR TUJUAN MATERI EVALUASI HOME EXIT

4 4 Mengevaluasi berbagai Sistem Pemerintahan STANDAR KOMPETENSI

5 Menganalisis Sistem Pemerintahan di berbagai Negara KOMPETENSI DASAR

6 6 1. Mendeskripsikan pengertian sistem pemerintahan 2. Menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan 3. Mendeskripsikan Sistem Pemerintahan Presidensial 4. Mendeskripsikan Sistem Pemerintahan Parlementer 5. Menguraikan kelebihan dan kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer 6. Mengidentifikasi ciri-ciri Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer INDIKATOR

7 7 1. Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sistem pemerintahan 2. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan 3. Siswa mampu mendeskripsikan Sistem Pemerintahan Presidensial 4. Siswa mampu mendeskripsikan Sistem Pemerintahan Parlementer 5. Siswa mampu menguraikan kelebihan dan kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial danSistem Pemerintahan Parlementer 6. Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer TUJUAN

8 8 1. Pengertian Sistem Pemerintahan A. Pengertian Sistem Sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh, dimana didalamnya terdapat komponen-komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tersendiri yang mempunyai fungsi masing-masing, saling berhubungan satu dengan lainnya dalam rangka mencapai suatu tujuan. B. Pengertian Pemerintahan Secara etimologis, pemerintah berasal dari perkataan pemerintah, sedangkan pemerintah berasal dari kata : 1. perintah (menyuruh melakukan sesuatu). 2. pemerintah adalah kekuasaan memerintah suatu Negara 3. pemerintahan adalah perbuatan (cara, hal urusan, dsb). MATERI

9 9 Menurut Utrecht a. Pemerintahan sebagai gabungan dari semua badan kenegaraan yang berkuasa memerintah. b. Pemerintahan sebagai gabungan badan-badan kenegaraan tertinggi yang berkuasa memerintah di wilayah satu Negara misalnya : raja, presiden atau yang dipertuan agung (Malaysia), c. Pemerinthaan dalam arti kepala (Presiden) bersama dengan kabinetnya/menteri-menterinya,

10 10 C. Pengertian Sistem Pemerintahan Sistem pemerintahan diartikan sebagai suatu tatanan utuh yang terdiri dari berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan. 2. Bentuk-bentuk Pemerintahan a. Bentuk pemerintahan Klasik 1. Aristroksi yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh kaum cendekiawan. 2. Timokrasi yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh orang-orang yang ingin mencapai kehormatan.

11 11 3. Oligarki yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh golongan hartawan. 4. Demokrasi yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh rakyat jelata. 5. Tirani yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh seorang tirani (sewenang- wenang). 6. Monarki yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh satu orang. 7. Politea yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh seluruh rakyat demi kepentingan umum.

12 12 B. Bentuk-bentuk Pemerintahan Monarki (Kerajaan). 1. Monarki Absoluth adalah bentuk pemerintahan dalam suatu Negara yang dikepalai oleh seorang (raja,ratu,syah atau kaisar). 2. Monarki Konstitusional adalah bentuk pemerintahan dalam suatu Negara yang dikepalai oleh seorang raja yang kekuasaannya dibatasi oleh Undang-Undang/Konstitusi). 3. Monarki Parlementer adalah bentuk pemerintahan dalam suatu Negara yang dikepalai oleh seorang raja dengan menempatkan parlemen (DPR)sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

13 13 C. Bentuk Pemerintahan Republik 1. Republik Absoluth adalah pemerintahan bersifat diktator. 2. Republik Konstitusional adalah presiden memegang kekuasaan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. 3. Republik Parlementer adalah presiden hanya berfungsi sebagai Kepala Negara, namun presiden tidak dapat diganggu gugat. Sedangkan kepala pemerintahan berada ditangan perdana menteri yang vertanggung jawab kepada parlemen, artinya kekuasaan legislatif lebih tinggi dari kekuasaan eksekutif.

14 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial 14 Kekebihan 1. Badan eksekutif lebih stabil 2. Masa jabatan eksekutif lebih jelas 3. Penyusunan program kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatan. Kekurangan 1. Kekuasaan eksekutif diluar pengawasan langsung legislatif. 2. Sistem pertanggjawaban kurang jelas 3. Pembuatan keputusan/kebijakan politik umumnya hasil tawar-menawar antara eksekutif dan legislatif.

15 15 Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Presidensial, yaitu : 1. Penyelenggaraan Negara berada ditangan presiden 2. Kabinet dibentuk oleh presiden. 3. Presiden tidak bertanggungjawab kepada parlemen. 4. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen. 5. Parlemen memiliki kekuasaan legislatif. 6. Presiden tidak berada dibawah pengawasan langsung parlemen.

16 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer 16 Kekebihan 1. Pembuatan kebijakan dapat ditangani secara cepat karena mudah terjadi penyesuaian pendapat. 2. Tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik jelas. 3. Adanya pengawasan k uat dari parlemen terhadap kabinet. Kekurangan 1. Kedudukan badan eksekutif sangat bergantung pada mayoritas dukungan parlemen.. 2. Kelangsungan kedudukan badan eksekutif sewaktu- waktu bisa di bubarkan. 3. Kabinet dapat mengendalikan parlemen.

17 17 Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Parlementer, yaitu : 1. Raja/ratu atau presiden adalah Kepala Negara. 2.Kepala Negara tidak sekaligus kepala pemerintahan. 3. Apabila terjadi perselisihan antara kabinet dengan parlemen dan Kepala Negara berada dipihak yang benar, maka Kepala Negara akan membubarkan parlemen.,

18 18 A. Soal Uraian Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. Jelaskan pengertian Sistem Pemerintahan! 2. Jelaskan bentuk-bentuk pemerintahan: yang kalian ketahui! 3. Jelaskan pengertian : a. Sistem Pemerintahan Presidensial b. Sistem Pemerintahan Parlementer 4. Sebutkan 2 (dua) kelebihan dan 2 (dua) kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer! 5. Sebutkan 2 (dua) ciri-ciri Sistem Pemerintahan Presidensial dan Sistem Pemerintahan Parlementer! B. Tugas Individu Carilah informasi dari media internet tentang pelaksanaan pemerintahan diberbagai Negara. EVALUASI

19 19 Kunci Jawaban Soal Uraian 1. Sistem pemerintahan diartikan sebagai suatu tatanan utuh yang terdiri dari berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan. 1. Aristroksi yaitu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh kaum cendekiawan. 2. Monarki Konstitusional adalah bentuk pemerintahan dalam suatu Negara yang dikepalai oleh seorang raja yang kekuasaannya dibatasi oleh Undang- Undang/Konstitusi). 3. a. Sistem pemerintahan yang memberikan peranan utama pada lembaga eksekutif.. b. Sistem pemerintahan yang memberikan perananutama pada parlemen 4 1. Penyelenggaraan Negara berada ditangan presiden 2. Kabinet dibentuk oleh presiden Raja/ratu atau presiden adalah Kepala Negara. 2.Kepala Negara tidak sekaligus kepala pemerintahan. B. Tugas Individu Carilah informasi dari media internet tentang “pelaksanaan sistem pemerintahan diberbagai Negara.”

20 20 TERIMA KASIH


Download ppt "1. ILA NURLAILA,S.P NIP. 19690404200801 2016 2 MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PKN KELAS XIII TPHPI SMK NEGERI 3 PANDEGLANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google