Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Arti yang Paling Luas;  Tatanan struktur suatu negara yang menitik beratkan pada hubungan antara negara dengan rakyat.  Pengertian ini melahirkan model.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Arti yang Paling Luas;  Tatanan struktur suatu negara yang menitik beratkan pada hubungan antara negara dengan rakyat.  Pengertian ini melahirkan model."— Transcript presentasi:

1 Arti yang Paling Luas;  Tatanan struktur suatu negara yang menitik beratkan pada hubungan antara negara dengan rakyat.  Pengertian ini melahirkan model pemerintahan monarki,aristokrasi dan demokrasi;

2 Arti Luas;  Tatanan pemerintahan negara yang menitik beratkan pada hubungan antara pusat dengan bagian-bagian yang terdapat di dalam negara di tingkat lokal.  Pengertian ini melahirkan bangunan negara kesatuan, negara serikat dan konfederasi;

3 Arti Sempit;  Tatanan pemerintahan yang bertitik tolak pada hubungan antara eksekutif dan legislatif.  Tatanan semacam ini melahirkan sistem pemerintahan parlementer, presidensiel dan pengawasan langsung dari rakyat.

4  Presiden sebagai kepala negara juga kepala pemerintahan. Sebagai kepala pemerintahan ia mempunyai kekuasaan yang besar;  Presiden dan Parlemen dipilih oleh rakyat;  Presiden dan Parlemen tidak dapat saling menjatuhkan, keduanya bertanggung jawab kepada rakyat;  Presiden dapat di “Impeach” oleh Parlemen bila melakukan perbuatan melanggar hukum;  Penyusunan kabinet, dengan persetujuan Parlemen;  Kabinet bertanggung jawab kepada Presiden.

5  E ksekutif dan legislatif mempunyai hubungan yang erat;  Eksekutif dipimpin oleh Perdana Menteri dibentuk oleh Parlemen dari partai politik peserta pemilu;  Kepala Negara (apapun sebutannya) hanya berfungsi sebagai kepala negara saja;  Perdana Menteri dan seluruh kabinetnya bertangung jawab kepada parlemen.

6 Dalam arti sempit: Aktifitas atau kegiatan yang diselenggarakan oleh fungsi eksekutif yang dalam hal ini dilakukan oleh Presiden atau Perdana Menteri sampai dengan level birokrasi yang paling rendah;

7 Eksekutif adalah  kekuaasan yang mengenai pelaksanaan undang-undang;  menyelenggarakan kemauan negara yang ditetapkan badan pembentuk undang-undang;

8 Dalam arti luas: Segala bentuk kegiatan atau aktifitas penyelenggaraan negara yang dilakukan oleh organ-organ negara yang memiliki otoritas atau kewenangan untuk menjalankan kekuasaan. Pengertian ini mencakup kegiatan penyelenggaraan negara yang dilakukan oleh eksekutif, legislatif maupun yudikatif.


Download ppt "Arti yang Paling Luas;  Tatanan struktur suatu negara yang menitik beratkan pada hubungan antara negara dengan rakyat.  Pengertian ini melahirkan model."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google